cover
Contact Name
Indriyanti
Contact Email
indriyanti.iyt@bsi.ac.id
Phone
+6285643793653
Journal Mail Official
jurnal.khasanahilmu@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Ringroad Barat, Gamping Kidul, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya
ISSN : 26555433     EISSN : 2527449X     DOI : http://dx.doi.org/10.31294/khi
Core Subject : Social,
Jurnal Khasanah Ilmu sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada masyarakat luas. Situs Jurnal Khasanah Ilmu menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal kami adalah jurnal ilmiah nasional yang merupakan sumber referensi akademisi di bidang Pariwisata, Perhotelan dan Budaya.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019" : 10 Documents clear
Upaya Meningkatkan Kinerja Barista Untuk Mengurangi Keluhan Tamu Di Rock Gilis Coffee Lombok Lutfi Rahman; Emmita Devi Hari Putri
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.219 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i1.5620

Abstract

Abstract - The restaurant is a building used to sell food and beverages, equipped with service equipment and provide the best service for guests. The bar running from drinks production to drinks. Poor barista performance can affect the quality of drinks served to guests. The method used in this research is descriptive qualitative and data collection techniques used in this research are observation, interview, documentation and literature study. The results of this study is the performance of baristas are still not good because it does not follow the operational standards that have been set by the company. This is because such as changing the drink recipe that has been provided by the company. By changing the recipe will change the taste of the drink and not in accordance with the standard taste of the drink. In addition, the barista also lacks a sense of responsibility, discipline, initiative and less effective and efficient in working so as to make operations not running smoothly. Services that are still less good to guests cause guests to feel not noticed and will lead to complaints from guests at Rock Gilis Coffee Lombok. Keyword: Barista Perfomance, Guest Complaints, Services Abstrak - Restoran adalah sebuah bangunan yang digunakan untuk menjual makanan dan minuman yang dilengkapi dengan peralatan serta memberikan pelayanan terbaik bagi tamu. Salah satunya adalah bar departemen yang menyediakan pelayanan minuman. Bar melayani mulai dari pembuatan minuman sampai dengan menyajikan minuman. Kinerja barista yang kurang baik dapat mempengaruhi kualitas minuman yang disajikan kepada tamu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengambilan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja barista yang masih kurang baik karena tidak tidak mengikuti standar operasional yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal tersebut dikarenakan barista sering mengubah resep minuman yang sudah disediakan oleh perusahaan. Mengubah resep maka akan mengubah rasa minuman dan tidak sesuai dengan standar rasa minuman. Selain itu barista juga kurang mendapatkan motivasi, pelatihan, dan briefing secara rutin untuk meningkatkan semangat bekerja dan meningkatkan kinerja selama operasional berlangsung, barista kurang memiliki rasa tanggungjawab, kedisiplinan, inisiatif dan kurang efektif dan efisien dalam bekerja sehingga membuat operasional tidak berjalan dengan lancar. Pelayanan yang masih kurang baik kepada tamu juga menyebabkan tamu merasa tidak diperhatikan dan akan menimbulkan terjadinya keluhan dari tamu di Rock Gilis Coffee Lombok. Kata kunci: Kinerja Barista, Keluhan Tamu, Pelayanan
Kemampuan Wanita Pengusaha ”Home Industry” Makanan Di Kecamatan Kretek M. Agus Prayudi
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.637 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i1.5618

