JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
Vol 4, No 2: Agustus 2017

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU SOSIAL (Studi Eksperimental di Kelas IV SD 02 Muktiwari Cibitung Kabupaten Bekasi Tahun 2014/2015)

Yayan Alpian (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

Gaya kognitif (Field Independent dan Field Dependent) yang dimiliki oleh individu menjadi salah satu faktor internal mendukung penciptaan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik metode pembelajaran kooperatif make a match dan think pair share terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Ilmu Sosial.Penelitian ini merupakan rancangan penelitian eksperimental dengan menggunakan Desain dengan level 2 x 2 dengan deret double variance test (ANOVA 2x2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Muktiwari 02 Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian dengan cara teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dan pengujian simple effect dengan Uji Tuckey.Hasil penelitian menyebutkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi antara metode pembelajaran cooperative (teknik Make a match dan teknik Think Pair Share) dengan gaya kognitif dan berpengaruh terhadap tinggi rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPSD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) dengan ISSN : 2356-3869 (printed) e-ISSN: 2614-0136. JPSD mempublikasikan makalah yang berisi hasil penelitian tentang pendidikan dasar, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis, pengajaran sekolah dasar. Naskah akan diterbitkan 2 kali ...