cover
Contact Name
Brave A. Sugiarso
Contact Email
brave@unsrat.ac.id
Phone
+6282195447295
Journal Mail Official
ejournal.informatika@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Unsrat, Jl. Kampus Unsrat Bahu, Kec. Malalayang, Manado 95115
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
Jurnal Teknik Informatika
ISSN : 23018364     EISSN : 26856131     DOI : https://doi.org/10.35793/jti
Rekayasa Perangkat Lunak, IoT, Big Data, Cyber Security, Cloud Computing, Multimedia, Grafika Komputer
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika" : 24 Documents clear
Penentuan Besaran Uang Kuliah Tunggal untuk Mahasiswa Baru di Universitas Sam Ratulangi Menggunakan Data Mining Karim, Budianto; Sentinuwo, Steven; sambul, alwin
Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.11.1.2017.16555

Abstract

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan peraturan Nomor 55 Tahun 2013 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada PTN di lingkungan Kemendikbud. Penentuan UKT dilakukan dengan wawancara dan mengisi formulir yang disediakan oleh pihak kampus. Pada saat penerimaan Mahasiswa baru pihak kampus akan mengalami kesulitan dan memerlukan waktu yang cukup lama dalam menentukan kategori UKT yang tepat karena jumlah mahasiswa yang begitu banyak. Oleh karena itu, dengan menggunakan teknik data mining akan mempermudah dalam penetapan kelompok UKT dengan menerapkan algoritma C4.5 dengan delapan parameter sebagai inputan yang diambil dari data mahasiswa. Pada penelitian ini dilakukan dua percobaan, untuk percobaan pertama dilakukan dengan jumlah data 80 dengan hasil akurasi sebesar 50% dan percobaan kedua dengan jumlah data 115 dengan hasil akurasi sebesar 52,63%. Dari penelitian tersebut diketahui jumlah data sangat berpengaruh dalam hasil pengujian.
Prediksi Masa Studi Mahasiswa dengan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes amelia, mongan winny; Lumenta, Arie S.M; Jacobus, Agustinus
Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.11.1.2017.17652

Abstract

  Data mining adalah teknik yang memanfaatkan data dalam jumlah yang besar untuk memperoleh informasi berharga yang dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan penting. Data kelulusan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi menghasilkan data akademik mahasiswa yang berpengaruh pada kualitas perguruan tinggi lewat akreditas yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional atau BAN-PT. Naïve Bayes merupakan algoritma yang dapat digunakan untuk prediksi masa studi mahasiswa yang bisa dikategorikan tepat waktu, terlambat dan tidak lulus. Dengan menggunakan data mining khususnya klasifikasi untuk prediksi dengan algoritma naïve bayes dapat dilakukan prediksi terhadap ketepatan waktu studi dari mahasiswa berdasarkan data training yang ada.. Pengujian yang dipakai yaitu k-fold cross validation 10-fold. Hasil pengujian didapat nilai akurasi rata-rata sebesar 85.17 % sedangkan nilai akurasi tertinggi sebesar 88.96 %. Kata kunci : Naïve Bayes, K-Fold Cross Validation, Data Mining, Prediksi.
Implementasi Location Based Service untuk Aplikasi Mobile City Directory Studi Kasus Kota Kotamobagu Sumitro, Agus Adhi; sinsuw, alicia; B.N. Najoan, xaverius
Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.11.1.2017.16925

Abstract

 Kota Kotamobagu adalah sebuah kota yang dimekarkan dari kabupaten Bolaang Mongondow pada tahun 2007, data dari pemerintah Kota Kotamobagu luas wilayah Kotamobagu adalah 184,33 KM2 dan jarak Kota Kotamobagu ke ibukota provinsi Manado adalah ± 180 KM dengan jalur darat dapat ditempuh kurang lebih 4 jam perjalanan, jumlah penduduk pada tahun 2012 sebesar 108.794. Biasanya baik penduduk lokal maupun wisatawan terkadang kebingungan dalam mencari suatu tempat atau lokasi di Kotamobagu seperti pada awal bulan agustus 2016, bertepatan dengan adanya kegiatan Kuliah kerja terpadu ke 112 oleh mahasiswa Unsrat teman-teman penulis dari Manado setelah berkunjung ke daerah Bolaang mongondow timur mereka berkunjung ke Kotamobagu untuk mencari lokasi SPBU sangat disayangkan waktu berharga mereka harus terbuang percuma dikarenakan mereka membutuhkan waktu sektar 1 jam lebih mencari lokasi SPBU untuk mengisi bahan bakar pada kendaraannya. Oleh karena itu penulis berkeinginan mengembangkan sebuah aplikasi City Directory dengan mengimplementasikan Location Based Service menggunakan metode Rapid Application Development. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah karya berupa aplikasi yang memuat konten-konten lokal dari Kotamobagu, dimana aplikasi ini memanfaatkan Firebase sebagai backend, Global positioning system pada gogle maps, serta mengimplementasikan Location based service pada aplikasi City Directory ini yang akan berjalan pada sistem operasi android yang diharapkan dapat bermanfaat bagi pengguna aplikasi baik penduduk lokal maupun wisatawan, pelaku usaha, dan pemerintahan kota.
Rancang Bangun Purwarupa Sistem Rekam Medik Portable Pondaag, Gratia C.; Najoan, Xaverius B. N.; sambul, alwin
Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.11.1.2017.16746