Abstract

Abstract - In this modern era, the role of women is increasingly widespread, in various professions, women have a balanced position of men. Including women entrepreneurs '' Home Industry '' food. Thus this study aims to find out how much the entrepreneurial skills of entrepreneurs ‘'home industry’' food is, and the factors that constrain business women '' Home Industry '' food in its management. The population of this study is the 'Home Industry' business women in Kretek Bantul sub-district. The sample was taken by random sampling, each village was taken by 3 female entrepreneurs, so that all sub-districts of the study were 15 (fifteen) people. The method of data collection uses the questionnaire method and is equipped with guided interview methods. Data analysis techniques use percentage techniques. The conclusions of this study are as follows. (1) women entrepreneurs '' Home Industry '' in Kretek sub-district capable of being unable to manage businesses (53%), (2) factors that become constraints on managing women's business ''Home Industry'' in Kretek sub-district are: ( a) living expenses of family members (93%), (b) technological progress (93%), (c) promotional costs through media (87%), (d) competition between entrepreneurs (73%), and (e) capital ( 67%). It is recommended that there be coaching and training for women entrepreneurs 'home industries' in the field of business management, financial accounting, media use, and business arrangements in accordance with the environment, and the provision of low interest capital and easy procedures. Keywords : Entrepreneurship, Women, Home Industry food Abstrak - Pada masa modern ini, peran wanita semakin luas, di dalam berbagai profesi, wanita telah memiliki kedudukan seimbang kaum laki-laki. Termasuk wanita pengusaha ’’Home Industry’’ makanan. Dengan demikian penelitian ini bertujuan ingin mengetahui seberapa besar kemampuan berwirausaha wanita pengusaha ’’Home Industry’’ makanan, dan faktor-faktor yang menjadi kendala para wanita pengusaha ’’Home Industry’’ makanan dalam pengelolaannya. Populasi penelitian ini adalah para wanita pengusaha ’’Home Industry’’ makanan di kecamatan Kretek Bantul. Sampel diambil secara random sampling, masing-masing desa diambil 3 orang pengusaha wanita, sehingga seluruh kecamatan subyek penelitian sebanyak 15 (lima belas) orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dilengkapi metode interviu terpimpin. Teknik analisis data menggunakan teknik prosentase. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) wanita pengusaha ’’Home Industry’’ makanan di kecamatan Kretek berkemampuan kurang mampu dalam mengelola usaha (53%), (2) faktor yang menjadi kendala pengelolaan usaha wanita pengusaha ’’Home Industry’’ makanan di kecamatan Kretek adalah : (a) biaya hidup anggota keluarga (93%), (b) kemajuan teknologi (93%), (c) biaya promosi melalui media (87%), (d) persaingan antar pengusaha (73%), dan (e) permodalan (67%). Disarankan perlu diadakan pembinaan dan pelatihan bagi wanita pengusaha ’’Home Industry’’ makanan dalam bidang manajemen usaha, pembukuan keuangan, pemakaian media, dan pengaturan usaha sesuai lingkungan, dan penyediaan permodalan berbunga ringan dan prosedur mudah. Kata kunci : Wirausaha, Wanita, Home Industry makanan.
Preferensi dan Kesediaan Konsumen Membayar Salak Pondoh Organik Endro Isnugroho; Susilo B. Winarno
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.406 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i1.5619

