JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles
141 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3"
:
141 Documents
clear
Analisis Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Pengguna Aplikasi Lazada di Kota Manado
Greissela Anggriani Sehangunaung;
Silvya L. Mandey;
Ferdy Roring
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Kepuasan yang dirasakan konsumen merupakan upaya untuk mempertahankan konsumen dan meningkatkan penjualan produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pengguna Aplikasi Lazada Di Kota Manado. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif dengan teknik analisis Regresi Linear Berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan di Kota Manado yang berbelanja online di Lazada. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengumpulan sampel menggunakan pendapat Ferdinand yang menyatakan ukuran sampel tergantung pada jumlah indikator yang digunakan dalam seluruh variabel laten, jumlah sampel adalah jumlah indicator dikali 5. Pada penelitian ini menggunakan 21 indikator, sehingga jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 105 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna Apikasi Lazada di Kota Manado. Kata Kunci: Harga, promosi, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN BARANG PADA AGEN TIKI GARUDA CABANG MANADO
Gabriela Timmerman;
Djurwati Soepeno;
Michael Ch. Raintung
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i3.46430
Tujuan Dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Pada Agen Tiki Garuda Cabang Manado.Tujuan Dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan menggunakan jasa pengiriman barang pada Agen Tiki Garuda Cabang Manado. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dengan penyebaran kuisioner terhadap orang-orang yang pernah melakukan pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi Agen TIKI Garuda Manado dengan jumlah anggota sampel 60 responden. Metode analisis yang digunakan untuk membahas permasalahan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif. Berdasarkan Hasil Penelitian diketahui bahwa: Variabel kehandalan (X1), jaminan (X2), bukti langsung (X3), empati (X4), daya tanggap (X5) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada agen TIKI Garuda Cabang Manado Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
PENGARUH ANALISA FUNDAMENTAL TERHADAP RETURN INVESTASI PADA SAHAM SECOND LINER DI SEKTOR ENERGI PERIODE 2019-2022 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Khusnul Qotimah;
Lintje Kalangi;
Claudia Korompis
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i3.48797
Return investasi saham merupakan suatu ukuran yang akan dilihat oleh investor ketika akan berinvestasi saham. Ketika berinvestasi saham seorang investor harus memahami analisa fundamental untuk melihat dan menilai kinerja dari suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan Earning Per Share (EPS), Price to Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV), Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) dalam Analisa Fundamental terhadap return investasi pada saham second liner periode 2019-2022 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Earning Per Share (EPS), Price to Earning Ratio (PER) dan Debt to Equity Ratio (DER) dalam analisa fundamental berpengaruh secara tidak signifikan terhadap return investasi pada saham second liner. Sedangkan Price to Book Value (PBV) dan Return On Equity (ROE) dalam analisa fundamental berpengaruh secara signifikan terhadap return investasi pada saham second liner. Kemudian secara simultan Earning Per Share (EPS), Price to Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV), Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) dalam analisa fundamental berpengaruh secara signifikan terhadap return investasi pada saham second liner. Kata Kunci: Earning Per Share (EPS), Price to Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV), Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Return Investasi Saham
ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENGELUARAN KAS BELANJA LANGSUNG PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI SULAWESI UTARA
Meliana Rawung;
Treesje Runtu;
Dhullo Afandi
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i3.48798
Menerapkan sistem dan prosedur akuntansi pengeluaran kas sesuai dengan peraturan yang berlaku sangat penting bagi lembaga pemerintah karena bertujuan untuk menilai efektivitas sistem dan prosedur yang diterapkan serta memudahkan proses pengeluaran kas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji kesesuaian prosedur pengeluaran kas belanja Langsung (LS) di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara dengan Peraturan Menteri Keuangan No. 210/PMK.05/2022 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa prosedur pengeluaran kas belanja Langsung (LS) di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara disesuaikan dengan Peraturan Menteri Keuangan No. 210/PMK.05/2022 dan Peraturan pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 sudah dilakukan dengan baik. Kata Kunci: prosedur, pengeluaran kas, belanja
Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Pemasaran dan Biaya Kualitas Terhadap Laba Bersih (Studi pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI Tahun 2018-2020)
Afiansyah Makalalag;
Ventje Ilat;
Stanley Kho Walandouw
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i3.49129
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh biaya produksi, biaya pemasaran dan biaya kualitas terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 27 sampel perusahaan yang terpilih dari 84 perusahaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Pengolahan data penelitian ini menggunakan alat bantu IBM SPSS 26. Hasil dari penelitian ini secara parsial biaya produksi berpengaruh terhadap laba bersih, biaya pemasaran berpengaruh terhadap laba bersih dan biaya kualitas tidak berpengaruh terhadap laba bersih. Kata Kunci: Biaya Produksi, Biaya Pemasaran, Biaya Kualitas, Laba Bersih
Analisis Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban dalam Penilaian Kinerja pada PT. PELNI (Persero) Cabang Tolitoli
Angella Faleria Lumeno
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i3.49133
