JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Vol 7, No 3 (2019): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)

HASIL BELAJAR IPS TERPADU, (TGT) DAN MAKE A MATCH MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR

Aulia Bagas Pratikna (University of Lampung)
Nurdin Nurdin (Universitas of Lampung)
Tedi Rusman (Universitas of Lampung)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2019

Abstract

The purpose of this study was to determine differences of learning outcomes and interactions between learning models and learning motivation towards learning outcomes in integrated social science subjects. The method used in this study is a quasi-experimental approach. The results of data analysis showed that there were differences in the integrated social science subjects learning outcomes of students who have high, medium, and low learning motivation in students learned using the (TGT) model with Make A Match, and there were interactions between learning models and learning motivation towards learning outcomes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen semu. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model (TGT) dengan Make A Match dan ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Kata kunci: hasil belajar, Motivasi belajar, Make A Match, (TGT).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education

Description

JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap ...