Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  profil  hasil  pengembangan,  proses  pengembangan  dan  efektifitas strategi PQ4R dan aplikasinya pada pembelajaran IPLBS pada siswa SMK Negeri 3 Makassar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan bersifat deskriptif dengan model 4-D (Four-D) pada siswa kelas II Listrik C SMK Negeri 3 Makassar yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan penilaian aktifitas dan prilaku siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah strategi PQ4R yang dikembangkan telah berjalan dengan baik. Hasil analisis pengamatan aktifitas dan perubahan prilaku siswa memperlihatkan persentase perlakuan siswa pada indikator positif menunjukkan 70,75% lebih tinggi dibandingkan dengan persentase perlakuan siswa pada indikator negatif menunjukkan 12,25%. Hal ini mengindikasikan bahwa strategi yang telah dikembangkan cukup efektif. Serta hasil analisis hasil belajar pada uji coba 2 terlihat bahwa dari 28 siswa, 23 orang siswa memperoleh nilai kategori tinggi dengan persentase relati f yaitu 82,14 % dan kategori sangat tinggi 5 orang dengan presentase relatif 17,86 %.  Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa strategi PQ4R and aplikasinya merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar ILPBS dan aktivitas siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012