NUANSA
Vol 7 No 2 (2019): Edisi September 2018 - Februari 2019

Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Student Center Learning (SCL) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kognitif Dan Psikomotorik Pada Mahasiswa Biologi Stkip Al-Amin Dompu

Rahmawati, Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2019

Abstract

Model  pembelajaran Student Centered Learning (SCL) merupakan suatu model pembelajaran dalam dunia pendidikan dan pengajaran terutama di Perguruan Tinggi, di mana di dalamnya para mahasiswa memiliki tanggungjawab atas beberapa aktivitas penting seperti perencanaan, pembelajaran, interaksi antara dosen dan mahasiswa, penelitian, dan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dikerjakan. Student Center Learning (SCL) merupakan model pembelajaran yang memberdayakan mahasiswa menjadi pusat perhatian selama proses pembelajaran berlangsung.Penerapan model Student Center Learning (SCL)dalam pembelajaran mahasiswa di kelas memberi pengaruh besar terhadap peningakatan kemampuan mahasiswa, baik peningkatan kognitifnya maupun peningkatan psikomotoriknya. Penerapan model pembelajaran Student Center Learning (SCL)di kelas memberi pengaruh yang baik terhadap kemampuan mahasiswa, baik kemampuan dalam pengembangan kognitif maupun kemampuan dalam pengembangan psikomotorik. Dalam penerapan model pembelajaran Student Center Learning (SCL)tersebut mahasiswa lebih aktif, baik dalam berdiskusi, pemecahan masalah bersama, mencari dan menyelesaiakan tugas, dan lain sebagainya. Perubahan sikap terjadi pada mahasiswa terutama dalam proses pembelajaran berlangsung. pembelajaran yang biasanya terkesan monoton karena hanya tertujuh pada dosen, dalam penerapan model pembelajaran Student Center Learning (SCL), pembelajaran lebih mengembangkan kemampuan mahasiswa, baik kemampuan kognitif maupun kemampuan psikomotorik, baik secara individual maupun secara berkelompok.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nuansa

Publisher

Subject

Education

Description

Nuansa: Jurnal ilmiah pendidikan berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis ...