JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 841-965"
:
10 Documents
clear
KOMUNIKASI, PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN UNTUK MENINGKATKAN CITRA PT. PLN (PERSERO) AREA MANADO
Nasir, Ranny;
A, Adolfina;
Trang, Irvan
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 841-965
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (556.987 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v2i2.4438
PT. Â PLN (Persero) Tbk, merupakan satu-satunya perusahaan penghasil listrik dan mengelolanya untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat di Indonesia. Sebagai satu-satunya perusahaan penyedia listrik di tanah air, PLN berusaha untuk selalu memelihara citra perusahaan salah satunya dengan meningkatkan komunikasi, promosi, dan kualitas layanan. Citra adalah kesan, perasaan, gambaran diri publik terhadap perusahaan; kesan yang dengan sengaja diciptakan dari suatu obyek, orang atau organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi, promosi dan kualitas layanan baik secara simultan maupun parsial terhadap citra. Metode penelitian adalah asosiatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel menggunakan metode Judgement sampling, sebanyak 100 responden dari populasi 315.000 pelanggan PT. PLN Area Manado. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan komunikasi, promosi, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap citra. Secara parsial promosi tidak berpengaruh terhadap citra. Komunikasi dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap citra. PT. PLN Area Manado sebaiknya memperhatikan komunikasi dan kualitas layanan karena terbukti mempunyai pengaruh terhadap citra, sehingga terbentuknya hubungan yang baik antara pihak perusahaan dan pelanggan. Kata kunci: komunikasi, promosi, kualitas layanan, citra
ANALISIS BELANJA MODAL DAN PENYAJIANNYA DALAM LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH KOTA TOMOHON
Danial, Hariyati K.;
Tinangon, Jantje J.;
Sabijono, Harijanto
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 841-965
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (260.688 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4422
Pengelolaan laporan keuangan telah mengalami kemajuan yang akuntabel dan transparan dalam semua aspek transaksi keuangan daerah.Anggaran belanja khususnya belanja modal merupakan hal yang sangat penting dalam penataan anggaran daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah belanja modal dan penyajiannya dalam laporan keuangan pemerintah kota Tomohon telah memadai dan sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu untuk menggambarkan belanja daerah dan penyajiannya pada pemerintah kota Tomohon. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Proses pengakuan atas belanja modal yang ada di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (DPPKAD) Kota Tomohon terutama yang berkaitan dengan belanja modal telah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah. Sebaiknya pemerintah kota Tomohon melakukan proses pencatatan dan penyajian semua transaksi keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan bukan hanya pada belanja modal.Kata kunci: laporan keuangan, belanja modal
EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA PERUSAHAAN KOSMETIK YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2012
Silalahi, Citra Perwati;
Tommy, arengkuan;
Murni, Sri
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 841-965
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (489.712 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v2i2.4437
Modal kerja merupakan dana yang harus tersedia dalam perusahaan yang digunakan untuk membiayai kegiatan operasinal. Modal kerja yang akan digunakan diharapkan tersedia dalam jumlah yang cukup agar dapat memberikan keuntungan yang maksimal sehingga suatu perusahaan bisa beroperasi secara ekonomis dan juga modal kerja yang cukup dapat menekan biaya perusahaan menjadi rendah, menunjang segala kegiatan operasi perusahaan secara teratur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efesiensi penggunaan modal kerja pada perusahaan kosmetik yang terdaftar pada bursa efek Indonesia. Sampel yang digunakan sebanyak tiga perusahaan dari empat populasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modal kerja pada perusahaan kosmetik yang terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia (BEI) belum efesien. Tingkat modal kerja dan likuiditas meningkat, namun profitabilitasnya belum maksimal. Tingkat profitabilitas tertinggi dihasilkan oleh perusahaan Unilever pada tahun 2011, nilai tersebut masih dibawah rata-rata dari yang distandarkan. Manajemen perusahaan sebaiknya melakukan perencanaan pengelolaan modal kerja secara efesien agar perusahaan dapat meningkatkan laba usaha pada industri kosmetik tersebut. Kaa kunci: efesiensi modal kerja, likuiditas, aktivitas dan profitabilitas.
PERLAKUAN AKUNTANSI TERHADAP PRODUK RUSAK PADA PT. PABRIK GULA GORONTALO
Lintong, Pricilia G.;
Tinangon, Jantje J.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 841-965
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (247.056 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4421
Perusahaan yang bergerak dalam bidang industri yang menghasilkan produk berupa barang, dalam proses produksinya selalu mengalami adanya produk yang tidak sesuai dengan yang distandarkan. Dalam hal ini adalah adanya produk rusak. Banyak industri yang sifatnya tak terkendalikan, menyebabkan terjadinya produk rusak. Produk rusak mengakibatkan kenaikan biaya produksi atau harga pokok produk, karena itu tidak boleh dipandang sebagai masalah kecil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran apa yang dapat diambil akuntansi berkaitan dengan produk rusak pada PT Pabrik Gula Gorontalo. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan memperlakukan biaya produk rusak yang terjual sebagai penjualan lain-lain. Dengan demikian harga pokok produksi produk gula yang sesuai standar tidak dibebani biaya produksi yang tinggi. Sebaiknya manajemen perusahaan memperhatikan perlakuan akuntansi produk rusak secara tepat, sehingga penentuan harga jual tidak lebih tinggi, karena akan mempengaruhi tingkat harga dalam persaingan dengan perusahaan lainnya. Kata kunci: akuntansi, produk rusak
PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA UD. NABILAH
Takasili, Beauty Nathasya;
Karamoy, Herman;
Alexander, Stanly W.
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 841-965
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (260.821 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v2i2.4424
Manajemen perusahaan dihadapkan pada pengambilan keputusan untuk memilih satu pilihan yang terbaik dari beberapa alternatif pilihan. Manajemen memerlukan informasi yang dapat mengurangi ketidakpastian, sehingga mereka dapat menentukan pilihan yang terbaik bagi perusahan. Salah satu jenis informasi yang diperlukan manajemen sebagai dasar perencanaan dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus adalah informasi akuntansi diferensial. Keputusan menerima atau menolak pesanan khusus sangat berpengaruh bagi perusahaan, baik itu untuk keputusan jangkah pendek maupun jangkah panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan informasi akuntansi diferensial yang digunakan dalam pengambilan keputusan manajemen untuk menerima atau menolak pesanan khusus. Penelitian ini dilakukan di UD. Nabilah. Hasil penelitian menunjukkan pada bulan Januari 2014, perusahaan menerima pesanan khusus di bawah harga jual. Meskipun pesanan khusus dibawah harga jual perusahaan masih dapat menerima pesanan khusus tersebut, karena harga jual pesanan khusus masih dapat menutupi biaya diferensial. Bagi manajemen perusahaan sebaiknya mampu untuk menerima pesanan khusus, dan menggunakan analisis akuntansi diferensial untuk memperkirakan biaya diferensial yang akan muncul dengan tujuan untuk mempertahankan laba usaha. Kata kunci : akuntansi diferensial, pengambilan keputusan,pesanan khusus
STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN RISIKO PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BEI
Prasetia, Ta’dir Eko;
Tommy, Parengkuan;
Saerang, Ivone S.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 841-965
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (539.036 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4443
Nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan perusahaan dengan cara memaksimumkan nilai saham. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan, tapi penulis hanya meneliti tiga variabel, yaitu struktur modal, ukuran perusahaan dan risiko perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur modal (DER), ukuran perusahaan (Total Asset), risiko perusahaan (Beta) terhadap nilai perusahaan (PBV), secara simultan maupun parsial. Sampel penelitian ini adalah perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI periode 2009-2012 dengan jumlah 10 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji asaumsi klasik dan uji hipotesis serta analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan seluruh variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Stuktur modal mempunyai pengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, risiko perusahaan mempunyai pengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Perusahaan sebaiknya memperhatikan struktur modal, ukuran perusahaan dan risiko perusahaan sehingga dapat meningkatkan harga saham dan berdampak pada nilai perusahaan dimata investor. Kata kunci: struktur modal, ukuran perusahaan, risiko perusahaan, nilai perusahaan.
CITRA MEREK, EKUITAS MEREK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK INDOMIE DIKECAMATAN MALALAYANG 1 BARAT MANADO
Harahap, Zera;
Soegoto, Agus Supandi;
Rotinsulu, Jopie J.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 841-965
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (293.828 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4423
Citra merek, ekuitas merek, dan kualitas pelayanan yang baik adalah asset yang sangat berharga untuk menghasilkan konsumen yang loyal terhadap produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, ekuitas merek, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen produk mie Instan Indomie dari Indofood. Penelitian dilaksanakan di Malalayang 1 Barat. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan asosiatif dan teknik analisis menggunakan regresi linear berganda, uji hipotesis secara simultan dan parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan citra merek, ekuitas merek, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Secara parsial citra merek, dan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lemah terhadap loyalitas konsumen, maka sebaiknya dalam meningkatkan kualitas pelayanan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk., membuka konter-konter khusus yang menjual indomie melalui program promosi perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan interaksi langsung dengan para konsumen, dan manajemen sebaiknya meningkatkan kualitas pelayanan dengan senantiasa melakukan perencanaan pemasaran perusahaan. Kata kunci : citra merek, ekuitas merek, kualitas pelayanan, loyalitas konsumen
PELATIHAN, DISIPLIN KERJA DAN KUALITAS KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PADA PT. PLN (PERSERO) AREA MANADO
Lagale, Denis Gregorius;
Mekkel, Peggy Adeline;
Sepang, Jantje L.
