cover
Contact Name
Soni
Contact Email
soni@umri.ac.id
Phone
+6281268059209
Journal Mail Official
pengabdianumri@umri.ac.id
Editorial Address
Jl. Tuanku Tambusai, Delima, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau 28290
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI
ISSN : 25500198     EISSN : 27453782     DOI : https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1
Pengabdian Untuk Mu negeRI merupakan jurnal diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) sebagai media untuk mempubikasikan hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh Dosen-Dosen dan juga mahasiswa sebagai bentuk manifestasi Tri Darma Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Untuk Mu negeRI terbit 3 kali setahun pada Bulan Mei, Agustus dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2022): Pengabdian Untuk Mu negeRI" : 2 Documents clear
Implementasi Google Classroom dan Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Pada SMPN 8 Tambang Tazri, M; Anjasmara, Dymas Putra; Putra, Muhammad Fadhil Andika
Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI Vol. 6 No. 1 (2022): Pengabdian Untuk Mu negeRI
Publisher : LPPM UMRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jpumri.v6i1.3222

Abstract

Lajunya percepatan dan perkembangan teknologi informasi dan Internet, secara tidak langsung membuat bidang pendidikan pun ikut mengalami perkembangan. Terutama metode pembelajaran yang dilakukan secara online yang biasa disebut dengan e-learning atau daring. Salah satunya dengan pemanfaatan aplikasi Google Classroom dan Google Meet. Dalam pemanfaatan aplikasi Google Classroom dan Google Meet menjadikan pembelajaran lebih efesien dan efektif dikarenakan siswa dan pengajar dapat setiap saat berinteraksi secara online di aplikasi Google Classroom dan Google Meet tersebut, dimana siswa dapat belajar, berdiskusi, mengunduh materi, dan mengirim tugas dari jarak jauh. Oleh karenanya tujuan dalam pengabdian kepada masyarakat kelompok 10 Tarai Bangun ini untuk memberikan edukasi mengenai pembelajaran dan serta workshop tentang implementasi dan optimalisasi pembelajaran dengan menggunakan Google Classroom dan Google Meet di SMPN 8 Tambang. Diharapkan dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini dapat membantu guru dan siswa dalam belajar mengajar menggunakan media aplikasi Google Classroom dan Google Meet.
Peningkatan Kapasitas Guru dalam Pembuatan Learning Management System (LMS) untuk Pembelajaran Daring Menggunakan Google Sites Hasan, Imam
Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI Vol. 6 No. 1 (2022): Pengabdian Untuk Mu negeRI
Publisher : LPPM UMRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37859/jpumri.v6i1.3394

Abstract

Efek pandemi covid-19 pada sektor pendidikan, mengubah pembelajaran luring menjadi daring. Perubahan ini harus disikapi dengan bijak. Sekolah harus membuat media untuk pembelajaran daring, salah satunya dengan learning management system (LMS) berbentuk website. Menyikapi fenomena tersebut tim melakukan pengabdian untuk melatih guru membuat LMS berbentuk website dengan google site. Adapun tujuan pengabdian ini untuk mengenalkan google site pada guru dalam pembuatan learning management system (LMS), meningkatkan kapasitas guru dalam membuat learning management system (LMS) dengan menggunakan google site untuk pembelajaran daring, dan mengetahui penilaian dari peserta atas kegiatan ini. Metode kegiatan yang dilaksanakan menggunakan metode ceramah, tutorial, praktikum dan diskusi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan wawasan peserta selama kegiatan berlangsung. Setelah pengetahuan dan wawasan meningkat, peserta diberi pendampingan untuk langsung praktik membuat LMS dengan google site. Hasilnya mereka dapat membuat dan mengkreasi sendiri. Diakhir pengabdian, dilakukan survey penilaian terhadap kegiatan pengabdian ini. Mereka menyatakan bahwa melalui pengabdian ini, peserta terbantu, sehingga membuat LMS dengan google site sangat mudah dengan statistik sebesar 63 % dan mudah sebesar 37% dilakukan, selanjutnya dari segi kebermanfaatan dalam membantu pembelajaran daring sebesar 60% sangat membantu dan sebesar 40% membantu dari 100% penilaian.

Page 1 of 1 | Total Record : 2