Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas IV SDN Takibangke

Nangga, Lismawati (Unknown)
Kade, Amiruddin (Unknown)
Rede, Amran (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2017

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang menggunakan 2 siklus dan 4 tahapan masing-masing siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok pembahasan hewan dan jenis makanannya di kelas IV SDN Takibangke. Subyek penelitian adalah kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Hasil yang di peroleh pada siklus I siswa yang tuntas 11 orang, yang tidak tuntas 9 orang dengan ketuntasan klasikal 55% dan daya serap klasikalnya 67,2%. Hasil observasi aktivitas siswa sebesar 47,2% dan hasil observasi aktivitas guru sebesar 53,5%. Pada siklus II mengalami peningkatan, dimana dari 20 siswa yang tuntas individu 17 orang, siswa yang tidak tuntas 3 orang, presentase klasikal 85% dan presentase daya serap klasikal 72,5%. Hasil observasi aktivitas siswa sebesar 89,2% dan hasil observasi aktivitas guru sebesar 88,8%. Berdasarkan indikator keberhasilan yang di tentukan, ternyata melalui penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains pokok bahasan hewan dan jenis makanannya kelas IV SDN Takibangke. Kata kunci: Hasil Belajar, Media Gambar.

Copyrights © 2017