Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Dinamika Governance

Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pendidikan KRS Online (Studi Pada Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara, FISH Unesa)

Oktariyanda, Trenda A. (Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara, FISH, Unesa)
Meirinawati, Meirinawati (Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara, FISH, Unesa)
Rahayu, Tjitjik (Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara, FISH, Unesa)
Fanida, Eva H. (Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara, FISH, Unesa)
Ma’ruf, M. Farid (Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara, FISH, Unesa)
Kurniawan, Badrudin (Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara, FISH, Unesa)
Pradana, Galih W. (Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara, FISH, Unesa)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2018

Abstract

Pesatnya perkembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM) memberikan pengaruh positif terhadap kinerja pelayanan publik.Hasil olah data melalui SIM tersebut diperuntukan bagikeperluan pimpinan untuk mengerjakan pekerjaan manajemen.dan pengambilan keputusan. Kualitasmanajemen dan pengambilan keputusan akan berdampak pada tinggi rendahnya tingkat kepuasan masyarakat. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) juga menerapkan SIM secara online dalam layanan pendidikannya, misalnya untuk pelayanan Kartu Rencana Studi (KRS).Layanan ini belum menunjukkan performa yang optimal karena masih ada beberapa kendala yang terjadi.Hal ini diindikasikan mampu mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa.Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian Survei Kepuasan Mahasiswa terhadap layanan KRS onlinekhususnya di Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.Pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan KRS online ini menggunakan beberapa indikator meliputi persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, biaya/tariff, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, maklumat pelayanan, dan penanganan pengaduan, saran dan masukan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan KRS Online mampu memberi kepuasan pada mahasiswaProgram Studi S1 Ilmu Administrasi Negara, FISH Unesa. Tingkat kepuasan yang dirasakan mahasiswa bahkan mencapai 3,69 untuk semua indikator penilaian.  Kata kunci: Sistem Informasi Manajemen, Layanan KRS online, Kepuasan Masyarakat DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v8i1.1211

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jdg

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal DINAMIKA GOVERMANCE (JDG) diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dan artikel mengenai Manajemen dan Kebijakan Publik, Pemerintahan, dan ...