JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881"
:
12 Documents
clear
IKLIM ORGANISASI DAN SELF ESTEEM PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BANK BTN CABANG MANADO
Woy, Yeldy G.A.
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (383.21 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v1i3.1892
ABSTRAK Kinerja organisasi tergantung dari kinerja individu artinya perilaku anggota organisasi baik secara individu maupun kelompok memberikan kekuatan atas kinerja organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah iklim organisasi serta self esteem berpengaruh terhadap kinerja karyawan Bank BTN secara simultan maupun secara parsial. Iklim organisasi merupakan sifat lingkungan kerja atau lingkungan psikologis dalam organisasi yang di rasakan oleh para pekerja atau anggota dan dianggap dapat mempengaruhi sikap dan perilaku pekerja dan pekerjaannya. Self esteem adalah suatu keyakinan nilai diri sendiri berdasarkan evaluasi diri secara keseluruhan. Kinerja karyawan adalah ukuran dalam suatu organisasi sampai sejauh mana kesetiaan karyawan terhadap pekerjaannya serta sampai seberapa besar penghargaan yang diberikan perusahaan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia.Sampel diambil secara sensus pada 59 responden. Alat analisis yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan iklim organisasi dan self esteem berpengaruh secara bersama terhadap kinerja karyawan, iklim organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan, dan self esteem berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Kata kunci: iklim organisasi, self esteem, kinerja karyawan
ANALYSIS THE PRICING PERSPECTIVE BETWEEN NORMAL AND PACKAGE PRICE OF KARTU AS TELKOMSEL
Soelama, Pricilia
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (233.474 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.1.3.2013.1886
ABSTRACT Regarding with potential contributions of price for enhancing products selling or services utilization in the marketplace, one vital approach from price concept usually used by many marketers is pricing strategy concept. This applied model can be established by three main concepts, which are cost considerations concept, competitive consideration concept, and consumer consideration. Two research objectives are to examine significant differences in pricing between normal and package price and between female and male users for normal and package price of Kartu As Telkomsel. Theories supporting in this research are related to price and pricing. The population is users of Kartu As with sample research as many as 100 respondents and using convenience sampling design. Results and conclusions show that there is a significant difference in pricing perspective between normal and package price and no significant differences in pricing perspective between male and female of Kartu As Telkomsel. Keywords: price, pricing strategy
PERIKLANAN DAN CITRA MEREK PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR YAMAHA
Mawara, Zimri Remalya
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (488.367 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v1i3.1891
ABSTRAK Indonesia sebagai negara yang mempunyai populasi penduduk terbesar no. 4 di dunia memiliki jumlah penduduk  241.452.952 jiwa, menjadikan negara ini harus memiliki penerapan ilmu teknologi yang sangat maju sebagai alat untuk mempermudah arus komunikasi dan transportasi. Periklanan adalah suatu proses komunikasi massa yang melibatkan sponsor tertentu, yakni pemasang iklan, yang membayar jasa sebuah media massa untuk penyiaran iklannya. Citra merek merupakan nilai utama pemasaran dan brand telah menjadi elemen krusial yang berkontribusi terhadap kesuksesan sebuah organisasi pemasaran. Keputusan pembelian adalah keputusan yang diambil oleh pembeli sebenarnya dari sejumlah keputusan. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi yang merupakan penjelasan pengaruh satu variabel dengan variabel yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara periklanan dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Hasil uji menunjukan periklanan dan citra merek berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian motor Yamaha di PT. Hasjrat Abadi Cabang Manado. Kata kunci: periklanan, citra merek, keputusan pembelian
KOMPENSASI DAN MOTIVASI PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANGUN WENANG BEVERAGES COMPANY MANADO
Kasenda, Ririvega
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (312.637 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v1i3.1894
