Education Journal : Journal Educational Research and Development
Vol 1 No 1 (2017)

PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Pascalian Hadi Pradana (IKIP PGRI JEMBER)



Article Info

Publish Date
21 May 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan minat dan hasil belajar siswa rendah. Persoalan tersebut disebabkan karena pembelajaran matematika masih berorientasi pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu digunakan pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW yang menumbuhkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran tipe JIGSAW, dan bagaimana hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran tipe JIGSAW. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata aktivitas siswa secara individu maupun kelompok selama proses pembelajaran juga mengalami peningkatan sebesar 8%, dari siklus I mencapai rata-rata 76%, kemudian pada siklus II mencapai rata-rata 84%. Pada keterampilan berkooperatif pada siklus I rata-rata persentase mencapai 74%, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase mencapai 86% meningkat sebesar 12%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal pada tes akhir siklus I mencapai 86,49% dan pada tes akhir siklus II mencapai 91,89% mengalami peningkatan sebesar 5,43%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Education Journal: Journal Educational Research and Development is an academic journal publishing researches related to education and instruction. The journal seeks studies having academic standards touching upon academic debates, problems and solutions related to educational issues. Education ...