JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 3, No 1 (2019)

MENINGKATKAN DAYA TAHAN KARDIOVASKULAR (Vo2max) MELALUI LATIHAN JURUS MAWAR PENCAKSILAT PADA WARGA LANJUT USIA (LANSIA) DI KECAMATAN WARA TIMUR KOTA PALOPO

FIRMANSYAH DAHLAN (STKIP Muhammadiyah Palopo)
FIRMAN PATAWARI (STKIP Muhammadiyah Palopo)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2019

Abstract

Penelitian: Menghadirkan solusi untuk meningkatan Daya tahan kardiovaskuler (VO2Max) pada masyarakat Lanjut Usia. Lansia adalah proses penuaan yang diawali pada penurunan fungsi organ tubuh, Lanjut usia (lansia) menurut World Health Organitation (WHO), middle age 45 - 59 tahun, elderly 60 - 74 tahun, old 75 - 90 tahun, very old diatas 90 tahun. Daya tahan kardiovaskuler (VO2Max) adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan sistem jantung, Solusi yang ditawarkan yakni latihan Jurus Mawar yang dalam Pencaksilat. Jurus Mawar digunakan karena mengandung gerakan yang mengatur dan melatih sistem pernafasan atau peningkatan Daya tahan kardiovaskuler (VO2Max). Penelitian ini merupakan eksperimen lapangan (treatment), melibatkan dua variable yakni variable independent (X) latihan Jurus Mawar dan variable dependent (Y) Daya tahan kardiovaskuler (VO2Max). Populasi sebanyak 9.532 orang, kemudian ditarik menjadi sampel menggunakan teknik sampling purposive menghasilkan 45 orang. Instrument tes adalah Aerobik Test. Hasil Penelitian: Ada pengaruh yang signifikan pada kelompok Latihan Jurus Mawar Pencaksilat terhadap Daya tahan kardiovaskular (VO2Max) lanjut usia (Lansia), t-hitung -3,688 > t-tabel 2,015 sedangkan nilai Sig .001 < α 0,05 dan nilai rata-rata postest dibandingkan nilai rata-rata pretest (µA1 1515.56 < µA2 1608,89) selisih -93,333. Disimpulkan bahwa H0: μ A2 ≤  µ A1di tolak dan H1: μ A2 > µ A1 diterima. Keywords:VO2Max, Pencaksilat, Lansia

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...