ABSTRAK Keberadaan sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan memegang peranan dapat penting. Perusahaan harus mampu membangun dan meningkatkan kinerja di dalam lingkungannya. Perusahaan harus menempuh beberapa cara misalnya pemberian kompensasi yang layak, pemberian motivasi, dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Bangun Wenang Beverages Company Manado. Sampel ditetapkan sebanyak 60 orang karyawan dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Nilai koefisien regresi berganda menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai koefisien adalah positif. Hal ini juga dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel dengan tingkat signifikan > ?. Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan nilai koefisien adalah positif. Hal ini juga dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel dengan tingkat signifikan < ?. Hubungan antara kompensasi dan motivasi dengan kinerja karyawan sangat kuat. Pemberian kompensasi bagi pegawai harus sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta selalu memperhatikan standar dan biay a hidup minimal. Tanpa mengesampingkan asas adil, layak, dan wajar, agar kompensasi yang diberikan kepada masing-masing karyawan sesuai dengan kinerjanya.Kata kunci: kompensasi, motivasi, kinerja karyawan
THE EFFECT OF WORK STRESS TO EMPLOYEE PERFORMANCE AT BANK RAKYAT INDONESIA IN MANADO BRANCH
Paputungan, Fitryah
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (360.614 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.1.3.2013.1885
ABSTRACT Stress is a common element in any kind of job and people face it in almost every walk of life. In the banking sector particularly, higher management do not realize the impact of stress on employee performance which ultimately results in critical managerial dilemmas. Work overload & time pressure to complete too much work in short span of time is big source of stress which decrease the performance of employees. The purpose of this research are to analyze the influence of work stress on employee performance at Bank Rakyat Indonesia in Manado Branch, North Sulawesi and to identify the most significant variable of work stress that influence employee performance. Work stress and employee performance are the supporting theories for this research. The population are all employees and customers of BRI Manado Branch with sample consists of 100 respondents are determined. Results and conclusions show that work stress significantly affects employee performance and communication has the most significant influence to employee performance. Keywords: work stress, employee performance
PENGARUH TQM, SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PT. POS INDONESIA
Kumentas, Cynthia N.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (310.188 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.1.3.2013.1888
ABSTRAK TQM merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi. Selain penerapan TQM, perusahaan juga perlu menerapkan sistem akuntansi manajemen sebagai mekanisme untuk memotivasi dan mempengaruhi perilaku karyawan dalam berbagai cara yang memaksimalkan kesejahteraan organisasi dan karyawan. Sistem akuntansi manajemen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh total quality management,sistem pengukuran kinerja dan sistem  penghargaan terhadap kinerja manajerial pada PT. Pos Indonesia (persero). Sampel yang digunakan sebanyak 50 orang rsponden dari populasi sebanyak 156 pegawai. Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh nilai 0.273 yang menyatakan tidak signifikan, hasil pengujian hipotesis kedua diperoleh nilai 0.032 yang menyatakan signifikan. Hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh nilai 0.191 yang menyatakan tidak signifikan. Dari ketiga variabel total quality management, sistem pengukuran kinerja dan sistem penghargaan hanya sistem pengukuran kinerja yang berpengaruh terhadap kinerja manajerial.Kata kunci : TQM, sistem pengukuran kinerja, sistem penghargaan.
EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PENERIMAAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN TERHADAP PAD KOTA MANADO
Memah, Edward W.
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (260.629 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v1i3.1896
ABSTRAK Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan penerimaan dari pungutan pajak daerah, retribusi daerah, pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan pendapatan lain-lain. Pajak hotel dan restoran termasuk di dalam pajak daerah. Hotel dan restoran merupakan sektor potensial dalam peningkatan efektivitas penerimaan pajak hotel dan restoran dan kontribusi yang diberikan oleh hotel dan restoran dapat memacu pembangunan ekonomi Kota Manado. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas dan kontribusi pajak hotel dan restoran terhadap PAD Kota Manado. Penelitian dilakukan di Dinas Pendapatan Daerah Kota Manado. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu menganalisis data realisasi pajak hotel dan restoran tahun 2007-2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas dari pajak hotel dan pajak restoran pada tahun 2007-2011 sangat bervariasi. Tingkat efektivitas tertinggi pajak hotel terjadi pada tahun 2008 sebesar 116,32% dan terendah pada tahun 2011 sebesar 86,41%. Pada pajak restoran tingkat efektivitas tertinggi terjadi tahun 2008 sebesar 122,83% dan terendah pada tahun 2011 sebesar 97,89%. Secara keseluruhan kontribusi pajak hotel dan pajak restoran pada tahun 2007-2011 memberikan kontribusi yang baik terhadap PAD. Persentase kontribusi pajak hotel terbesar tahun 2010 sebesar 8,11% dan terendah tahun 2008 sebesar 5,38%. Kontribusi pajak restoran tertinggi tahun 2009 sebesar 24,47% dan terendah sebesar 19,76% di tahun 2011. Kata kunci: pendapatan asli daerah, efektivitas, kontribusi
