Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penigkatan keterampilan proses sains siswa kelas V. Penelitianini adalah penelitian tindakan kelas yaitu sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas sebagai upayauntuk mengkaji, merefleksi secara kritis suatu rencana pembelajaran terhadap kinerja (Performance) guru,interaksi guru dengan siswa, serta interaksi siswa dengan kelas. Secara garis besar terdapat empat tahapan,yaitu (1) perencanaan, (2)pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Peningkatanketerlaksaan proses pembelajaran di kelas dari siklus I dengan nilai rata-rata 1.43 dengan kategoriterlaksana seluruhnya, dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 1.58 dengan kategori terlaksna seluruhnya. This study aims to analyze the improvement of science skills in class students.This research is classroom action research, namely a research activity carried out in the classroom as an effort to assess,critically reflect on a learning plan on teacher performance (Performance), teacher interaction with students, andstudent interaction with the class. Broadly speaking there are four stages, namely (1) planning, (2) implementation, (3)observation (observation), and (4) reflection. Increasing the learning process in the classroom from the first cycle withan average value of 1.43 with the category fully implemented, and in the second cycle with an average value of 1.58with the category fully implemented.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019