Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol 4 No 1 (2018): The Journal of Innovation in Elementary Education

Pengaruh Cooperative Learning tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Tiyasa, Tiyasa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN Cibunar 02 Parungpanjang Bogor. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif asosiatif dengan posttest only control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 50 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar matematika siswa yang berbentuk essai sebanyak 5 soal. Setiap pertanyaan memiliki 4 untuk skor minimum dan 0 untuk skor minimum. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan hasil data pada kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 66,6 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 54,4. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaaan signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kesimpulannya terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Cibunar 02 Parungpanjang Bogor.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar (JIPD) or The Journal of Innovation in Elementary Education is an international, open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. JIPD publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and ...