Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2018)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA POKOK BAHASAN LOGIKA MATEMATIKA

Mohammad Kholil (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2019

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran inquiry yang dapat meningkatkan kemampuan bernalar logis mahasiswa pada pokok bahasan logika matematika; (2) untuk mendeskripsikan hasil belajar mahasiswa semester III tahun akademik 2017/2018 mata kuliah Konsep Dasar Matematika setelah pelaksanaan pembelajaran inquiry. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis mahasiswa kelas D2 program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah IAIN Jember. Hal ini juga menunjukan bahwa hasil belajar logika matematika dalam pembelajaran ini telah mencapai kriteria ketuntasan belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator-indikator berikut: (1) kemampuan berpikir logis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari menunjukkan peningkatan dari 65% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II; (2) dari hasil tes belajar diketahui bahwa peserta didik yang telah mencapai skor 70 atau lebih juga menunjukkan peningkatan dari 69% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Laplace

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

"LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika" is intended to disseminate the results of research on Mathematics Education as one form of publication of Tri Darma Perguruan Tinggi which has been made by Lecturers, Teachers, Alumni and Experts. This journal encompasses original research articles, review ...