cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : -     EISSN : 24075302     DOI : -
Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan Sosial.
Arjuna Subject : -
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial" : 24 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION Ahmad Jamalong, Indajati,
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.308 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v4i1.426

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa dengan penggunaan metode Group Investigation. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tajur Halang Bogor tahun pelajaran 2014/2015 dengan metode penelitian tindakan kelas. Subjek sasaran sebanyak 30 siswa pada kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumenter, dan pengukuran. Alat pengumpulan data berupa panduan observasi, dokumentasi, dan tes. Tindakan penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum dilaksanakan tindakan hanya 5% siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Setelah dilaksanakan siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar  34,38%, begitu juga pada hasil pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebesar 54,82% siswa yang mengalami ketuntasan belajar. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan metode Group Investigation efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.Kata Kunci: metode Group Investigation, hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan.
PENERAPAN METODE KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Nur Fitri Jayanti, Dada Suhaida,
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.881 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v4i1.421

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui informasi tentang perencanaan Metode Kooperatif Teknik Two Stray Two Stray (TSTS) pada pembelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa, pelaksanaan penerapan Metode Kooperatif Teknik (TSTS) pada pembelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa, hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batu Ampar setelah guru PKn menerapkan metode Kooperatif Teknik TSTS. Subyek penelitian 31 orang siswa dan 1 orang guru PKn. Tahapan penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik dan alat pengumpul data yakni teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung,  teknik pengukuran, dan dokumenter. Teknik analisa yang digunakan yakni, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara umum penerapan metode Kooperatif Teknik (TSTS) di kelas VIII dilakukan dengan baik. Secara khusus: bahwa perencanaan dilakukan terlebih dulu oleh guru PKn dan mengacu kepada kurikulum KTSP, pelaksanaan Metode Kooperatif Teknik (TSTS) dilakukan dalam dua siklus dan pelaksanaan berjalan baik dan lancar, hasil belajar siswa di kelas VIII sebelum menggunakan Metode Kooperatif Teknik (TSTS) (pra-siklus) hanya mencapai 36%, nilai rata-rata 56, setelah guru PKn menerapkan Metode Kooperatif Teknik (TSTS) hasil belajar siswa meningkat pada (siklus I) 67% nilai rata-rata 69, selanjutnya pada (siklus II) hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 86% dengan nilai rata-rata 78.Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Pendidikan Kewarganegaraan,  hasil belajar. 
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PANCASILA UNTUK MEMBENTUK MAHASISWA PRODI PPKN MENJADI WARGA NEGARA YANG BAIK DAN CERDAS M. Anwar Rube’i, Erna Octavia,
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.94 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter berbasis Pancasila untuk membentuk mahasiswa Prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak menjadi warga negara yang baik dan cerdas. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dengan mereduksi, menyajikan, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter Pancasila yang dimiliki oleh mahasiswa Prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak agar menjadi warga negara yang baik dan cerdas. Karakter yang sesuai dan ditunjukkan sikap yang berkaitan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yaitu nilai karakter yang religius, peduli sosial, kemandirian, semangat kebangsaan, demokratis, toleransi, dan disiplin. Program enguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila dalam Proses Pendidikan dilakukan dengan pengembangan pendidikan karakter melalui kegiatan belajar mengajar dan kegiatan-kegiatan pengembangan pendidikan karakter melalui kegiatan rutin dan kegiatan diluar aktivitas kampus.Kata Kunci: penguatan, pendidikan karakter, Pancasila, warga negara yang baik dan cerdas. 
FRONT MATTER (Editorial Board, Pengantar, Daftar Isi) FM, FM
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.164 KB)

Abstract

PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH ASSALAM PONTIANAK Miftahul Jannah, Pujo Sukino, Bohari,
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.318 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v4i1.422

Abstract

Fokus penelitian ialah bagaimanakah pembelajaran sejarah di kelas XI Madrasah Aliyah Assalam Pontianak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil pembelajaran sejarah kelas XI Madrasah Aliyah Assalam Pontianak. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan strategi yang digunakan adalah studi kasus tunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Analisis data yang dilakukan adalah model analisis interraktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran sejarah kelas XI Madrasah Aliyah Assalam Pontianak sudah berjalan cukup baik; (2) pelaksanaan Pembelajaran sejarah kelas XI Madrasah Aliyah Assalam Pontianak sudah berjalan dengan cukup baik; dan (3) penilaian hasil  pembelajaran sejarah kelas XI Madrasah Aliyah Assalam Pontianak sudah terlaksana dengan baik.Kata Kunci: pembelajaran Sejarah, perencanaan, pelaksanaan, penilaian.
PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL: PEMAHAMAN KONTENS BAGI MAHASISWA Fandri Minandar, Yuver Kusnoto,
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.06 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v4i1.428

