JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Vol 7, No 3 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)

Pengaruh Budaya Baca, Minat Baca, Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar dengan Memperhatikan Emotional Quotient

Desy Ayu Kartika Dewi (Universitas Lampung)
Tedi Rusman (Unknown)
Albet Maydiantoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2019

Abstract

The research aims to determine the effect of reading culture, reading interest, and availability of learning facilities on the students’ learning outcomes of integrated social science by paying attention to students’ emotional quotient. The population in this research is all students at the eighth grade in JHS 1 Kibang which with the total of 216 students and a sample of 140 respondents. This research used descriptive verification method with ex post facto and survey approach. Data collection was done by using quistionnaire of analysis technique by linear regression and path analysis. The resultof the analysis showed that there is a significant effect of reading culture, reading interest, and availability of learning facilities on the students’ learning outcomes of integrated social science by paying attention to students’ emotional quotient by 65%.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya baca, minat baca, dan ketersediaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu dengan memperhatikan emotional quotient siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kibang sebanyak 216 siswa dan sampel sebanyak 140 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan teknik analisis menggunakan regresi linier dan analisis jalur. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh budaya baca, minat baca, ketersediaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar dengan memperhatikan emotional quotient sebesar 65%.   Kata kunci: budaya baca, emotional quotient, hasil belajar IPS Terpadu,ketersediaan fasilitas belajar, minat baca

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education

Description

JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap ...