Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mengajar komando dan metode mengajar self check style terhadap keterampilan renang gaya dada siswa putra SMK Negeri 1 Manganitu Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas yakni metode mengajar komando dan metode mengajar self check style sedangkan variabel terikat yakni keterampilan renang gaya dada. Desain atau rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah two group pre-test dan post-test design design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa putra SMK Negeri 1 Manganitu Selatan yang berjumlah 20 orang, waktu penelitian dilaksanakan selama dua bulan dengan frekuensi tiga kali seminggu. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan renang gaya dada. Hipotesa penelitian adalah penerapan metode komando dan self check style ini dapat berpengaruh terhadap keterampilan renang gaya dada siswa SMK Negeri 1 Manganitu Selatan. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis statistik uji-t,dengan hasil thitung senilai 2,033 yang lebih besar dari ttabel senilai 1,734. Dengan demikian kesimpulan pengujian adalah terdapat pengaruh metode mengajar komando dan metode mengajar self check style terhadap keterampilan renang gaya dada siswa putra SMK Negeri 1 Manganitu Selatan. Keywords: self check, komando, renang
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013