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 841-965
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (389.588 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v2i2.4440
Prestasi kerja bagi karyawan di suatu perusahaan sangat penting, demikian juga menciptakan suatu prestasi kerja adalah impian dan harapan yang harus tercapai. Pelatihan, disiplin kerja dan kualitas kerja adalah beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi kerja seorang karyawan dalam suatu perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada PT. PLN (Persero) area Manado. Populasi penelitian karyawan PT. PLN (Persero) area Manado yang berjumlah 79 orang dan yang dijadikan sampel sebanyak 30 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pelatihan, disiplin kerja, dan kualitas kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. PLN (Persero) area Manado. Metode penelitian asosiatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa disiplin kerja dan kualitas kerja berpengaruh postif terhadap prestasi kerja, sedangkan pelatihan tidak berpengaruh terhadap prestasi kerja pada PT. PLN (Persero) area Manado. Saran yang disampaikan kepada manajemen perusahaan, sebaiknya memperhatikan pelatihan yang akan diberikan kepada para karyawannya, sehingga diharapkan melalui rancangan dan program pelatihan yang tepat akan meningkatkan prestasi kerja karyawan. Kata kunci: pelatihan, disiplin kerja, kualitas kerja, prestasi kerja
MODAL KERJA PENGARUHNYA TERHADAP NET PROFIT MARGIN PADA PERUSAHAAN TAMBANG YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Rolos, Olivia Mada;
Murni, Sri;
Saerang, Ivonne S
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 841-965
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (543.361 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4436
ABSTRAK Modal kerja merupakan salah satu unsur aktiva yang sangat penting dalam perusahaan, karena setiap perusahaan selalu memerlukan modal kerja yang akan digunakan untuk membiayai aktivitas sehari-hari. Modal kerja merupakan asset perusahaan yang harus dipenuhi secara terus menerus sejalan dengan tujuan perusahaan. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal kerja terhadap net profit margin pada perusahaan tambang yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Populasi penelitian sebanyak 37 perusahaan dan sampel yang diteliti 11 perusahaan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan dan perputaran modal kerja berpengaruh signifikan terhadap net profit margin. Secara parsial perputaran kas  tidak berpengaruh signifikan terhadap net profit margin. Saran yang  diberikan kepada manajemen perusahaan adalah untuk memperhatikan tingkat penjualan, karena makin tinggi tingkat penjualan akan meningkatkan keuntungan dan perusahaan juga diharapkan dapat mempertahankan  kas secara efisien agar menghasilkan tingkat perputaran kas yang tinggi. Kata kunci: modal kerja, net profit margin.
EVALUASI PERHITUNGAN PPH PASAL 21 PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS SOSIAL PROVINSI SULAWESI UTARA
Lumintang, Alfryo Toar;
Tinangon, Jantje J.;
Elim, Inggriani
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EMBA, HAL 841-965
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (490.299 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.2.2.2014.4439
Pajak adalah kontribusi wajib pajak kepada negara yang terutang oleh pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-undang (UU), dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat. PPh.Pasal 21 adalah pajak yang dikenakan atas penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan pembayaran lain dengan nama dan dalam bentuk apapun sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan atau sebagai imbalan atas jasa. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi dan mengaplikasikan PPh.Pasal 21 atas penghasilan PNS yang dilakukan di Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan UU Perpajakan No.36 Tahun 2008 ke perhitungan PPh.Pasal 21 Dinas Sosial Provinsi Sulut. Metode analisis yang digunakan metode deskriptif kualitatif, untuk membahas masalah dengan cara mengumpulkan, menguraikan, menghitung, membandingkan dan menjelaskan suatu keadaan sehingga dapat ditarik kesimpulan yang meliputi perhitungan PPh.Pasal 21. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Dinas Sosial Provinsi Sulut sudah menerapkan pelaksanaan sistem perhitungan PPh.Pasal 21 sesuai dengan UU Perpajakan No.36 Tahun 2008. Hal ini dikarenakan tidak adanya selisih dari perhitungan PPh.Pasal 21 dari sampel yang diteliti. Dinas Sosial Provinsi Sulut perlu adanya rincian perhitungan PPh Pasal 21 agar memudahkan masing-masing pegawai untuk mengetahui detail perhitungan PPh Pasal 21 sendiri. Kata kunci: pajak penghasilan, perhitungan pajak