Abstract

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tahun 2008, rekam medik adalah berkas yang berisikan identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Di Indonesia, sebagian besar rekam medik pasien hanya ada di rumah sakit atau dokter praktek tempat pasien pernah memeriksakan kesehatannya. Hal ini membuat riwayat penyakit pasien beserta obat-obatan yang pernah dikonsumsi tidak diketahui saat pasien harus berganti dokter atau rumah sakit. Kondisi ini dapat menyebabkan dokter mengambil keputusan yang kurang tepat karena ketidaktahuannya akan riwayat kesehatan pasien.Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun purwarupa sistem rekam medik portable. Dengan adanya sistem ini, saat pasien dirawat di rumah sakit lain ataupun memeriksakan kesehatan di dokter praktek lain, dokter bisa memberikan penanganan yang tepat. Hal ini dikarenakan  data mengenai riwayat penyakit pasien dan obat-obatan yang pernah dikonsumsi tersimpan dalam rekam medik portable.Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data berupa model-model rekam medik yang digunakan pada rumah sakit, puskesmas, dan klinik. Data tersebut digunakan untuk menghasilkan suatu aplikasi sistem rekam medik yang dapat membuat dan membaca data rekam medik yang tersimpan dalam flashdisk.Setelah selesai dibangun, aplikasi kemudian diuji menggunakan metode Blackbox testing. Hasilnya menunjukkan cara kerja dari aplikasi telah berjalan sesuai dengan yang telah direncanankan sebelumnya.
Rancang Bangun Sistem Pengendalian Perangkat Listrik Berbasis Web Server Menggunakan Mini PC Raspberry Pi Studi Kasus Gedung Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Nurkamiden, Mohamad Reza; Najoan, Meicsy E. I.; Putro, M. Dwisnanto
Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.11.1.2017.15980

Abstract

 Konservasi Energi listrik adalah salah satu bentuk penghematan energi listrik secara efisien tanpa mengurangi penggunaan energi listrik yang dibutuhkan. Khususnya di Perguruan Tinggi UNSRAT konservasi energi listrik masih menjadi wacana dan belum terealisasi. Sebagai contoh di gedung fakultas teknik UNSRAT penggunaan sumber energi listrik masih belum dapat di kendalikan karena masih banyak peralatan listrik yang tetap menyala saat tidak sedang di gunakan. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem atau teknologi yang dapat mengendalikan penggunaan energi listrik di gedung tersebut. Berdasarkan masalah tersebut maka peneliti membuat sebuah sistem pengendalian perangkat listrik berbasis Web Server dengan menggunakan Mini PC Raspberry Pi dan sebuah peralatan kendali perangkat listrik menggunakan Relay Module. Dengan menerapkan sistem tersebut maka penggunaan energi listrik bisa lebih terkendali sehingga berefek pada efisiensi penggunaan sumber energi listrik.
Animasi 3 Dimensi Penyakit Jantung Koroner Pada Manusia Balamba, Muhammad Kemal; Lumenta, Arie S. M.; Sugiarso, Brave A.
Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.11.1.2017.16973