Abstract

Abstract – Salak Pondoh Sleman has received Geographical Indication protection. Geographical Indication is part of Intellectual Property Rights (IPR) which is a universal concept showing the origin of the quality and characteristics of an item. This product is characterized as an organic with international standard management in the Sleman Regency. This study aims to predict the willingness of consumers to pay (willingness to pay or WTP) salak pondoh products that already have previlege available in the Sleman domestic market, with the intention of the results can be used to provide useful insights in outlining the promotion strategy of organic zalaka products, especially in the salak pondoh labeling program. In order to build a description and choice inference for purchasing salak pondoh, a structured questionnaire instrument was presented to 220 respondents with a purposive sampling method. The characteristics and descriptions of purchasing preferences of zalacca were measured by Chi Square analysis and to determine the effect of product brand image variables (brand image) and brand awareness on the willingness of consumers to pay (WTP) regression analysis was used. This brand variable as a proxy for premium salak pondoh products has received geographical indication protection. The results showed that differences in education levels and differences in the magnitude of consumer spending determine the preference for purchasing premium type of salak pondoh, which is zalacca with a relatively high price. Brand image and product awareness have a positive effect on the willingness of consumers to pay for premium products. The obstacle in this study is that at the time of research the availability of premium zalacca products based on both types of seeds and organic management was minimal in the market, resulting in relatively high price differences between organic or superior types and ordinary salak pondoh. Keywords: geographical indications of salak pondoh, willingness to pay, brand equity, organic Abstrak - Salak Pondoh Sleman telah mendapatkan perlindungan Indikasi Geografis. Indikasi Geografis merupakan bagian dari Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang merupakan konsep universal menunjukkan asal kualitas dan karakteristik suatu barang. Produk ini dicirikan sebagai organik dengan pengelolaan berstandar internasional di wilayah Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi kesediaan konsumen membayar (willingness to pay or WTP) produk salak pondoh yang telah memiliki previlege yang tersedia di pasar domestik Sleman, dengan maksud hasilnya dapat dipergunakan untuk memberikan wawasan bermanfaat dalam menguraikan strategi promosi produk salak organik, terutama dalam program pelabelan salak pondoh. Guna membangun suatu deskripsi dan inferensi pilihan pembelian salak pondoh digunakan instrumen kuesioner terstruktur disajikan kepada 220 orang responden dengan metode purposive sampling. Karakteristik dan deskripsi dari preferensi pembelian salak pondok diukur dengan analsis Chi Square dan untuk mengetahui pengaruh variabel imej merek produk (brand image) dan kesadaran merek (brand awareness) terhadap kesediaan konsumen membayar (WTP) digunakan analisis regresi. Variabel merek ini sebagai proksi pada produk premium salak pondoh telah mendapatkan perlindungan indikasi geografis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan tingkat pendidikan dan perbedaan besarnya pengeluaran konsumen menentukan preferensi dalam pembelian salak pondoh jenis premium yaitu salak dengan harga yang relatif tinggi. Imej merek (brand image) dan kesadaran produk (brand awareness) berpengaruh positif terhadap kesediaan konsumen membayar produk premium. Kendala dalam penelitian ini adalah pada saat penelitian ketersediaan produk salak premium baik berdasarkan jenis bibit maupun pengelolaan organik sangat minim di pasaran, sehingga terjadi perbedaan harga relatif tinggi antara salak organik atau jenis unggul dan salak pondoh biasa. Kata kunci: hak indikasi geografis salak pondoh, kesediaan membayar, ekuitas merek, organic
Perencanaan Pengembangan Destinasi Wisata Menggunakan Analisis MSP+DM Setiawan Priatmoko
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.697 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i1.5624

Abstract

Abstract - This methodology tools approach was conducted to design an analysis for the development of community-based tourism areas planning. The initial condition of an area needs to be determined first in a measurable quantitatively manner so that its development and goals can be established and more easily being evaluated. The variables used are elements in a tourism business activity, namely: Marketibility, Sustainability, Participatory, and Disaster Mitigation (MSP + DM). The conversion of several variables quantitatively becomes a value scale to measure of the attractions and tourism potential in the destination area. Keywords: Community Based Tourism, Marketing, Sustainability, Participatory, Disaster Mitigation, MSP + DM Abstrak - Penelitian ini dilakukan untuk merancang sebuah analisis untuk pengembangan kawasan wisata berbasis masyarakat. Kondisi awal sebuah kawasan perlu ditetapkan secara terukur agar pengembangan dan starteginya dapat ditetapkan dan lebih mudah dievaluasi. Variabel yang digunakan adalah unsur-unsur dalam sebuah aktifitas bisnis kepariwisataan yaitu: Kepemasaran/Marketibility, Keberlanjutan/Sustainibility, Parisipatif/Participatory, dan Mitigasi Bencana/Disaster Mitigation (MSP+DM). Pengkonversian beberapa variabel tersebut secara kuantitatif menjadi skala nilai untuk mengukur atraksi dan potensi wisata yang ada di kawasan pengembangan. Kata Kunci : Pariwisata Berbasis Masyarakat, Kepemasaran, Keberlanjutan, Partisipatif, Mitigasi Bencana, MSP+DM
Perilaku Minat Wisatawan Terhadap Ekowisata Hutan Mangrove Baros Bantul I Putu Hardani HD
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.149 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i1.5622

