JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah (JKPS) merupakan jurnal ilmiah penelitian pendidikan yang memuat hasil penelitian dan/atau kajian analitis - kritis di bidang kepemimpinan kepala sekolah, proses pembelajaran dan evaluasi pendidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan model kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, model pembelajaran dan penilaian kinerja guru dan prestasi siswa dalam aspek pendidikan.
Articles
22 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 8 No. 4 (2023): Desember"
:
22 Documents
clear
PENGARUH MODEl DIRECT INTRUCTION (DI) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 PARIAMAN
Zuraida Khairani;
Dwi Mutia Chan;
Najmi Hayati
Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Vol. 8 No. 4 (2023): Desember
Publisher : STKIP Pesisir Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.34125/jkps.v8i4.45
The purpose of this study is three things. First, to describe the skills of producing text descriptions for Class VII students of SMP Negeri 5 Pariaman before applying the Problem-Based Learning (PBL) Direct Direct Model. Second, describe the skills of producing description texts for VII grade students of SMP Negeri 5 Pariaman after applying the Problem Based Learning (PBL) based Direct Intruction Model (DI). Third, analyze the influence of the Direct Intruction Model (DI) based on Problem Based Learning (PBL) on the skills of producing text descriptions for grade VII students of SMP Negeri 5 Pariaman. The research sample was students of class VII.4, amounting to 30 people. Based on the results of data analysis and discussion the following conclusions are obtained. First, the ability to produce text descriptions for grade VII.4 students of SMP Negeri 5 Pariaman before applying the Problem Based Learning (PBL) based Direct Intruction Model (PBL) with an average value of 69.03. Second, the ability to produce text descriptions for grade VII 4 students of SMP Negeri 5 Pariaman after applying the Problem Based Learning (PBL) based Direct Instruction Model with an average grade of 78.03. Third, the application of the Model Direct Intruction (DI) based on Problem Based Learning (PBL) after t-test at the level of 0.95, obtained tcount> ttable or 4.43> 1.70. So H0 is rejected and H1 is accepted. This means that the application of Problem Based Learning (PBL) based Direct Intruction Model (DI) is feasible to be applied to the skills of producing description texts for grade VII.4 students of SMP Negeri 5 Pariaman.
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGENDALIKAN STRESS KERJA GURU DI SD NEGERI 219/IX MUARO JAMBI
Mohamad Muspawi;
Loly Nadila Putri;
Lasmita Lasmita;
Hermanto Hermanto
Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Vol. 8 No. 4 (2023): Desember
Publisher : STKIP Pesisir Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.34125/jkps.v8i4.52
Tingginya tingkat stres yang dialami guru dapat berdampak pada pencapaian sekolah yang kurang maksimal, pemahaman lebih lanjut tentang upaya kepala sekolah dalam mengendalikan stres kerja dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan kebijakan sekolah dan peningkatan kualitas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi upaya atau strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam mengendalikan stres kerja guru di lingkungan sekolah. Tempat penelitian ini berlokasi di SD Negeri 219/IX Muaro Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai di dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara. Kegiatan yang dilakukan dalam analisis data dimulai dengan reduksi data, display data, dan yang terakhir ialah penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan upaya atau strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengendalikan stress kerja guru yaitu Pertama; secara psikologi kepala sekolah memberikan bimbingan, support, motivasi. Kedua; kepala sekolah melaksanakan program bimbingan tips mengatasi stress kerja guru. Ketiga; kepala sekolah mengidentifikasi faktor-faktor dari stres kerja. Keempat; kepala sekolah melaksanakan pelatihan atau pengembangan profesional setiap satu bulan sekali semacam kegiatan-kegiatan yang bisa mengendalikan emosional guru. Kelima; kepala sekolah mengadakan perkumpulan semua guru untuk diskusi dan setiap hari meminta laporan guru mengenai perkembangan peserta didik.
KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ALIRAN PROGRESSIVISME
Sinta Wahyuni;
Muhammad Zaim;
Harris Effendi Thahar
Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Vol. 8 No. 4 (2023): Desember
Publisher : STKIP Pesisir Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.34125/jkps.v8i4.61
This article aims to discuss the views of the progressivism school of philosophy towards the Independent Curriculum. The method used is a literature study with a hermeneutic approach to explain the reality that occurs through elements of interpretation and description. The concept of independent learning is in accordance with the educational philosophy of progressivism. Both emphasize the values of independence and freedom, and present a new perspective on the orientation of education in Indonesia. In practice, this creates a natural learning space and allows children to grow and develop according to their interests and talents. The goal of forming individuals with character can be realized, making education high-quality and providing tangible benefits for students in facing current developments.
