Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis
Vol 9, No 2 (2013): Vallue Added - Manajemen Unimus

PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP JUMLAH MAHASISWA BARU DAN ANALISIS PROMOSI MIX DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

Iriyanto, Setia (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2013

Abstract

Tujuan dari dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh beaya promosi terhadap jumlah mahasiswa baru dan analisis promosi mix di UNIMUS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baru UNIMUS tahun akademik 2012/2013. Sampel yang diambil sebanyak 421 mahasiswa dari seluruh mahasiswa baru kelas reguler yang memang menjadi sasaran utama program promosi dengan teknik sensus dari semua aktif melaksanakan kegiatan perkuliahan. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis model regresi linier dan analisis deskriptif dari promosi mix. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung dari pengaruh variabel beaya promosi terhadap jumlah mahasiswa baru UNIMUS. = 0,360 < t tabel = 2,132, dengan angka signifikansi = 0,743 > a = 0,05 ( tidak signifikan ). Dengan demikian maka hipotesis (H1) bahwa Beaya Promosi berpengaruh positif terhadap Jumlah Mahasiswa Baru UNIMUS tidak terbukti. Hasil analisa promosi mix terhadap calon mahasiswa baru UNIMUS tahun 2012/2013 menunjukkan 6 (enam) bauran promosi yang menjadi efektif, yaitu pemberitaan UNIMUS melalui buletin/ koran/ majalah/ Internet = 205 mahasiswa atau 49 %, informasi melalui Web/ Internet = 185 atau 43,9 %, informasi/ oeran dari ortu/keluarga= 177 atau 42 %, baru disusul dengan brosur/ leaflet= 173 atau 41,1 %, kemudian promosi potongan harga/ diskon = 121 atau 29 %, serta melalui teman = 111 atau 26,4 %

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

vadded

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis strives to publish scientific research articles reporting empirical results as well as conceptual ideas in the field of management, such as strategic management, marketing management, human resources management, technology management, finance management, ...