Rendahnya hasil belajar IPS dialami oleh siswa kelas IV SDN Nunangdisebabkan olehkurang optimalnya peran guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan bagi siswa. Dalam proses pembelajaran, guru tidak didukung oleh kemampuan dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Adapun upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPS di SDN Nunang adalah dengan menerapkanpembelajaran dengan menggunakan media bulletin board. Materi pelajaran yang disajikan dengan media bulletin board akan lebih jelas, lengkap dan menarik minat siswa. Adapun tujuan yang diharapkan dari kegiatan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan media bulletin boardpada siswa kelas IV SDN Nunang tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Nunang yang berjumlah 18 siswa, terdiri atas 8 Laki-laki dan 10 Perempuan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dari lembar aktivitas siswa dan guru, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi yang dilakukan di tiap akhir siklus penelitian. Pada siklus I 72% dan pada siklus II 89%. Keberhasilan pembelajaran juga terlihat pada perolehan persentase aktivitas belajarsiswadanaktivitas mengajarguru.Skor aktivitas belajar siswa meningkatdarisiklusI yaitu42 (62%) dengan kategori aktif,meningkat menjadi55 (81%)dengan kategori sangat aktif dan skor aktivitas mengajar guru meningkat dari 66 (75%)dengan kategori baik, menjadi 77 (88%) dengan kategorisangatbaik. Hasilpenelitian tersebutmembuktikan bahwa aktivitasguru dan siswa serta hasil belajarsiswa kelasIVSDN Nunang sudah meningkat.
Copyrights © 2019