Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara
Vol 6, No 1 (2019): Dinamika

ETOS KERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP

WINA GUSTIO (Fisip Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pegawai kurang jujur dan berintegritas, Pegawai kurang cerdas dan kreatif, pegawai kurang empati dan peduli, Pegawai kurang ikhlas dan cinta terhadap pekerjaan,Pegawai kurang berfikiran maju atau visioner, pegawai kurang mengutamakan kerja sama atau sinergisme dalam bekerja, dan Pegawai kurang disiplin dan bertanggung jawab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana etos kerja pegawai dalam pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap ? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan etos kerja di Kantor Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap? 3) Bagaimana upaya-upaya untuk meningkatkan etos kerja pegawai di Kantor Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap ?Adapun desain dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verivikation (verifikasi data).Berdasarkan hasil penelitian maka dapat penulis simpulkan sebagai berikut: 1) Etos kerja pegawai  dalam pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap secara umum telah dilaksanakan dengan baik. 2)  Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan etos kerja pegawai dalam pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap, faktor pendukung yaitu  aturan dan mekanisme, pengawasan, sumber daya manusia, pendidikan dan pelatihan, fasilitas, bekerjasama, sikap pegawai. Faktor penghambat berupa rendahnya kemampuan sumber daya manusia pegawai, kurangnya adanya pendidikan dan pelatihan, kurang prosedur, kurangnya sikap pegawai, kurangnya kerjasama, kurangnya perhatian, kurangnya keterbukaan pegawai, kurang ditegakan aturan dan tata tertib, kurangnya disiplin kerja. 3) Upaya-upaya mengatasi hambatan dalam meningkatkan etos kerja pegawai dalam pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap yaitu meningkatkan kemampuan sumber daya manusia pegawai dengan mengikutsertakannya dalam berbagai kegiatan pengembangan sumber daya manusia seperti kegiatan pendidikan dan pelatihan, seminar dan kegiatan workshop. Selain itu upaya pemberian petunjuk dan mekanisme pelayanan E-KTP secara rutin serta melaksanakan pengawasan, memberikan bimbingan sikap pada pegawai agar memiliki kesungguhan dalam melayani masyarakat, memberikan pengarahan dan petunjuk pada pegawai dalam pelaksanaan pelayanan E-KTP dan upaya meningkatkan disiplin pegawai dalam bekerja. Kata Kunci:Etos Kerja, Pelayanan, E-KTP.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Dinamika merupakan media publikasi Karya Tulis Ilmiah di bidang Ilmu Administrasi Negara yang berada di lingkungan Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Galuh dengan ISSN: 2356-2269 (Print) dan eISSN: 2614-2945 (Online) yang mempublikasikan hasil penelitian mahasiswa dan ...