THE IMPACT OF CELEBRITY ENDORSEMENT ON BRAND IMAGE
Lomboan, Syutria
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (259.77 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.1.3.2013.1887
ABSTRACT To introduce a product to the public company should provide information about the product that will be introduced to the public and the information must be trusted information and can attract the public attention. To introduce a product to the public at this time requires a lot of means and facilities. One of the examples is advertising. Ads become one of the most instruments used widely by the company to promote a product. In order to support an ad in providing information and attract the attention of the public, a company will use endorser. Research objectives are to analyze the influence of celebrity endorser and the variable to brand image. Theories supporting this research are consumer behaviour, celebrity endorser, and brand image. The population observed in this current research is people that watch the advertising with sample as many as 50 customers or respondents. Results and conclusions are that all variables of celebrity endorser (credibility, attractiveness, expertise, trustworthiness, and celebrity match-up product) influence brand image with credibility is the most influencing variable. Keywords: celebrity endorser, brand image
ANALISA BREAK-EVEN-POINT SEBAGAI DASAR PERENCANAAN LABA HOLLAND BAKERY MANADO
Malombeke, Merry Beatrix
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (449.467 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.1.3.2013.1889
ABSTRAK Holland Bakery merupakan sebuah toko roti yang juga memperhatikan harga jual, unit yang terjual, dan biaya-biaya yang dikeluarkan hal ini dapat dikaji dalam analisis break even point. Break even point merupakan total pengeluaran sama dengan total pendapatan. Analisis break even point harus membedakan antara pola prilaku biaya, mana yang bersifat variabel, semi variabel dan bersifat tetap. Holland Bakery dalam menganalisis Break Even Point membedakan biaya berupa biaya tetap, dan tidak membedakan berdasarkan biaya semi variabel.Holland Bakery bergerak dalam bidang manufaktur dalam hal ini memproduksi roti, kue dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan BEP sebagai dasar penetuan target laba yang dicapai oleh Holland Bakery. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Data yang dianalisa dalam penelitian ini yaitu laporan produksi/nonproduksi perusahaan, harga produk, volume penjualan, biaya aktual baik operasional maupun nonoperasional. Hasil penelitian dalam analisis BEP pada Holland Bakery yaitu membedakan antara biaya tetap dan biaya variabel, menghitung Break Even Point untuk ketiga produk yang diambil menjadi sampel, menghitung margin of safety terdapat bahwa ketiga produk yaitu, taaries, bread, dan pastry mampu memperoleh keuntungan, dengan. Keutungan ini bergerak secara signifikan dari hasil penjualan Holland Bakery telah mampu merencanakan perolehan laba dengan sebaik mungkin. Kata kunci: break even point, perencanaan laba
STORE ATMOSPHERE PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TEXAS CHICKEN MULTIMART II MANADO
Dessyana, Cindy Juwita
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 1, No 3 (2013): Jurnal EMBA, HAL 775 - 881
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (345.728 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.1.3.2013.1893
ABSTRAK Setiap perusahaan selalu berusaha agar sukses dalam memenangkan persaingan dengan berusaha untuk dapat mencapai tujuan yaitu menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Mempertahankan pelanggan merupakan tantangan bagi perusahaan yang harus diupayakan untuk kelangsungan hidup perusahaan. Penciptaan atmosphere yang menyenangkan, menarik, serta bisa membuat konsumen merasa nyaman ketika berada di dalam toko merupakan salah satu cara agar bisa menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Store atmosphere terhadap keputusan pembelian baik secara bersama maupun secara sendiri-sendiri. Sampel ditentukan dengan rumus slovin, sebanyak 100 dari 2.630 populasi. Alat analisis yang digunakan regresi linier berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan store exterior, general interior, store layout dan interior display berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara parsial store exterior, general interior, store layout dan interior display berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Kata kunci: suasana toko, keputusan pembelian.