Abstract

Abstract - The purpose of this study was to determine the behavioral interest of tourists who visited the Baros Bantul Mangrove Forest Ecotourism destination. To this end, field surveys have been carried out on the Baros Bantul Mangrove Ecotourism Center as a center for ecotourism for Mangrove Forests in Bantul. The survey was received from 100 participants consisting of tourists visiting the Baros Bantul Mangrove Forest Ecotourism. After the analysis, an assessment of the interest of tourists in the area was carried out. Research findings The need to develop a program of development activities that combines the potential of nature and culture to attract more tourist visits Introducing and promoting the tourism potential of Baros Mangrove, Development of facilities and infrastructure, Increasing the capacity of human resources in the local community in managerial training and technical training on welcoming tourists and Improving access to the Mangrove Tourism Baros Bantul Keywords: Ecotourism Tourist Visits, Interests, Visitors, Baros Bantul Mangrove Ecotourism Abstrak – Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku minat wisatawan yang mengunjungi tujuan Ekowisata Hutan Mangrove Baros Bantul. Untuk tujuan ini, survei lapangan telah dilakukan di Ekowisata Hutan Mangrove Baros Bantul sebagai pusat ekowisata Hutan Mangrove di Bantul . Survei diterima dari 100 peserta yang terdiri atas wisatawan yang berkunjung ke Ekowisata Hutan Mangrove Baros Bantul . Setelah analisis, dilakukan penilaian tentang minat wisatawan di daerah tersebut. Temuan penelitian Perlunya mengembangkan program kegiatan pengembangan yang menggabungkan potensi alam dan budaya untuk ;lebih menarik minat kunjungan wisatawan. Mengenalkan dan mempromosikan potensi wisata Mangrove Baros, Pengembangan sarana dan prasarana, Peningkatan kemampuan SDM masyarakat lokal dalam pelatihan manajerial dan pelatihan teknis penyambutan wisatawan serta Pebaikan akses menuju ke Wisata Mangrove Baros Bantul Kata kunci: Perilaku Kunjungan Wisatawan Ekowisata, Minat, Pengunjung, Ekowisata Hutan Mangrove Baros Bantul
Pengaruh Inovasi Dan Pengambilan Risiko Terhadap Perkembangan Wirausaha Muda Dalam Bidang Kuliner Di Wilayah Binong Tangerang Juliana Juliana
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1036.7 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i1.5623

Abstract

Abstract - This research was conducted to find out whether there is a significant influence between the variables of innovation and risk taking on the development of young entrepreneurs who run their businesses in the culinary field in the Binong area of Tangerang. The population of this study is young entrepreneurs in the culinary field in the Binong area of Tangerang. The sampling method is done by purposive sampling technique. The method of data collection is done by questionnaire method by giving questionnaires to 50 respondents. All data analysis techniques use the IBM SPSS Statistics 22 program. Test assumptions have shown that all data has passed the assumption requirements. Based on the results of the partial t test, it shows a hypothesis that the innovation variable is not significant to the development of young entrepreneurs who run culinary businesses in the Binong area of Tangerang. Whereas the risk taking variable has a significant influence on the development of young entrepreneurs who run culinary businesses in the Binong area of Tangerang. Keywords: Innovation, risk taking, entrepreneur,culinary Abstrak - Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel inovasi dan pengambilan risiko terhadap perkembangan wirausaha muda yang menjalankan usahanya dalam bidang kuliner wilayah Binong Tangerang. Populasi dari penelitian ini adalah wirausaha muda di bidang kuliner yang berada di wilayah Binong Tangerang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel tak acak bertujuan (Purposive sampling). Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode angket / kuesioner dengan memberikan kuesioner kepada 50 responden. Semua teknik analisis data menggunakan program IBM SPSS Statistics 22. Uji asumsi telah menunjukkan bahwa seluruh data telah lolos dari persyaratan asumsi. Berdasarkan hasil dari uji t parsial menunjukkan sebuah hipotesis bahwa variabel inovasi tidak signifikan terhadap perkembangan wirausaha muda yang menjalankan usaha kuliner di wilayah Binong Tangerang. Sedangkan untuk variabel pengambilan risiko memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan wirausaha muda yang menjalankan usaha kuliner di wilayah Binong Tangerang. Kata Kunci : Inovasi, pengambilan risiko,wirausaha, kuliner
Studi Tentang Kepuasan Wisatawan Dampak Dari Pengembangan Wisata Di Bali Ndeso Kampung Flory Sebagai Wisata Alam Dan Kulineri Wisnu Hadi
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.973 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i1.5621

