Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 1, No 4 (2013): Jurnal Kreatif Online

Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN No. 3 Tondo Kecamatan Sirenja Menggunakan Kalimat Tanya melalui Metode Latihan

Sasmita, Sasmita (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2014

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini apakah kemampuan siswa kelas IV SDN No. 3 Tondo menggunakan kalimat  tanya dapat ditingkatkan melalui metode latihan? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN No. 3 Tondo menggunakan kalimat tanya melalui metode latihan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN No. 3 Tondo, pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 10 orang, terdiri atas 4 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus melalui empat tahap yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa pada tes awal banyaknya siswa yang tuntas terdiri dari 2 orang atau ketuntasan klasikal 20% dengan nilai rata-rata kelas 60,8. Siklus I banyaknya siswa yang tuntas terdiri dari 6 orang atau ketuntasan klasikal 60 % dengan nilai rata-rata kelas 76,8. Karena belum memenuhi standar kelulusan maka penelitian dilanjutkan pada siklus II. Siklus II ini, banyaknya siswa yang tuntas terdiri dari 10 orang atau ketuntasan klasikal 100% dengan nilai rata-rata kelas 98,8. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas IV SDN No. 3 Tondo menggunakan kalimat tanya dapat ditingkatkan melalui metode latihan. Kata kunci: Kemampuan; Kalimat tanya; Metode latihan

Copyrights © 2013