Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol 13, No 1 (2013)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGGERAK RODA MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION KELAS XA SMK AL- FALAH MOGA

Satria P, Citra (Unknown)
Sumbodo, Wirawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model direct in- struction pada pembelajaran sistem penggerak roda pada 43 siswa kelas XA SMK Al Falah Moga. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi 4 tahapan; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh mela- lui angket, observasi, dan tes. Model direct instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem penggerak roda. Nilai rata-rata siswa pra siklus mencapai 36,1,sedangkan pada siklus I sebanyak 79,5 dan siklus II=82,8. Kriteria ketuntasan belajar minimal sesuai dengan KKM mencapai 2,3% pada pra siklus, 81,4 % pada siklus I dan 88,4 % pada siklus II. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 73% naik menjadi 90% pada siklus II. Kesesuaian mengajar guru dengan RPP pada siklus I sebesar 87,9% naik menjadi 97% pada siklus II. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan model direct instruction naik dari 86% pada siklus I men- jadi 95% pada siklus II.

Copyrights © 2013