Masalah dan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Inti Baina’a. tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode demontrasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang, terdiri atas 13 orang perempuan dan 20 orang laki-laki. Data yang diambil adalah data kuantitatif yaitu data hasil observasi diperoleh dari hasil pengamatan situasi pembelajaran, serta data kuantitatif yaitu data hasil belajar diperoleh dari hasil tes. Hasil penelitian siklus I diperoleh tuntas secara individu 22 orang dan belum tuntas individu 11 orang dengan persentase daya serap klasikal 80,15% dan ketuntasan belajar klasikal 33,33%. Hasil belajar siklus II seluruh siswa dinyatakan lulus 100% dengan presentase daya serap klasikal 88,48%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Demonstrasi, Pembelajaran PKn
Copyrights © 2018