Wacana Akademika : Majalah Ilmiah Kependidikan
Vol 3 No 1 (2019)

Pengaruh Metode Socrates Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Dhewi Setyo Pangestuti (Unknown)
Nur Latifah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Sa'odah Sa'odah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2019

Abstract

Proses pembelajaran di kelas, seharusnya sudah mengarah kepada peran aktif siswa (student center). Pada penelitian ini siswa di berikan metode pembelajaran Socrates agar dapat menumbuhkan kemampuan berfirik kritis.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental jenis nonequivalent control group, kelas kontrol menggunakan metode konvensional dan kelas eksperimen menggunakan metode Socrates Disini peneliti menggunakan teknik pengumpulan tes berupa tes uraian dan non tes berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pasarkemis IV, Jakarta Barat. Berjumlah 60  siswa dan terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas VA dan kelas VB. Hasil rata-rata kelas, siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunkan konvensional diperoleh rata-rata kelas sebesar 72,90 dan dengan metode Socrates diperoleh rata rata sebesar 82,70. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan metode Socrates memberikan hasil yang lebih baik.

Copyrights © 2019