INTERPRETATION OF CASUAL CONVERSATION ANALYSIS
Riski Safitri;
Efendi Efendi;
Titik Hardewi Yani;
Dino Adi Putra;
Veni Veni;
Yanti Nazmai Ekaputri
Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Vol. 8 No. 4 (2023): Desember
Publisher : STKIP Pesisir Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.34125/jkps.v8i4.66
Casual conversation is a critical site for the social construction of reality. The relaxed nature of casual conversation leads to a very common perception by those who participate in such talk that it is trivial and that nothing happens. Conversation Analysis (CA) is one of the approaches in discourse which has its roots in the field of ethnomethodology, one of the branches in sociology. The purpose of this research is to analyze the casual conversation between two close friends. The duration of the conversation is about 10 minutes long. The setting of the conversation is in the area of campus. In this paper, the casual conversation is analyzed from the form of negotiation, the turn taking, the linguistic competence and the strategic competence.
KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH
Esisuarni Esisuarni;
Sufyarma Marsidin;
Sulastri Sulastri
Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Vol. 8 No. 4 (2023): Desember
Publisher : STKIP Pesisir Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.34125/jkps.v8i4.67
Penelitian ini bertujuan untuk merangkum serta mendeskripsikan bagaimana komunikasi interpersonal kepala sekolah. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini adalah dengan menggunakan metode kajian pustaka (Library Research). Pada lembaga pendidikan kepala sekolah mempunyai peranan yang sangat penting, kepala sekolah mengarahkan lembaga pendidikannya untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu dibutuhkan penerapan komunikasi interpersonal dalam menjalankan peran kepala sekolah sebagai seseorang yang memempengaruhi, mengarahkan, memotivasi dan menginspirasi. Dengan penerapan komunikasi interpersonal diharapkan terjadi perubahan sikap dan prilaku guru dan tenaga kependidikan dan tujuan pendidikan dengan mudah dapat tercapai karena semua warga sekolah memiliki pemahaman informasi yang sama dan berdampak pada pelaksanaan program pencapaian tujuan sekolah.
KOMUNIKASI DALAM KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL
Yenni Aulia;
Sufyarma Marsidin;
Sulastri Sulastri
Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Vol. 8 No. 4 (2023): Desember
Publisher : STKIP Pesisir Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.34125/jkps.v8i4.68
Penelitian ini bertujuan untuk merangkum serta mendeskripsikan bagaimana komunikasi dan kepemimpinan transformasional seorang pemimpin. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini adalah dengan menggunakan metode kajian pustaka (Library Research). Pada sebuah organisasi kepemimpinan transformasional mempunyai peranan yang sangat penting, bukan hanya mempengaruhi bawahan tapi dengan kemampuan dan kharisma yang dimilikinya bawahan teriinspirasi untuk menemukan potensi dirinya yang berguna untuk pengembangan diri yang akan berdampak pada peningkatan produktivitas organisasi. Kepemimpinan transformasional menjadikan dirinya, bawahan bertumbuh bersama untuk mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itu dibutuhkan penerapan komunikasi dalam menjalankan kepemimpinan transformasional, sebagai seseorang yang memempengaruhi, mengarahkan, memotivasi dan menginspirasi. Dengan penerapan komunikasi interpersonal diharapkan terjadi perubahan sikap dan prilaku karyawan dan pegawai sehingga tujuan dengan mudah dapat tercapai karena semua warga sekolah memiliki pemahaman informasi yang sama dan berdampak pada peningkatan produktivitas organisasi.
