JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Vol 3 No 1 (2015): JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN M-APOS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Karunia Eka Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika yang  masih didominasi oleh aktivitas-aktivitas yang ditujukan untuk pencapaian mathematical basics skills semata. Pembelajaran seperti ini menyebabkan kegiatan belajar matematika hanya sekedar menghafal rumus tanpa disertai keterampilan berpikir dan memecahkan masalah yang pada akhirnya mengakibatkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dalam memecahkan masalah matematika, suatu ide tidak dapat muncul secara tiba-tiba. Ide-ide terjadi setelah berbagai macam simbol diolah sehingga dapat dikatakan bahwa dalam proses berpikir akan melewati beberapa tahap pengkontruksian mental seperti action, process, object, dan scheme. Tahap-tahap pengkonstruksian mental tersebut terdapat dalam model pembelajaran M-APOS. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan populasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bandung semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 pada pokok bahasan aritmatika sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan model M-APOS lebih baik dari pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui  pembelajaran konvensional yang menggunakan metode ekspositori; 2)  Respons siswa terhadap pembelajaran ini menunjukkan respons yang positif, dapat dilihat dari angket,  jurnal harian dan hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung.Kata kunci: M-APOS, Pemecahan masalah matematis

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

judika

Publisher

Subject

Education

Description

JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Universitas Singaperbangsa Karawang. Konten jurnal meliputi tulisan hasil penelitian atau kajian teoretis pada bidang pendidikan secara umum. Jurnal ini terbit dua kali setahun. ...