Syntax Jurnal Informatika
Vol 5 No 1: SYNTAX Jurnal Informatika

Media Belajar Kerangka Manusia 3D Berbasis Magicbook Augmented Reality (AR) (Studi Kasus SMPN 1 Kota Baru)

Aries Suharso (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Muhamad Muhaimin (Unsiversitas Singperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2016

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan dilingkup nasional sudah mulaidilakukan dengan berbagai cara, diantaranya menggunakan teknologi AugmentedReality(AR). Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasiberbasis augmented reality dengan teknik marker based yang dikemas dalambentuk magicbook. Tahapan penelitian menggunakan metode gabunganpengembangan multimedia Borg & Gall, Sugiyono, Mardika dan Munir denganmodel R&D. Aplikasi yang dikembangkan berjalan pada Operating sistemWindows 7 dan Windows XP. Tools yang digunakan untuk membuat aplikasiaugmented reality yaitu openspace3D dan permodelan kerangka manusia 3Dmenggunakan 3Ds max. Berdasarkan hasil analisa dan pengujian diperoleh hasilbahwa aplikasi ini dapat berjalan sesuai dengan perancangan, dimana fungsimarker perbesar, perkecil dan animasi berjalan dengan fungsinya, jarakpendeteksian marker yang baik yaitu berkisar 30-60 cm antara buku denganwebcam dan cahaya yang baik menggunakan lampu led yaitu 10-20 watt denganluas ruangan 5 x 15 meter. Hasil ujicoba menggunakan uji-t berpasanganterhadap 41 siswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi didapat bahwaaplikasi ini dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

syntax

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Syntax Jurnal Informatika berfokus pada Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kompilasi, Perancangan Basis Data, Data Mining, Teknologi Web Services, Business Intelligent, Kecerdasan Buatan, Logika Fuzzy, Computer Vision, Embedded System, Robotika, Sistem Pakar, Machine Learning, E-Commerce, Digital dan ...