JURNAL PASTI (PENELITIAN DAN APLIKASI SISTEM DAN TEKNIK INDUSTRI)
Vol 13, No 1 (2019): Jurnal PASTI

PENURUNAN ERROR PROSES DATA WARRANTY DI PT. ADM MENGGUNAKAN METODE PDCA (STUDI KASUS : PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR, JAKARTA)

ALIF CHOLISANA (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2019

Abstract

Dalam industri manufaktur, produktivitas suatu perusahaan dapat dilihat dari kemampuan perusahaan dalam menjalankan proses produksi secara efektif dan efisien. Semakin efisien suatu perusahaan, maka semakin sedikit “muda” (pemborosan) yang ditimbulkan karena proses tersebut. Warranty claim  adalah merupakan salah satu bagian dari proses yang ada dalam PT. Astra Daihatsu Motor dimana untuk mengumpulkan data keluhan dari pelanggan terkait dengan produk kendaraan yang dibeli. Proses warranty claim  pada dasarnya dilakukan oleh sistem komputer yang diciptakan agar proses lebih cepat dan akurat. Dalam melakukan proses tersebut masih banyak ditemukan error  yang menyebabkan tingkat akurasinya menjadi tidak bagus. Analisa difokuskan pada tingkat akurasi sistem dalam melakukan judgment yang dalam penyesuaiannya dengan menggunakan prinsip PDCA sebagai sarana communication tool antara proses terkait agar supaya permasalahan bisa terselesaikan. Berdasarkan perbaikan dengan metode tersebut error  berhasil ditunkan dari 4,2% menjadi 2,1%.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pasti

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Transportation

Description

The Journal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri) receives scientific papers on research that are closely related to the research and application of Industrial Systems and ...