Abstract

 Penyakit Jantung Koroner merupakan penyakit yang sangat ditakutkan oleh banyak orang. Gelaja dan penyebabnya sampai sekarang masih sulit dideteksi dan didiagnosa. Informasi dan pengetahuan tentang penyakit jantung koroner, gelaja, penyebab, cara pencegahan dan pengobatan masih terbatas. Kurangnya pengetahuan dari masyarakat membutuhkan pengetahuan, informasi dan sistem pembelajaran tentang penyakit jantung koroner dalam bentuk video animasi 3 dimensi.Pada pembuatan video animasi 3 dimensi ini, proses dimulai dengan menentukan ide dan tema, studi literatur, mengumpulkan data sehingga merancang storyboard. Setelah itu melakukan proses modeling, teksturing, riging, animating camera operation, hingga dapat direndering dengan menggunakan aplikasi blender dan makehuman, untuk kemudian menjadi bagian-bagian adegan dari video animasi 3 dimensi. Setelah proses pembuatan adegan selesai, maka dilanjutkan proses penggabungan adegan yang telah dibuat di aplikasi blender dan penambahan teks serta audio menggunakan aplikasi Wondershare Filmora dan Audacity. Tahap terakhir adalah proses final rendering yang menghasilkan video animasi 3 dimensi secara keseluruhan menjadi format file.mp4 beresolusi 720x576 pixel berdurasi 5 menit 55 detik dan ukuran file 163 MB
Penerapan Augmented Reality 3 Dimensi Berbasis Android Untuk Menentukan Letak Perabot Dalam Rumah Lolowang, Roland T; Lumenta, Arie S. M.; Putro, Muhamad
Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.11.1.2017.16921

Abstract

Perabot merupakan bagian yang ada dalam rumah, dengan adanya perabot orang dapat merasa nyaman berada dalam rumah. Dalam mengatur perabot dalam rumah harus memindahkan suatu perabot dari suatu tempat ke tempat lain, ini membuat waktu dan tenaga terkuras. Berdasarkan masalah tersebut peneliti membuat sebuah sistem yang menggunakan Augmented Reality dengan platform Android. Augmented Reality sendiri merupakan teknologi yang menggabungkan objek maya dengan objek nyata ke dalam suatu lingkungan nyata secara real-time. Augmented Reality (AR) adalah penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata dan terdapat integrasi antar benda dalam iga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata. Dengan menerapkan Augmented Reality pada Android kita dapat melihat perabot yang ingin dipindahkan pada layar Android, maka akan membantu untuk menentukan posisi perabot. Dalam hasil penelitian ini terdapat 14 perabot yang dapan di scan, masing-masing perabot tersebut memiliki 3 warna.
Rancang Bangun Aplikasi Agenda Kegiatan Pimpinan (Studi Kasus : Rektorat Unsrat) mandolang, arthur; Rindengan, Yaulie Deo Y.; sentinuwo, steven
Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.11.1.2017.16556

Abstract

Pimpinan Universitas Sam Ratulangi atau Rektor Unsrat biasanya memiliki banyak kegiatan. Pengaturan kegiatan tidak mungkin dikelola dan dikoordinasi sendiri. Untuk itu pimpinan Unsrat memerlukan seorang sekretaris untuk membantu pekerjaanya. Informasi kegiatan pimpinan biasanya disajikan melalui media kertas ecara berulang-ulang sehingga kadang-kadang terjadi kelalaian pada pencatatan agenda yang disebabkan terjadi perubahan jadwal pimpinan secara tidak terduga. Kehadiran aplikasi mobile dapat membantu penyajian susunan agenda pimpinan dan dapat menjadi alternatif bagi permasalahan diatas. Dalam penelitian menggunakan fremework Ionic untuk membuat suatu aplikasi mobile agenda pimpinan dan memanfaatkan pengiriman JSON data yang disimpan pada server sehingga dapat memnyajikan data agenda ke dalam aplikasi mobile yang dibuat. Akhir dari penelitian ini penulis menjalankan kuesioner kepada orang terkait yang dianggap kompeten yaitu sekretaris pimpinan Rektor Unsrat. Berdasarkan hasil dari kuesioner penulis mendapat kesimpulan bahwah aplikasi yang dihasilkan bermanfaat untuk pekerjaan pembuatan agenda Rektor
Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Furniture pada Galeri Ukir Mebel Berbasis Web wicaksono, andi; Lumenta, Arie S.M; Sugiarso, Brave A.
Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.11.1.2017.17653

