Jurnal Ilmiah Binaniaga
Vol 11, No 2 (2015): December 2015

ANALISIS KOMPARATIF VOLUME PENJUALAN PRODUK TABUNGAN FAEDAH SEBELUM DAN SESUDAH DITETAPKAN KEBIJAKAN TARIF (Studi Kasus pada Bank BRI Syariah KCP Cibinong)

Syarief Gerald Prasetya (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga)
Ana An Nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2019

Abstract

Dalam jasa perbankan terdapat pendapatan jasa yang disebut fee based income yang berwujud tarif atau biaya jasa yang merupakan pendapatan kedua dari sebuah bank. Tarif atau biaya dapat dikatakan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi volume penjualan suatu produk di perusahaan perbankan, penetapan tarif pada Bank BRI Syariah yang terbilang baru dilihat cukup mempengaruhi minat calon nasabah, yang berakibat pada kondisi volume penjualan produk tabungan. Untuk itu penelitian inii bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tarif atau biaya baru terhadap volume penjualan tabungan pada Bank BRI Syariah. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Untuk mengolah dan menganalisis data yang diperoleh serta membuat kesimpulan penelitian digunakan alat statistik Independen Sampel T-test dengan bantuan SPSS versi 16.0. Data diperoleh melalui volume penjualan mulai dari periode Juli 2013 hingga sampai dengan bulan Desember 2015. Hasil analisis data menunjukan nilai dari hasil penjualan sebelum ditetapkan tarif yaitu 2815 pembukan rekening, Sedangkan nilai dari hasil penjualan sesudah ditetapkan tarif yaitu 538 pembukaan rekening. Hasil dari analisa dengan menggunakan Independent Sampel T-test menunjukan bahwa perbandingan total volume penjualan tabungan FAEDAH sebelum dan sesudah ditetapkan tarif mengalami perubahan yang signifikan. Kata kunci : Tarif, Volume Penjualan, Independen Sampel T-test.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnal_Ilmiah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Binaniaga (J.I Binaniaga) is an international peer-reviewed and open access journal that focuses on the fields of management fields such as Office Management, Production Management, Marketing Management, Financial Management, Personnel Management, Strategy ...