Abstract

Abstract - Tourism always has an impact on the economic and social aspects of the residents around the tourist attractions, therefore development and management are always a serious concern for tourism managers. In this study discussed the study of tourist satisfaction as a result of tourism development in Bali Ndeso, Flory Village. Using descriptive qualitative research, researchers want to disclose aspects of service, facilities, prices and satisfaction offered to visitors. The rating of tourists towards the management of tourism objects as a tourist development in Bali Ndeso in this study the majority gave good ratings. Indicators of reliable and responsive services have been considered good. Then the belief and empaty indicators are also considered good. The aspect of facilities in consideration and land planning is also well appreciated by tourists. The price factor offered is also assessed in accordance with the quality of the products in Bali Ndeso and the prices that are considered to be quite competitive with competitors of similar tourism objects elsewhere. The location of tourism objects is also considered good because of its strategic location and easy access. The researcher found that tourist satisfaction was judged to be good because of the success in complaining the complaints of tourists and completing the work well such as being able to know the desires and diagonalize the problem quickly. Keywords: Development, Satisfaction and Travelers Abstrak - Pariwisata selalu memberikan dampak terhadap ekonomi dan sosial warga sekitar obyek wisata untuk itu pengembangan dan pengelolaan selalu menjadi perhatian serius bagi pengelola wisata. Dalam penelitian ini membahas studi tentang kepuasaan wisatawan sebagai dampak dari pengembangan wisata di Bali Ndeso Kampung Flory. Menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, peneliti ingin mengungkapkan tentang aspek-aspek pelayanan, fasilitas, harga dan kepuasaan yang ditawarkan kepada wisatawan. Penilaiaan wisatawan terhadap pengelolaan obyek wisata sebagai pengembangan wisata di Bali Ndeso dalam penelitian ini mayoritas memberikan penilaian yang baik. Indikator pelayanan yang handal dan tanggap sudah dinilai baik. Kemudian indikator keyakinan dan empaty juga dinilai baik. Aspek fasilitas dalam pertimbangan dan perencanaan lahan juga diapresiasi dengan baik oleh wisatawan. Faktor harga yang ditawarkan juga dinilai sesuai dengan kualitas produk yang ada di Bali Ndeso serta harga yang dinilai cukup bersaing dengan kompetitor obyek wisata yang sejenis ditempat lain. Aspek lokasi obyek wisata juga dinilai baik karena lokasi yang strategis dan mudah diakses. Peneliti menemukan bahwa kepuasaan wisatawan sudah dinilai baik karena keberhasilan dalam menengani keluhan wisatwan dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik seperti mampu mengetahui keinginan dan mendiagonis permasalahan dengan cepat. Kata Kunci : Pengembangan, Kepuasaandan Wisatawan
Kajian Minat Wisatawan Di Museum Memorial Jenderal Besar HM. Soeharto Di Kabupaten Bantul Aji Wicaksosno
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.372 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i1.5617

