JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 3, No 1 (2019): JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan

PEMBELAJARAN CI OTW OCE (COOPERATIVE INTEGRATED OBSERVE THINK WRITE ORGANIZE CONCLUDE EVALUATE) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Jeje Sudarja (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh partisipasi siswa dalam kelompok belajar, kerja ilmiah dalam menyelesaiakan tugas belajar dan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah yang belum sesuai harapan. Tujuan penelitian  untuk mendeskripsikan bentuk Cooperative Integrated-Observe Think Write Organize Conclude Evaluate (CI OTW OCE) dan mendeskripsikan peningkatan berpikir kritis siswa melalui penerapan CI OTW OCE. Metode penelitian menggunakan  Research and Development yang meliputi  tahap perancangan desain dan tahap pemakaian CI OTW OCE. Pada tahap uji coba pemakaian di kelas VII B yang berjumlah 27 siswa menggunakan desain penelitian one group pretest posttest  design. Pengumpulan data berpikir kritis menggunakan tes berbentuk uraian. Data dianalisis secara kuantitatif untuk menentukan nilai rata-rata,  ketuntasan, N-gain serta  melakukan  uji wilcoxon sign rank test sebagai uji statistik data berpasangan pada kelompok tunggal untuk mengetahui perbedaan nilai pretes dan postes. Hasil penelitian adalah (1) dihasilkan  bentuk Cooperative Integrated Observe Think Write Organize Conclude Evaluate (CI OTW OCE) dan  (2) diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa  dengan  nilai rata-rata postes 74,57,  ketuntasan 79,31%, dan N-gain sebesar 0,53 dengan kriteria sedang. Berdasarkan uji wilcoxon sign rank test  nilai Z sebesar -4,582 < 0,05 menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretes dan postes. Dengan demikian Cooperative Integrated Observe Think Write Organize Conclude Evaluate (CI OTW OCE)  dapat meningkatkan  berpikir kritis siswa kelas VII B SMPN 1 Karangkancana tahun pelajaran 2017/2018 tentang pencemaran lingkungan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...