Abstract

Dalam membangun suatu sistem informasi yang baik diperlukan adanya rancangan yang dapat memberikan kemudahan bagi para penggunanya.Tidak hanya memberikan kemudahan bagi para penggunanya tetapi juga sistem informasi tersebut dapat memberikan informasi yang cepat dan akurat. Galeri Ukir Mebel merupakan sebuah usaha menengah yang bergerak di bidang kerajinan mebel seperti kursi tamu, meja makan, lemari, dan lain-lain. Informasi yang di berikan Galeri Ukir Mebel hanya bisa mempromosikan sekitar wilayah tertentu degan cara penawaran manual dalam hal penjualan, dimana pelanggan masih menggunakan sistem konvensional dan hanya memesan barang yang sudah ada, belum adanya sistem informasi yang mempromosikan Galeri Ukir Mebel secara online.Peneliti mengususlkan sebuah sistem yang dapat memasarkan kerajinan mebel dari Galeri Ukir Mebel melalui internet dan dapat menyimpan dan memproses data pemesanan pelanggan agar lebih efisisen. Websitedikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan Mysql sebagai basis datanya. Metode pengembangan sistem yang digunakan  adalah Rapid Application  Development (RAD), Data Flow Diagram (DFD) sebagai penggambaran sistem dan Adobe Dreamwever CS6 sebagai editor profesional untuk mendesain Web secara visual. Pada Sistem Informasi Penjualan Furniture pada Galeri Ukir Mebel berbasis Web ini, pemilik bisa mempromosikan hasil produksinya kepada konsumen dengan lebih efisien, serta memberikan informasi yang akurat seputar produk. Konsumen juga memperoleh kemudahan dalam mengakses ketersediaan barang produksi sehingga berpotensi untuk meningkatkan angka penjualan hasil produksi. Sistem penjualan ini dapat membantu Galeri Ukir Mebel sebagai media penjualan dan mempromosikan hasil produksinya kepada konsumen dengan lebih mudah, serta memberikan informasi mengenai update barang hasil produksi dengan lebih cepat. Kata kunci : Sistem, E-Commerce, Furniture, Entity Relationship Diagram, Rapid Application Development
Implementasi Algoritma Pengenalan Wajah Untuk Mendeteksi Visual Hacking Alexander, Luisan William; Sentinuwo, Steven; sambul, alwin
Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35793/jti.11.1.2017.16969

Abstract

Visual Hacking merupakan sebuah isu keamanan dan privasi data yang perlu diperhatikan saat ini, dimana visual hacking berfokus pada pencurian informasi yang terpampang pada tampilan elektronik, seperti layar monitor komputer. Isu ini dapat terjadi ketika pengguna membiarkan informasi terpampang pada layar komputer sehingga dapat dilihat oleh siapa saja. Pada penelitian ini, dibuatlah sebuah aplikasi berbasis computer vision dengan tujuan mengimplementasikan algoritma pengenalan wajah eigenface untuk mendeteksi visual hacking. Penelitian ini menggunakan framework Viola-Jones dan fitur Local Binary Pattern (LBP) untuk mendeteksi wajah. Aplikasi yang dibuat dapat mengenali wajah pengguna dan akan mengeluarkan jendela peringatan jika terdeteksi wajah pengintip. Jika tidak terdeteksi wajah atau yang terdeteksi bukan wajah pengguna, aplikasi akan mengeluarkan jendela peringatan besar untuk menutupi informasi pada monitor. Aplikasi diuji pada ruangan dengan kondisi eksperimen terkontrol. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi berhasil mendeteksi ancaman visual hacking dengan waktu kecepatan deteksi wajah 2.7003 detik serta tingkat akurasi pengenalan wajah 94%.

Page 1 of 3 | Total Record : 24


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 19 No. 04 (2024): Jurnal Teknik Informatika Vol. 19 No. 03 (2024): Jurnal Teknik Informatika Vol. 19 No. 02 (2024): Jurnal Teknik Informatika Vol. 19 No. 01 (2024): Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 4 (2023): Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 3 (2023): Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 2 (2023): Jurnal Teknik Informatika Vol. 18 No. 1 (2023): Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 4 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol. 17 No. 3 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Teknik Informatika Vol 16, No 4 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 3 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 2 (2021): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 4 (2020): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 3 (2020): Jurnal Teknik Informatika Vol 15, No 2 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 15, No 1 (2020): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA Vol 14, No 4 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 3 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 14, No 1 (2019): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 4 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 3 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 2 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Teknik Informatika Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 10, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 8, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Teknik Informatika Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Teknik Informatika Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Teknik Informatika Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Teknik Informatika Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Teknik Informatika Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Teknik Informatika More Issue