Masih rendahnya hasil belajar Sains di SDN 2 Puntari Makmur, terkait kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui Pendekatan berbasi aktivitas di Kelas IV SDN 2 Puntari Makmur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 26,09% dan daya serap klasikal sebesar 50,65%. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 95,65% dan daya serap klasikal 88,69%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan daya serap klasikal minimal 65% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pendekatan berbasis aktivitas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IV SDN 2 Pontari Makmur. Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar Sains, dengan Pendekatan Berbasis Aktivitas
Copyrights © 2014