TINJAUAN EPISTIMOLOGI DAN AKSIOLOGI TERHADAP PEMBELAJARAN BERORIENTASI ISU SOSIOSAINTIFIK MELALUI NARRATIVE REVIEW
Dina Syaflita;
Nahadi Nahadi;
Sjaeful Anwar
Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Vol. 8 No. 4 (2023): Desember
Publisher : STKIP Pesisir Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.34125/jkps.v8i4.85
Isu sosiosaintifik merupakan isu kontroversial yang memiliki kaitan baik dengan konteks sosial maupun konteks sains. Isu sosiosaintifik ini mendukung pembelajaran abad ke-21 terutama berhubungan dengan pembelajaran yang terkait dengan permasalahan dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kajian epistimologi dan aksiologi tentang pembelajaran berorientasi isu sosiosaintifik. Penelitian ini menggunakan metode narrative review yaitu metode tinjauan literatur yang bersifat non-systematic review yang betujuan untuk mengidentifikasi dan merangkum apa yang telah diterbitkan sebelumnya sehingga memiliki cakupan yang lebih luas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi isu sosiosaintifik dalam pembelajaran menunjukkan bagaimana peran sains dalam menjelaskan fenomena, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan penalaran untuk membedakan sains dengan pseudosains. Pembelajaran berorientasi isu sosiosaintifik juga dapat meningkatkan etika, moral, dan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar. Perlu diperhatikan bahwa konten dasar sains tetap perlu diajarkan ketika membelajarkan isu sosiosaintifik ini. Guru harus memiliki kompetensi konten dan pedagogis yang baik untuk membelajarkan isu-isu ini kepada siswa
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMK 7 MUARO BUNGO
Riska Mayeni;
Revi Handayani;
Taufik Abdul Hasan Amarullah;
Risma Wiwita
Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Vol. 8 No. 4 (2023): Desember
Publisher : STKIP Pesisir Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.34125/jkps.v8i4.102
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa pada bidang dalam menulis teks karangan narasi untuk mendeskripsikan: (1) bentuk kesalahan penggunaan bahasa Indonesia yang meliputi kesalahan (2) bentuk kesalahan berbahasa pada bidang diksi dalam menulis teks karangan narasi dan (3) mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa pada bidang kalimat dalam menulis teks karangan narasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif pendekatan analisis isi dengan sampel Karangan Narasi siswa kelas X SMKN 7 Bungo yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa kelas X SMKN 7 Bungo yaitu kesahan ejaan sedangkan untuk kesalahan kalimat paling sedikit dijumpai berbahasa dalam bidang ejaan pada karangan nasari siswa kelas X SMK Negeri 7 Bungo yaitu berada dipersentase 25, 97%. Kedua, Kesalahan diksi pada karangan narasi siswa kelas X SMKN 7 Bungo berada pada persentase 15,29% lebih sedikit dibandingkan dengan kesalahan ejaan. Ketiga, untuk perentase kesalahan kamimat lebih sedikit dibandingkan kesalahan ejaan dan diksi yaitu berada pada persentase 10,71%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa kelas X SMKN 7 Bungo yaitu kesahan ejaan sedangkan untuk kesalahan kalimat paling sedikit dijumpai. Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, Bentuk KeslahanBerahasa, Karangan Narasi.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, KOMPETENSI GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MI PERSIS RAHAYU KABUPATEN BANDUNG
Nurdin Mulyana;
Sri Widaningsih
Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Vol. 8 No. 4 (2023): Desember
Publisher : STKIP Pesisir Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.34125/jkps.v8i4.106
This study aims to identify the influence of the Madrasa Principal, Teacher Competence, and Learning Media on student learning outcomes at MI Persis Rahayu, Bandung Regency. The research method used is a correlation study with a sample of 26 teachers at the madrasah. The research method used in this study is a survey method in which this method is part of a quantitative approach. The results of the study show that the principal of the madrasa has a great influence on student learning outcomes. In addition, Teacher Competence also has a large influence and Learning Media has a large influence on student learning outcomes. Furthermore, these three variables, namely the Madrasa Head, Teacher Competence, and Learning Media, have a large influence together. The results of this study make an important contribution in understanding the factors that influence student learning outcomes in madrasas and can be used as a guide for improving the quality of education in these educational institutions.
PENGEMBANGAN BUKU AJAR GEOGRAFI DESA-KOTA MENGGUNAKAN MODEL ADDIE
Intan Dwi Rahayu;
Taufik Abdul Hasan Amrullah;
Ramadhani Ramadhani;
Septiana Vratiwi;
Desi Eka Putri;
Sefrinal Sefrinal
Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Vol. 8 No. 4 (2023): Desember
Publisher : STKIP Pesisir Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.34125/jkps.v8i4.111
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan buku ajar Geografi Desa-Kota serta mengetahui tingkat kelayakannya menggunakan model ADDIE. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di STKIP Pesisir Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Program Studi Pendidikan Geografi seluruh angkatan (Pesisir Selatan) yang berjumlah 40 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan melihat syarat-syarat sebagai berikut;1) Seluruh mahasiswa tersebut telah menempuh matakuliah Geografi Desa Kota; 2) mahasiswa diampu oleh dosen yang sama. Berdasarkan syarat-syarat tersebut maka kelas uji coba produk adalah semester 4 sebanyak 25 orang. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan langkah-langkah pengembangan model ADDIE: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implentation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi).Teknik analisis data untuk menganalisis kelayakan buku ajar Geografi Desa-Kota adalah dengan menggunakan rumus deskriptif persentase. Hasil analisis data dalam penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan angka persentase sebesar 68,56 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kelayakan Buku Ajar Geografi Desa-Kota yang dikembangkan berada dalam kategori layak dijadikan sebagai media pembelajaran.