cover
Contact Name
Charles E. Mongi
Contact Email
charlesmongi@unsrat.ac.id
Phone
+6281356700321
Journal Mail Official
charlesmongi@unsrat.ac.id
Editorial Address
Jalan Kampus Kleak Unsrat Manado
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
dCartesian: Jurnal Matematika dan Aplikasi
ISSN : 23024224     EISSN : 26851083     DOI : https://doi.org/10.35799/
Core Subject : Science, Education,
dCartesiaN merupakan jurnal yang berhubungan dengan matematika dan komputasi bersama turunan-turunannya (aljabar, geometri, analisis, matematika terapan, matematika diskrit, statistika, teknologi informasi, sistem informasi, rekayasa perangkat lunak).
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2012): de Cartesian" : 1 Documents clear
Perancangan dan Implementasi Finite Automata pada Simulasi Vending Machine Irawan, Jessica Christiani; Pakereng, Ineke M. A.; Somya, Ramos
d'CARTESIAN Vol 1, No 1 (2012): de Cartesian
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.551 KB) | DOI: 10.35799/dc.1.1.2012.534

Abstract

Abstract Language and Automata Theory is one of information technology’s component. This theory is the based of ideas and model of a computation system. One example of the Automata implementation is a vending machine. A vending machine can sell goods to customers without an operator to operate the machine. However, in Indonesia,the presence of vending machines are rarely seen.  In this study, the author will try to learn about how a vending machine works, as well as to apply part of the Language and Automata Theory to design and create a simulation of a vending machine.  As the result of the design and implementation of Finite Automata in vending machine simulation, it can be concluded that Finite Automata can be used for basic logic to make a vending machine simulation. Through this application simulation, user can get an  experience in operating a vending machine and learn how to use the vending machine.   Keywords: Language and Automata Theory, Finite Automata, Vending Machine, Simulation. Abstrak Teori bahasa dan automata merupakan salah satu komponen ilmu informat ika. Teori inilah yang mendasari ide dan model dari sebuah sistem komputasi.  Salah satu contoh penerapan automata adalah pada  vending machine.  Vending  machine  dapat menjual barang-barang untuk konsumen tanpa adanya seorang operator. Namun, di Indonesia, keberadaan  vending machine  masih dapat dikatakan langka. Dalam penelit ian ini, akan dipelajari cara kerja vending machine, sekaligus diterapkan bagian dari Teori Bahasa dan Automata untuk merancang dan membuat simulasinya. Berdasarkan hasil perancangan dan implementasi Finite Automata  pada simulasi  vending machine, dapat diambil kesimpulan bahwa  Finite Automata  dapat dijadikan sebagai logika dasar untuk membuat simulasi  vending machine. Melalui aplikasi simulasi ini, diharapkan  user  dapat memperoleh pengalaman dalam mengoperasikan sebuah vending machine serta mengetahui cara menggunakan sebuah vending machine.  Kata Kunci : Teori Bahasa dan Automata, Finite Automata, Vending Machine, Simulasi.  

Page 1 of 1 | Total Record : 1