Abstract

Tulisan yang dilakukan merupakan hasil kajian yang mencoba menganalisis tentang pembelajaran sejarah lokal di perguruan tinggi khususnya di Program Studi Pendidikan Sejarah. Melihat posisi pembelajaran sejarah lokal dalam memberikan kontribusi terhadap pembentukan pemahaman lokal history bagi mahasiswa dalam usaha mendekatkan diri pada situasi riil dari lingkungan terdekatnya. Berikutnya membawa mahasiswa secara langsung mengenal serta mengayati lingkungan masyarakat yang merupakan bagian dari padanya. Tidak salah bila dikatakan bahwa pengajaran sejarah lokal mampu menerobos batas antara ”dunia sekolah” dengan “dunia nyata” di luar pendidikan formal. Dari pengajaran sejarah lokal mahasiswa akan mendapatkan banyak contoh-contoh dan pengalaman-pengalaman dari berbagai tingkat perkembangan lingkungan masyarakatnya, termasuk situasi masa kininya. Mahasiswa juga akan lebih terdorong mengembangkan keterampilan-keterampilan khusus seperti perihal observasi, teknik bertanya atau melakukan wawancara, menyeleksi sumber, mencari fakta, dan lain-lain.Kata Kunci: pembelajaran, sejarah lokal, mahasiswa.
BACK MATTER (Pedoman Penulisan) BM, BM
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.091 KB)

Abstract

PENERAPAN SIMULASI DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA MATA KULIAH SEMINAR KULIAH GEOGRAFI Anggela, Rika; Suherdiyanto, Suherdiyanto; Nurekawati, Endah Evy; Cahyaningrum, Wiwik
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.242 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v4i1.423

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendapatkan informasi secara jelas, objektif, dan sistematis tentang penerapan Simulasi dalam meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa pada mata kuliah Seminar Kuliah Geografi. Penelitian merupakan penelitian tindakan yang dilakukan secara partisipatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah mahasiswa Kelas A Sore semester VI (enam) IKIP PGRI Pontianak berjumlah 40 orang. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang dilakukan secara kualitatif untuk menggambarkan kepercayaan diri peserta didik yang diakumulasikan melalui hasil observasi di setiap siklus. Hasil penelitian, diketahui bahwa penerapan Simulasi baik sekali,  terlihat dari  pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Kepercayaan diri mahasiswa melalui penerapan Simulasi pada base line sebesar 39,48%, siklus I sebesar 55,5 dan siklus II sebesar 77,5%.  Peningkatan kepercayaan diri mahasiswa mulai base line sampai pada siklus I sebesar 16,02 dan mulai siklus I sampai pada siklus II sebesar 24,76.Kata Kunci: metode pembelajaran, Simulasi, kepercayaan diri.
PERGESERAN NILAI-NILAI BUDAYA DALAM UPACARA ADAT GAWAI DAYAK DITINJAU DARI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT KOTA PONTIANAK Karel Juniardi, Emusti Rivasintha,
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.302 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v4i1.418

Abstract

Penelitian bertujuan untuk megetahui: (1) pelaksanaan Upacara Adat Gawai Dayak di Pontianak; (2) pergeseran nilai-nilai yang terjadi dalam Upacara adat Gawai Dayak di Pontianak; (3) dampak sosial yang terjadi pada masyarakat sekitar Pontianak; dan (4) dampak ekonomi yang terjadi pada masyarakat sekitar Pontianak. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk strategi studi kasus terpancang. Sumber data yang digunakan yaitu informan, tempat dan peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Validitas data menggunakan triangulasi dan teknik analisa data menggunakan teknik analisis interaktif. Upacara Adat Gawai Dayak bagi masyarakat Dayak di Kalimantan Barat mempunyai beberapa fungsi, yaitu fungsi spiritual, sosial, dan sebagai aset yang menunjang pariwisata. Upacara Adat Gawai Dayak juga bertujuan untuk meningkatkan rasa persaudaraan dan gotong royong diantara sesama warga masyarakat yang ikut terlibat dalam pelaksanaan upacara adat tersebut.Kata Kunci: Upacara Adat Gawai Dayak, budaya lokal, kehidupan sosial ekonomi.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHAN DAN ALAT TANGKAP MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA SISWA KELAS I NAUTIKA PERIKANAN LAUT-SUPM NEGERI PONTIANAK Permana, Rudi Mas
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.941 KB) | DOI: 10.31571/sosial.v4i1.424

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahan dan alat tangkap menggunakan metode tutor sebaya siswa kelas I Nautika Perikanan Laut-SUPM Negeri Pontianak. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas I Nautika Perikanan Laut-SUPM Negeri Pontianak yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahan dan alat tangkap dengan menerapkan pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I Nautika Perikanan Laut-SUPM Negeri Pontianak. Peningkatan tersebut terjadi karena siswa yang pandai membantu siswa yang kurang pandai untuk memahami pelajaran bahan dan alat tangkap. Hasil belajar bahan dan alat tangkap mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 72,22% menjadi 88,89%. Siswa yang kurang berpartisipasi dalam kelompok didekati oleh guru dan diarahkan agar bertanya kepada tutor atau menanggapi pernyataan tutor sehingga seluruh siswa bisa memahami materinya.Kata Kunci: tutor sebaya, bahan dan alat tangkap, hasil belajar.

Page 1 of 3 | Total Record : 24


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 1 (2025): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 11 No. 3 (2024): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 11 No. 2 (2024): Sosial Horizon ( Jurnal Pendidikan Sosial) Vol. 11 No. 1 (2024): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 10 No. 3 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 10 No. 2 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 10 No. 1 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 10, No 1 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 9 No. 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 9, No 1 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 2 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 8, No 1 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 7, No 2 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL Vol 7, No 1 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL Vol 6, No 2 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 5, No 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 2 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 2 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 1 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 3, No 1 (2016): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 2 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 2 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 1 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 2, No 1 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 1, No 1 (2014): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 1, No 1 (2014): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial More Issue