cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
WACANA DIDAKTIKA
ISSN : 23379820     EISSN : 25798464     DOI : -
WACANA DIDAKTIKA adalah jurnal pemikiran penelitian pendidikan dan sains yang secara khusus memuat artikel ilmiah seputar pendidikan dan sains, baik berupa hasil peikiran konseptual ataupun hasil penelitian. Wacana didaktika terbit setiap semester (dua kali dalam setahun) yaitu setiap bulan Juni dan bulan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 01 (2017): Juni 2017" : 10 Documents clear
Teaching Productive Skill Through Vark Samsi Rijal; Nurdiana Arifah
Wacana Didaktika Vol 5 No 01 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.379 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.5.01.12-18

Abstract

Teaching English as foreign language to Indonesia learners is rather difficult. It can be seen from most of learners who graduated from university, they cannot use English as their language for communication; written or spoken communication. In addition, Most of teachers use traditional method or strategy that focus on teacher or teacher center. So, students are not only active in joining the class but also feel bored. Dealing with this problem, the teachers must change their teaching from teacher center to learner center. Furthermore, teaching productive skill; writing and speaking, the teacher must use the suitable strategy to achieve goal of teaching and learning process. VARK (visual, auditory, read/write, and kinesthetic) which is developed by Neil Fleming in 1987 is one of the strategies which can be used to teach productive skill, because it invites learners more active in joining the class. It also helps learners in understanding the materials easily.
Hubungan Antara Minat Baca dan Hasil Belajar Biologi Siswa Yang Diajar Dengan Model Reading-Concept Map-Think Pair Share (REMAP TPS) Linda Tri Antika
Wacana Didaktika Vol 5 No 01 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.76 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.5.01.28-35

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk menjelaskan hubungan antara minat baca dengan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan model Reading-Concept Map-Think Pair Share yang kemudian disingkat menjadi Remap TPS, dan 2) untuk menjelaskan kontribusi minat baca terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-2 di SMA Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan selama satu semester, yaitu pada semester ganjil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tidak ada hubungan yang signifikan antara minat baca dengan hasil belajar siswa biologi, dan 2) kontribusi minat baca terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 1,0%.
Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Sebagai Salah Satu Jawaban Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Untuk Menggapai Bonus Demografi Diana Vidya Fakhriyani
Wacana Didaktika Vol 5 No 01 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.788 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.5.01.76-90

Abstract

Pendidikan karakter memegang peranan yang sangat penting bagi anak usia dini. Pendidikan karakter merupakan salah satu alternatif dalam menghadapi bonus demografi. Indonesia akan menghadapi bonus demografi di tahun 2045. Sehingga, untuk mempersiapkkan generasi pada tahun 2045, maka fokus pendidikan diarahkan pada Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD merupakan The Starting Well Index, karena disinilah karakter anak dibentuk. Pembentukan karakter akan menjadi modal utama bagi kualitas sumber daya manusia pada bonus demografi. Pembentukan karakter sangat penting untuk ditanamkan sejak dini karena merupakan suatu habit (kebiasaan) yang harus terus menerus dipraktikkan serta memerlukan keterlibatan berbagai pihak (stakeholder).
Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP Suprianto Suprianto; Aan Nurul Qomariyah; Mohammad Lutfi; Siti Nur Aizatul Qomariyah
Wacana Didaktika Vol 5 No 01 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.813 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.5.01.67-75

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kreatif produktif terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP serta untuk mengidentifikasi efektivitas model pembelajaran kreatif produktif terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII SMP dibanding dengan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalag quasi experiment dengan design pretes-postest control group design. Analisis data yang digunakan adalah uji efektivitas dan uji gain Normalisasi serta uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat uji t. Berdasarkan uji efektivitas didapatkan data sebesar 2,18 dengan kategori Tinggi. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran kreatif produktif lebih efektif terhadap keterampilan proses sains dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh nilai 0,89 dengan kategori Tinggi untuk kelas eksperimen sedangkan 0,57 dengan kategori sedang untuk kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan pembelajaran kreatif produktif lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Berdasarkan uji t diperoleh t-hitung 6,287 dengan signifikan 0,000<0,05; hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kreatif produktif terhadap Keterampilan Proses Sains siswa.
Penerapan Metode Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Hugo Aries Suprapto
Wacana Didaktika Vol 5 No 01 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.857 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.5.01.48-55

