Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019

Analisis Kesalahan Siswa Kelas X SMK Bergaya Kognitif Reflektif dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Berdasarkan Prosedur Newman

Ahmad Fathoni Abas (Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang)
Toto Nusantara (Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang)
Sudirman Sudirman (Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Abstract: This research was aimed to describe errors made by students with reflective cognitive style of class X MM SMKN Klakah Lumajang in solving word problems. Two subjects were selected to solve the word problem and then interviewed. The analysis is used the Newman Error Analysis. The results show that at the understanding level, the errors are subject skips important information; the subject does not identify the variable correctly. At the transformation level, the error is subjects unable to write equations correctly. At the proses skill level, the error is students do not continue the calculation process.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa kelas X MM SMKN Klakah Kabupaten Lumajang dengan gaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal cerita. Dua subjek dipilih untuk menyelesaikan soal cerita aljabar kemudian dilakukan wawancara. Analisis yang digunakan adalah Analisis Kesalahan Newman. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap pemahaman, kesalahannya  berupa; subjek melewatkan informasi penting pada soal; subjek tidak mengidentifikasi variabel dengan tepat. Tahap transformasi kesalahannya berupa subjek tidak mampu menulis persamaan yang sesuai dengan informasi pada soal. Tahap keterampilan proses  kesalahannya berupa siswa tidak melanjutkan proses perhitungan sehingga tidak didapatkan selesaian secara matematis.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...