Indonesian Journal of Conservation
Vol 7, No 2 (2018): IJC

PENDIDIKAN KONSERVASI BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DI SEKOLAH DASAR SE-KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

Kartijono, Nugroho Edi (Unknown)
Rahayuningsih, Margareta (Unknown)
Abdullah, Muh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2019

Abstract

Kesadaran dan kepedulian lingkungan harus ditanamkan pada masyarakat sejak usia dini, antara lain melalui pendidikan konservasi. Anak usia dini sangat sensitif secara psikologi, sehingga pembentukkan sikap dan karakter sangat tepat mulai diterapkan pada usia ini. Dalam pembelajaran pendidikan konservasi, alternatif sumber belajar yang dapat digunakan adalah lingkungan di sekitar sekolah atau lingkungan di sekitar tempat tinggal siswa. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dengan melakukan jelajah alam sekitar (JAS) diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang konkrit melalui pengamatan objek secara langsung.. Pendidikan konservasi berbasis JAS membantu proses penanaman kesadaran dan kepedulian siswa terhadap pentingnya menjaga lingkungan dan membantu pihak sekolah dalam mengembangkan model pembelajaran pendidikan konservasi berbasis JAS. Beberapa aktivitas yang dilakukan dalam pembelajaran berbasis JAS ini meliputi 1) pengenalan materi pendidikan konservasi kepada guru dan siswa, 2) pembelajaran pendidikan konservasi menggunakan pendekatan JAS, 3) pendampingan dan penyusunan modul pendidikan konservasi “Eksplorasi Alam: Panduan Lapangan bagi Penjelajah Alam Sekitar”. Rencana selanjutnya adalah pendampingan secara berkelanjutan terhadap SD di Kelurahan Sekaran dan sekolah lain dalam skala yang lebih luas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ijc

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Indonesian Journal of Conservation [p-ISSN 2252-9195] is a journal that publishes research articles and conservation-themed conservation studies, including biodiversity conservation, waste management, green architecture and internal transportation, clean energy, art conservation, ethics, and ...