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa. Penelitian ini memakai metode eksperimen. Subyek penelitian adalah mahasiswa Teknik Industri semester tujuh sebanyak 25. Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran terhadap peningkatan kreativitas mahasiswa. Data diolah dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan pada, Uji Normalitas, Homogenitas dan T Sampel Berpasangan dengan tingkat signifikan α=5%, Hasil uji normalitas sebelum penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) didapat nilai Kolmogorof-Smirnov Sig. 0.200, dan Shapiro-Wilk 0.190 sehingga pada α= 5%= 0.05 < Sig.= 0, sampel data berasal dari distribusi normal. Sedangkan Hasil uji normalitas sesudah penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) didapat nilai Kolmogorof-Smirnov Sig. 0.200, dan Shapiro-Wilk 0.492 sehingga pada α= 5%= 0.05 < Sig.= 0, sampel data berasal dari distribusi normal. Pada Uji Homogenitas Varians Levene Nilai Sig. 0.50, pada tingkat signifikansi α = 5 % =0.05 < Sig.0.50 sehingga dapat dikatakan sampel data berasal dari varians yang Homogen, dapat disimpulkan pada tingkat kepercayaan 95%, rata-rata sesudah penerapan model pembelajaran model Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa mata kuliah kewirausahaan mean sebesar 66,5333) dibanding sebelum penerapan model pembelajaran Team Games Tourament (TGT) ( mean sebesar 83,5667), naik sebesar 17.03. Dengan kata lain, penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berpengaruh signifikan pada peningkatan kreativitas mahasiswa 95%. Penelitian ini memberikan saran untuk mengatasi masalah yang ditemukan dalam penelitian.
Pengembangan Karier Guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ifadah Penjaringan Jakarta Utara Asad As'ad
Wacana Didaktika Vol 5 No 01 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.179 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.5.01.36-47

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ifadah berlokasi di kelurahan Penjaringan Jakarta Utara. Merupakan sekolah formal yang memadukan kurikulum agama dan materi pengetahuan umum. Madrasah yang berdiri sejak tahun 1995 berada di tengah-tengah pemukiman padat penduduk. yang merupakan harapan masyarakat di lingkungan sekolah dalam memberikan pendidikan bagi anak-akanya. Banyak keterbatasan dan kekurangan di sekolah tersebut baik dari faktor internal maupun eksternal sekolah. Kendala tersebut tidak membuat Madrasah Ibtidaiyah Al-Ifadah kalah bersaing dengan sekolah lain setingkatnya, justru banyak prestasi diraih. Selain prestasi akademik, pengembangan karier guru di sekolah tersebut cukup efektif dan optimal. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (case study). Pengumpulan data diperoleh dengan mewawancarai Kepala sekolah sebagai narasumber utama (key informan), guru senior sebagai pelaku sejarah, dan stakehorders sekolah sebagai penguatan dalam pengambilan data. Hasil temuan menunjukkan bahwa ada dua program yang cukup efektif dalam pengembangan karier guru di MI Al-Ifadah 1) peningkatan pendidikan guru dari jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Atas hingga Perguruan Tinggi Program Stata Satu hingga program Pasca Sarjana. 2) Pelatihan, dalam workshop atau rapat kerja sekolah yang dilaksanakan sebelum tahun ajaran baru, pelatihan baik internal maupun eksternal sekolah merupakan salah satu agenda pembahasan yang pendapatkan perhatian dan salah satu program unggulan sekolah.
Studi Struktur Bawah Permukaan Dengan Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Schlumberger (Study kasus Stadion Universitas Brawijaya, Malang) Arif Rahman Hakim; Hairunisa Hairunisa
Wacana Didaktika Vol 5 No 01 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.74 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.5.01.56-64