Abstract

Abstract - This study aimed to examine the interest of tourists at the HM General Memorial Museum. Suharto in Bantul Regency. This study employed descriptive qualitativemethodand the data were collected through interview, observation, literature studies, and documentation. Interview wascarried outwith managers and visitors (public peopleand students). The data analyzed using Miles Hubberman's qualitative descriptive analysis coveringdata reduction, data presentation, and drawing conclusion . The results showed that the interest of tourists at the HM General Memorial Museum Soeharto was quite high. In addition to that,the interest of the vast majority ofthe students who visited the HM General Memorial Museum. Soeharto was to conduct a study tour and find out the life history of the Great General HM. Suharto, while the personal interest of the university studentswas to find out information about the life history of the Great General HM. Suharto and gather with fellow students to just discuss and enjoy wifi facilities. The interest of the public peoplewasto reminisceaboutthe late Great General HM. Suharto. Visitors werealso interested coming to the HM General Memorial Museum. Suharto for recreation and gathering with friends and family.Moreover, they enjoyed adequate facilities available, of museum’s collections which were diverse and packaged in a modern way, as well as the historical elements related to Soeharto's life that invited visitors to be curious while providing education for visitors. Visitors also showed social interest when they visited to the HM General Memorial Museum. Soeharto either gathering with family and friends or participating in various community activities such as commemorating national holidays and participating in competitions, gymnastics and others. Keywords: Soeharto museum, tourism, tourist interest Abstract - Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji minat wisatawan di Museum Memorial Jenderal Besar HM. Soeharto di Kabupaten Bantul. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pengelola dan pengunjung (umum, pelajar, dan mahasiswa). Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif Miles Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat wisatawan di Museum Memorial Jenderal Besar HM. Soeharto cukup tinggi, Minat pribadi pelajar yang mengunjungi Museum Memorial Jenderal Besar HM. Soeharto umumnya adalah untuk melakukan study tour serta mengetahui sejarah kehidupan Jenderal Besar HM. Soeharto, sedangkan minat pribadi mahasiswa adalah untuk mengetahui informasi tentang sejarah kehidupan Jenderal Besar HM. Soeharto serta berkumpul dengan rekan-rekan sesama mahasiswa untuk berdiskusi maupun menikmati fasilitas wifi. Minat pribadi masyarakat umum adalah bernostalgia dengan mendiang Jenderal Besar HM. Soeharto. Pengunjung juga berminat datang ke Museum Memorial Jenderal Besar HM. Soeharto untuk berekreasi dan berkumpul bersama teman dan keluarga sambil memanfaatkan beragam fasilitas yang cukup memadai. Adanya koleksi museum yang beragam dan dikemas secara modern, serta adanya unsur historis terkait kehidupan Jenderal Besar HM. Soeharto yang mengundang rasa penasaran pengunjung sekaligus memberikan edukasi bagi pengunjung. Pengunjung juga menunjukkan minat sosial ketika datang ke Museum Memorial Jenderal Besar HM. Soeharto baik sekedar berkumpul dengan keluarga dan teman maupun mengikuti berbagai kegiatan komunitas seperti memperingati hari besar nasional maupun mengikuti kegiatan lomba, senam dan lain-lain. Kata kunci: museum soeharto, pariwisata, minat wisatawan
Pemahaman Konsep Hospitality Pada Pelaku Pariwisata di Kabupaten Berau Theodosia C. Nathalia; Yustisia Kristiana
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.279 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i1.5625

