Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Kreatif Online

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 10 Karamat Melalui Media Gambar Pada Pembelajaran IPA Materi Tentang Alat-Alat Indera

Adjirante, Ardi Dj. (Unknown)
As. A, Mestawaty (Unknown)
Djirimu, Muchlis (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada materi alat-alat indera terbukti dari rata-rata hasil belajar yaitu 60. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 10 Karamat pada pembelajaran IPA materi tentang alat-alat indera. Jumlah siswa terdiri dari 15 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dan 4 kali pertemuan. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar kerja siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil analisis tes hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah: siswa yang tuntas 11 dari 15 siswa atau persentase ketuntasan klasikal sebesar 73,3%, daya serap klasikal 68%, serta aktivitas siswa dalam kategori baik. Pada siklus II siswa yang tuntas 13 dari 15 siswa atau ketuntasan klasikal 86,7%, daya serap klasikal sebesar 82%, serta aktivitas siswa berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 10 Karamat pada pembelajaran IPA materi tentang alat-alat indera. Kata kunci: Hasil Belajar, Media Gambar

Copyrights © 2017