Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 4 (2017): Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Dikelas V SDN 10 Biau

Fatimah, Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2015

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SDN 10 Biau.  Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart, terdiri 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 10 Biau berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian diperoleh ketuntasan belajar klasikal siklus I mencapai 40% pada siklus II ketuntasan belajar klasikal menjadi 85%. Sehingga secara umum rata-rata peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II sebesar 45%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 57,5% atau berada pada kategori cukup pada siklus II menjadi 92,5% atau berada pada kategori sangat baik, dengan rata-rata peningkatan hasil observasi guru dari siklus I kesiklus II adalah sebesar 35%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 52,5% kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 95% kategori sangat baik. Sehingga rata-rata peningkatan hasil observasi siswa dari siklus I kesiklus II adalah sebesar 42,5%.50Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkaykan hasil belajar IPA pada pembelajaran perubahan wujud benda. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi

Copyrights © 2017