Abstract

Telah dilakukan sebuah penelitian sederhana tentang pendugaan struktur lapisan tanah bawah permukaan di daerah kampus Universitas Brawijaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi nilai resistivitas, jenis material dan struktur lapisan tanah bawah permukaan daerah penelitian. Penelitian ini dilakukan di daerah kampus Universitas Brawijaya yang terletak di kecamatan lowokwaru kota Malang yang merupakan daerah endapan dari batuan vulkanik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode geolistrik resistivtas konfigurasi schlumberger. Akuisisi data dilakukan secara sounding pada 3 titik dengan jarak antar titik adalah 10 meter. Dari pengolahan data, menunjukkan bahwa nilai resistivitas lapisan bawah permukaan dari ketiga lintasan berkisar 7,8 Ωm – 1500 Ωm pada kedalaman 1,61 m – 30 m. Jenis material lapisan bawah permukaan daerah penelitian antara lain lempung (7,8 Ωm – 56 Ωm), lempung pasiran (56 Ωm – 230 Ωm), pasir (230 Ωm – 507 Ωm), pasir dan kerikil (507 Ωm – 890 Ωm), kerikil (890 Ωm – 1500 Ωm). Dari hasil interpretasi data tersebut dapat disimpulkan bahwa struktur batuan lapisan bawah permukaan daerah kampus Universitas Brawijaya adalah didominasi oleh jenis batuan sedimentasi dengan nilai resistivitas yang bervariasi.
Mastering Teaching English For Young Learners Maskhurin Fajarina
Wacana Didaktika Vol 5 No 01 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.261 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.5.01.1-11

Abstract

Teaching language to old learners is different from teaching language to young learners. Young learners have certain characteristics which are different from old learners so those influence their acquiring a foreign language. Teaching foreign language is easy if we understand the rules well. The rules are understanding characteristics of our students, mastering some suitable methods, and choosing suitable material. Young learners have certain characteristic distinguishing to the older learners. Related to the certain characteristics, the teacher must understand to differentiate the method they use in teaching English as a foreign language to the young learners. To empower the teaching, the teacher must master the material well
Integrating Learning Style and Multiple Intelligences in Teaching and Learning Process Jaftiyatur Rohaniyah
Wacana Didaktika Vol 5 No 01 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.91 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.5.01.19-27

Abstract

Students’ exhibit different learning styles and multiple intelligences, and only by accommodating these various abilities can instructors properly plan and conduct assignments and assess what students have learned. Students have different learning styles and multiple intelligences. This has implications for the design and execution of a field study, or any teaching situation. In addition to having differences in learning styles, not everyone is smart in the same way, according to Gardner, He says that individuals are intelligent to some degree such as: musical, verbal linguistic, interpersonal, intrapersonal, etc. This article outlines the importance of learning styles and multiple intelligences in teaching and learning process, as well as instructional techniques that work best with students’ respective learning traits.
Pengaruh Penggunaan Variasi Metode Dan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pamekasan Dewi Pusparini
Wacana Didaktika Vol 5 No 01 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.729 KB) | DOI: 10.31102/wacanadidaktika.5.01.91-100

Abstract

Kegiatan pembelajaran PKn yang dilaksanakan oleh guru terlihat kurang memberikan pemahaman yang baik pada siswa terhadap materi pelajaran PKn yang disampaikan. Pada umumnya siswa tidak mampu menerapkan konsep dan fakta yang telah diterimanya tersebut secara benar dan tepat dalam kehidupan nyata sehari-hari. Demikian juga siswa tidak mampu menghubungkan konsep dan fakta tersebut dalam kehidupan nyata sehari-hari. Sehingga hasil belajar yang dicapai sebagian besar siswa adalah 70, sedangkan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang harus dicapai siswa adalah 75. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sebagian besar siswa masih belum mencapai ketuntasan belajar, karena angka 70 berada di bawah nilai KKM 75. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, upaya-upaya yang dilakukan guru mata pelajaran PKn dalam mengantarkan tercapainya prestasi belajar PKn yang optimal bagi siswa adalah melalui penggunaan variasi metode dan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan variasi metode terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas X SMA Negeri 3 Pamekasan Kabupaten Pamekasan, (2) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas X SMA Negeri 3 Pamekasan Kabupaten Pamekasan, dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan variasi metode dan model pembelajaran Jigsaw terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas X SMA Negeri 3 Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Sampel penelitian ini adalah sebagian dari siswa kelas X SMA Negeri 3 Pamekasan Kabupaten Pamekasan, dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 53 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan variasi metode berpengaruh terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas X SMA Negeri 3 Pamekasan Kabupaten Pamekasan, (2) penggunaan model pembelajaran Jigsaw berpengaruh terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas X SMA Negeri 3 Pamekasan Kabupaten Pamekasan, dan (3) secara bersama-sama penggunaan variasi metode dan model pembelajaran Jigsaw berpengaruh terhadap prestasi belajar PKn kelas X SMA Negeri 3 Pamekasan Kabupaten Pamekasan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10