MAT-EDUKASIA
Vol 4, No 1 (2019): Mat-Edukasia-April 2019

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CO-OP-CO-OP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA

Susanti, Ade (Unknown)
Sari, Suci Nadia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Co-o-Co-op ditinjau dari minat belajar tinggi, sedang, dan rendah lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen dengan desain faktorial 2×3. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian kemampuan komunikasi matematis dan angket minat belajar siswa. Analisis data menggunakan uji-t.  berdasarkan hasil analisis diperoleh bahawa kemampuan komunikasi matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran  kooperatif tipe Co-o-Co-op lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Jika ditnjau dari minat belajar siswa, kemampuan komunikasi matematis siswa dengan minat belajar sedang di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Sedangkan untuk minat belajr tinggi dan rendah baik di kelas eksperimen dan kelas kontrol kemampuan komunikasi matematis tidak sebih baik atau sama   untuk analisis data interaksi, diperoleh bahwa terdapat interaksi antara minat belajar siswa dan model pembelajaran dalam mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mat-edukasia

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Mathematics

Description

Terbit perdana pada tanggal 10 April 2016, diterbitkan secara berkala (enam bulanan) setiap bulan April dan Oktober. Jurnal MAT-EDUKASIA merupakan versi daring dari jurnal lama dengan nama serupa yang terbit hingga Oktober 2015. Jurnal ini didedikasikan untuk ilmuwan yang peduli dengan studi tentang ...