Akuntansi pertanggungjawaban merupakan suatu sistem yang disusun menurut sifat dan kegiatan suatu perusahaan, sehingga setiap unit dalam perusahaan dapat mempertanggungjawabkan hasil kegiatan yang berada di bawah pengawasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi pertanggungjawaban dalam penilaian kinerja pada PT. PELNI (Persero) Cabang Tolitoli. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan data yang telah terkumpul dari hasil wawancara dan data yang dikumpulkan dari perusahaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada perusahaan belum memadai karena tidak ada pemisahan antara biaya terkendali dan biaya tidak terkendali dalam penyusunan anggaran. Penilaian kinerja pada perusahaan telah dilakukan dengan baik, dengan menerapkan sistem reward dan punishment. Kata kunci: akuntansi pertanggungjawaban, penilaian kinerja, biaya terkendali dan biaya tidak terkendali
Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan pada PT. Pos Indonesia, Kantor Cabang Manado
Veyby Taroreh;
Jullie J. Sondakh;
Djeini Maradesa
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i3.49134
Pos Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa kurir, logistik, dan transaksi keuangan. Sistem pengendalian manajemen diperlukan untuk mengendalikan strategi perusahaan agar berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan perusahaan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas perusahaan diperlukan pengendalian manajemen yang baik dari perusahaan, agar dapat menghasilkan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu, untuk mengetahui apakah proses sistem pengendalian manajemen sudah diterapkan dengan baik, sehingga mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan analisis perbandingan antara data dan teori sistem pengendalian manajemen. Dari hasil analisis data yang dilakukan, menunjukan bahwa proses perencanaan strategisnya belum diterapkan secara maksimal dikarenakan PT. Pos Indonesia, Kantor Cabang Manado hanya melaksanakan program kerja yang dibagikan oleh Kantor Pusat. Namun pada proses penyusunan anggaran, pelaksanaan, serta evaluasi kinerja sudah diterapkan dengan benar, dan menghasilkan pengaruh yang baik sehingga mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Kata Kunci: sistem pengendalian manajemen, kinerja perusahaan
PENGARUH RETURN ON ASSET, DEBT TO ASSET RATIO DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN BUILDING CONSTRUCTION DI BURSA EFEK INDONESIA
Andika Arrahman Andika;
Sri Murni;
Maryam mangantar
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i3.49219
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Return On Asset, Debt to Asset Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Building Construction di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 15 perusahaan dari 17 populasi yang ada. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Return On Asset tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Debt to Asset Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan dan Debt to Equity Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan secara simultan Return On Asset, Debt to Asset Ratio dan Debt to Equity Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Kata Kunci: Return On Asset, Debt to Asset Ratio, Debt to Equity Ratio, nilai perusahaan
Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Produk Tabungan Emas Pada PT.Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara
Seniar Julita Pepah;
Frederik Worang;
Imelda Ogi
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i3.48309
Salah satu produk yang ditawarkan oleh PT Pegadaian (Persero) adalah tabungan emas yang dapat menj adi solusi bag masy arakat untuk berinvestasi dengan proses yang mudah dan cepat. Tabungan Emas merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui dan menganalisis strategi marketing dalam meningkatkan produk tabungan emas pada PT. Pegadaian (Persero) cabang Manado Utara, 2) untuk mengetahui pengelolaan produk tabungan emas pada PI. Pegadaian (Persero) cabang Manado Utara, dan 3) untuk mengetahul apakah strategi marketing yang dilakukan dapat memberikan dampak positit atau keuntungan bag PI. Pegadaian (Persero) cabang Manado Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatil deskriptit, pengambilan data menggunakan teknik wawancara observasi dengan samper pimpinan, karyawan, dan nasabah pada P I. Pegadaian (Persero) cabang Manado Utara. Hasil penelitian in menunjukkan bahwa strategi marketing dalam meningkatkan produk tabungan emas pada P I. Pegadaian (Persero) cabang Manado Utara y aitu melakukan kegiatan pemasaran menggunakan strategi 4p, yaitu strategi produk, harga, promos, dan tempat/lokasi, sehingga strategi marketing yang dilakukan oleh PT. Pegadaian (Persero) Cabang Manado sudah berjalan dengan baik. Pengelolaan produk tabungan emas pada PI. Pegadaian (Persero) cabang Manado Utara yantu dengan mengelola rekening nasabah dan menyetor serta dana nasabah serta melakukan transaksi pada har itu. Strategi marketing yang dilakukan dapat memberikan dampak positif atau Keuntungan bag PT. Pegadaian (Persero) cabang Manado Utara, yaitu dapat mengelola dana titipan nasabah dan di back-up dengan emas.
PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI FRESHMART SUPERSTORE BAHU MANADO TERKAIT PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM PENCEGAHAN COVID19 (STUDI PADA KONSUMEN FRESHMART SUPERSTORE BAHU MANADO)
Greini Sasambe;
James D. D. Massie;
Mirah Rogi
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.35794/emba.v11i3.48358
Freshmrat Superstore Bahu Manado adalah pusat pembelanjaan terbesar di Manado, di masa pandemic covid-19 freshmart menetapkan adanya penjualan secara online sehingga masyarakat tidak perlu melakukan pembelian secara langsung. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh produk, harga, dan promosi terhadap minat beli konsumen di freshmart superstore bahu manado terkait protocol kesehatan dalam pencegahan covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda. sampel yang digunakan accidental sampling suatu metode penentuan sampel dengan mengambil responden yang berbelanja di tempat penenlitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian uji t atau parsial menunjukkan bahwa kualitas produk dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Secara simultan produk, harga dan promosi berpengaruh terhadap minat beli di freshmart superstore bahu manado. Freshmart superstore bahu, sebaiknya selalu menciptakan inovasi baru dan mempertahankan kualitas produk, harga dan promosi agar dapat meningkatkan minat beli konsumen. Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Minat Beli