Abstract

Abstract: As a tourist destination, Berau Regency has experienced a significant increase in tourist visits in recent years. Tourism development in Berau Regency still faces several obstacles, including the low quality of tourism destination management, not yet optimal management of regional culture and promotion of tourism destinations that have not been optimal. The tourism industry is closely associated with hospitality which is a major advantage of other industries. There is a need to explore the perceptions of tourism stakeholders about the hospitality concept. The purpose of this study is to analyze the level of understanding of hospitality concepts in tourism stakeholders in Berau Regency. Determination of respondents was done through purposive sampling and snowball sampling methods. Respondents were chosen with the consideration concerned having experience and knowledge in accordance with the focus of the study. The collected data was analyzed by descriptive narrative results of interviews with speakers and results of observations. The results of the study show that tourism stakeholders understand the service more than hospitality concept. Most of tourism stakeholders cannot accurately describe hospitality or distinguish it from service. Only a few of tourism stakeholders can define and describe the hospitality concept, but this still refers to service management terms and concepts. Most tourism stakeholders struggle to express their understanding and perception of hospitality. Practices consistently in carrying out the concept of hospitality can influence the behavior of tourism stakeholders. Keywords: hospitality, tourism stakeholders, Berau Abstrak: Sebagai destinasi wisata, Kabupaten Berau mengalami kenaikan kunjungan wisatawan yang cukup mengesankan pada beberapa tahun terakhir. Pengembangan pariwisata di Kabupaten Berau masih menemui beberapa kendala, antara lain masih rendahnya kualitas pengelolaan destinasi wisata, belum optimalnya pengelolaan budaya daerah dan promosi destinasi pariwisata yang belum optimal. Industri pariwisata lekat dengan keramahtamahan atau hospitality yang merupakan keunggulan utama dari industri lainnya. Sehingga terdapat kebutuhan untuk mengeksplorasi persepsi pelaku pariwisata tentang konsep hospitality. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep hospitality pada pelaku pariwisata di Kabupaten Berau. Penentuan responden dilakukan melalui metode purposive sampling dan snowball sampling. Responden dipilih dengan pertimbangan yang bersangkutan memiliki pengalaman dan pengetahuan sesuai dengan fokus penelitian. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara deskriptif naratif hasil wawancara dengan narasumber dan hasil observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaku pariwisata lebih memahami konsep layanan daripada hospitality. Mayoritas pelaku pariwisata tidak dapat secara akurat menggambarkan hospitality atau membedakannya dari layanan. Hanya sedikit dari pelaku pariwisata yang mampu mendefinisikan dan menggambarkan konsep hospitality, namun ini pun masih mengacu pada istilah dan konsep manajemen layanan. Sebagian besar pelaku pariwisata berjuang untuk mengungkapkan pemahaman dan persepsi tentang hospitality. Praktik yang konsisten dalam menjalankan konsep hospitality dapat memengaruhi perilaku dari pelaku pariwisata. Kata kunci: hospitality, pelaku pariwisata, Berau
Pengaruh Kualitas Restoran Terhadap Kepuasan Pelanggan Cengkir Heritage Resto And Coffe Chriswardana Bayu Dewa
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.294 KB) | DOI: 10.31294/khi.v10i1.5639

Abstract

Abstract - This study aims to examine the effect of restaurant quality on customer satisfaction. The research subjects were visitors to the restaurant Cengkir Heritage Resto and Coffe Yogyakarta. This study develops a theoretical model by making three hypotheses that will be tested using the Structural Equation Model (SEM) through the AMOS 18 application program. The survey method used in this study is distributing questionnaires to 120 respondents. This study uses non-probability sampling techniques, namely respondents randomly selected according to the purpose of the study. The results showed that restaurant quality consisting of service quality, food quality and physical environment had a positive effect on customer satisfaction. Keyword: Restaurant quality, customer satisfaction. Abstraks – Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas restoran terhadap kepuasan pelanggan. Subyek penelitian adalah pengunjung restoran Cengkir Heritage Resto and Coffe Yogyakarta. Penelitian ini mengembangkan suatu model teoritis dengan membuat tiga hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) melalui program aplikasi AMOS 18. Metode survei yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner kepada 120 responden. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling, yaitu responden dipilih secara acak sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas restoran yang terdiri dari kualitas pelayanan, kualitas makanan dan physical environment berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Kata kunci: Kualitas restoran, kepuasan pelanggan

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 16, No 1 (2025): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2025 Vol 15, No 2 (2024): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2024 Vol 15, No 1 (2024): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2024 Vol 14, No 2 (2023): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2023 Vol 14, No 1 (2023): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2023 Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2022 Vol 13, No 1 (2022): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2022 Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2021 Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2021 Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2020 Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2020 Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019 Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019 Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2018 Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2018 Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2017 Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2017 Vol 7, No 2 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2016 Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016 Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2015 Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015 Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2014 Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2014 Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2013 Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Khasanah Ilmu - Masret 2013 Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2012 Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2012 Vol 1, No 1 (2010): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2010 More Issue