NUANSA
Vol 7 No 2 (2019): Edisi September 2018 - Februari 2019

Upaya Sekolah Meningkatkan Kompetensi Guru di SMK

firmansyah, firmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2019

Abstract

Permintaan akan kualitas sistem pendidikan terus meningkatdengan perkembangan kondisi sosial Indonesia. Itu tidak bisa dipisahkandengan sosok guru sebagai pendidik. Tingginya permintaan itu sendiri sangat kuatdampak terhadap beberapa tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah SMK Negeri 1 Hu’u untuk meningkatkan kualitas guruprofesionalisme. Metode pengumpulan data sebagai berikut: a) mendalami wawancara, b) observasi partisipan, dan c) analisis dokumen. Maka itu data yang dikumpulkan melalui ketiga metodologi ini diorganisasikan, ditafsirkan, dan dianalisis lebih dalam untuk menyusun konsep dan abstraksi hasil temuan. Dalam kasus upaya kepemimpinan kepala sekolah dalam aspek manajerial meningkatkan profesionalisme para guru, penulis menemukan beberapa rencana tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah misalnya: menyelenggarakan lokakarya dan program pengawasan, mengoptimalkan forum diskusi guru (MGMP), dan mengatur rekreasi keluarga untuk bersenang-senang. Untuk realisasi, rencana aksi itu berhasil dilakukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: a) diperiksa dari kualifikasi akademik, tingkat profesionalisme guru di SMK Negeri 1 Hu’u  kurang tepat karena ada masih 3,08% guru memiliki gelar diploma. b) Dari implementasi kelas menurut pengawasan kepala sekolah ada beberapa guru yang melakukannya tidak menerapkan perangkat pengajaran standar di kelas mereka implementasi. Lebih spesifik, para guru tidak terlalu peduli dengan persiapan proses belajar siswa; terkadang mereka tidak memberikannya apersepsi di awal kelas, metode pengajaran yang masih monoton, mereka belum menerapkan media pengajaran, dan tidak ada refleksi dan tindak lanjut terhadap kondisi ini.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nuansa

Publisher

Subject

Education

Description

Nuansa: Jurnal ilmiah pendidikan berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis ...