cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. melawi,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek)
ISSN : 22528148     EISSN : 25794604     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2019): Juli 2019" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLA BESAR MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN SEPAKBOLA TANGAN Yulita, Yulita; Qomara, Dwi
Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Vol 6, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.223 KB)

Abstract

Abstract: This study aimed to create a hand football game model that could be used as a guide. 1) create hand football game model game in learning phisical education, sport and health for fifth grade of elementary school student. 2) find out the effectiiveness in the hand football game phisical education, sport and health subject for elementry school students in fifith grade. 3) find out the excitement in the hand football game subject for elementary school students in fifith grade. The research planning consisted of some steps they were. 1 )analyse, 2) develop product, 3) expert validation, 4) field trials, 5) product revision. The result of this study was the hand football game as one of the big ball game lesson. Phisical education, sport and health that is suitable to the characteristics of elementary school students. The hand football game hand giver effective influence on the students in learning. The acceptance of hand foot ball game previewed three aspects they were cognitive. Psychomotor, and affective.Key word: Soccer Hand Ball Playing Abstrak: Penelitian  ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan sepakbola tangan yang dapat digunakan sebagai panduan 1) menghasilkan suatu model permainan sepakbola tangan dalam pembelajaran Penjasorkes bagi siswa SD kelas V, 2) mengetahui keefektifan dalam permainan sepakbola tangan dalam pembelajaran Penjasorkes bagi siswa SD kelas V, 3) mengetahui ketertrimaan dalam permainan sepakbola tangan dalam pembelajaran Penjasorkes bagi siswa SD kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model modifikasi permainan bola besar. 1)  Melakukan analisis yang akan dikembangkan, 2) Mengembangkan Produk, 3) Validasi Ahli, 4) Uji coba Lapangan, 5) Revisi Produk. Hasil penelitian ini berupa permainan sepakbola tangan sebagai salah satu materi permainan bola besar Penjasorkes yang sesuai dengan karakteristik peserta didik SD, permainan sepakbola tangan telah memberikan pengaruh yang efektif bagi peserta didik dalam pembelajaran Penjasorkes, Keterterimaan produk permainan sepakbola tangan ditinjau dari 3 unsur ranah Penjasorkes yaitu kognitif, psikomotor, dan afektif.Kata Kunci: Permainan Sepak Bola Tangan
PENYUSUNAN NORMA PENILAIAN KETERAMPILAN TEKNIK BOLAVOLI ATLET TINGKAT ADVANCE KALIMANTAN BARAT Lestari, Suzi
Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Vol 6, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.153 KB)

Abstract

Abstract : This study sets the norm or parameter of advanced athlete volleyball technique skills. This study uses a normative survey method that is research by conducting a survey or data collection then the data obtained is used to create norms or parameters. Data collection and analysis in this study was carried out by survey and several methods of data analysis such as T-scores, percentiles and then normalizing into 5 categories. The results of the discussion of this study resulted in the conversion of raw scores into t scores of each test item used as a skill change score (total). Then the data is processed into percentiles, which are 10th, 20th, 30th, 40th, 50th, 60th, 70th, 80th and 90th percentiles. Next, develop norms that support advanced athletes in the province of West Kalimantan covering services, passing below, smash, set up and total skills by dividing into 5 categories, which are less with criteria <20%, less with criteria 20% - 40%, enough with criteria 40% - 60%, good criteria with 60% - 80% and good once with a criterion of ?80%.Keyword : assessment norms, technical skills, volleyball, advanced athletes.                                                                                                       Abstrak: Penelitian ini  bertujuan untuk membuat norma atauparameter keterampilan teknik bolavoli atlet tingkat advance. Penelitian ini menggunakan metode normative survey yaitu suatu penelitian dengan melakukan survey atau pendataan kemudian data yang diperoleh digunakan untuk membuat suatu norma atau parameter. Pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan survei dan beberapa metode analisis data seperti T-skor, persentil dan kemudian membuat norma ke dalam 5 kategori. Hasil pembahasan penelitian ini menghasilkan konversi raw score ke dalam t score setiap item tes yang digunakan sebagai nilai rangkaian keterampilan (total). Kemudian data di olah ke dalam persentil, yaitu persentil ke 10, 20, 30, 40, 50, 60, 70, 80 dan 90. Selanjutnya dibentuk norma penilaian keterampilan teknik atlet tingkat advance provinsi kalimantan barat yang meliputi service, passing bawah, smash, set up dan keterampilan total dengan membagi menjadi ke dalam 5 kategori, yaitu kurang sekali dengan kriteria < 20%, kurang dengan kriteria 20% - 40%, cukup dengan kriteria 40% - 60%, baik dengan kriteria 60% - 80% dan baik sekali dengan kriteria ?80%.Kata Kunci : Norma penilaian, Keterampilan Teknik, Bolavoli, Atlit tingkat advance
PENGEMBANGAN PERMAINAN BOLA BESAR MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN SEPAKBOLA TANGAN Yulita Yulita; Dwi Qomara
Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Vol 6, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.223 KB) | DOI: 10.46368/jpjkr.v6i2.160

Abstract

Abstract: This study aimed to create a hand football game model that could be used as a guide. 1) create hand football game model game in learning phisical education, sport and health for fifth grade of elementary school student. 2) find out the effectiiveness in the hand football game phisical education, sport and health subject for elementry school students in fifith grade. 3) find out the excitement in the hand football game subject for elementary school students in fifith grade. The research planning consisted of some steps they were. 1 )analyse, 2) develop product, 3) expert validation, 4) field trials, 5) product revision. The result of this study was the hand football game as one of the big ball game lesson. Phisical education, sport and health that is suitable to the characteristics of elementary school students. The hand football game hand giver effective influence on the students in learning. The acceptance of hand foot ball game previewed three aspects they were cognitive. Psychomotor, and affective.Key word: Soccer Hand Ball Playing Abstrak: Penelitian  ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan sepakbola tangan yang dapat digunakan sebagai panduan 1) menghasilkan suatu model permainan sepakbola tangan dalam pembelajaran Penjasorkes bagi siswa SD kelas V, 2) mengetahui keefektifan dalam permainan sepakbola tangan dalam pembelajaran Penjasorkes bagi siswa SD kelas V, 3) mengetahui ketertrimaan dalam permainan sepakbola tangan dalam pembelajaran Penjasorkes bagi siswa SD kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model modifikasi permainan bola besar. 1)  Melakukan analisis yang akan dikembangkan, 2) Mengembangkan Produk, 3) Validasi Ahli, 4) Uji coba Lapangan, 5) Revisi Produk. Hasil penelitian ini berupa permainan sepakbola tangan sebagai salah satu materi permainan bola besar Penjasorkes yang sesuai dengan karakteristik peserta didik SD, permainan sepakbola tangan telah memberikan pengaruh yang efektif bagi peserta didik dalam pembelajaran Penjasorkes, Keterterimaan produk permainan sepakbola tangan ditinjau dari 3 unsur ranah Penjasorkes yaitu kognitif, psikomotor, dan afektif.Kata Kunci: Permainan Sepak Bola Tangan
PENYUSUNAN NORMA PENILAIAN KETERAMPILAN TEKNIK BOLAVOLI ATLET TINGKAT ADVANCE KALIMANTAN BARAT Suzi Lestari
Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Vol 6, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.153 KB) | DOI: 10.46368/jpjkr.v6i2.162

Abstract

Abstract : This study sets the norm or parameter of advanced athlete volleyball technique skills. This study uses a normative survey method that is research by conducting a survey or data collection then the data obtained is used to create norms or parameters. Data collection and analysis in this study was carried out by survey and several methods of data analysis such as T-scores, percentiles and then normalizing into 5 categories. The results of the discussion of this study resulted in the conversion of raw scores into t scores of each test item used as a skill change score (total). Then the data is processed into percentiles, which are 10th, 20th, 30th, 40th, 50th, 60th, 70th, 80th and 90th percentiles. Next, develop norms that support advanced athletes in the province of West Kalimantan covering services, passing below, smash, set up and total skills by dividing into 5 categories, which are less with criteria 20%, less with criteria 20% - 40%, enough with criteria 40% - 60%, good criteria with 60% - 80% and good once with a criterion of ≥80%.Keyword : assessment norms, technical skills, volleyball, advanced athletes.                                                                                                       Abstrak: Penelitian ini  bertujuan untuk membuat norma atauparameter keterampilan teknik bolavoli atlet tingkat advance. Penelitian ini menggunakan metode normative survey yaitu suatu penelitian dengan melakukan survey atau pendataan kemudian data yang diperoleh digunakan untuk membuat suatu norma atau parameter. Pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan survei dan beberapa metode analisis data seperti T-skor, persentil dan kemudian membuat norma ke dalam 5 kategori. Hasil pembahasan penelitian ini menghasilkan konversi raw score ke dalam t score setiap item tes yang digunakan sebagai nilai rangkaian keterampilan (total). Kemudian data di olah ke dalam persentil, yaitu persentil ke 10, 20, 30, 40, 50, 60, 70, 80 dan 90. Selanjutnya dibentuk norma penilaian keterampilan teknik atlet tingkat advance provinsi kalimantan barat yang meliputi service, passing bawah, smash, set up dan keterampilan total dengan membagi menjadi ke dalam 5 kategori, yaitu kurang sekali dengan kriteria 20%, kurang dengan kriteria 20% - 40%, cukup dengan kriteria 40% - 60%, baik dengan kriteria 60% - 80% dan baik sekali dengan kriteria ≥80%.Kata Kunci : Norma penilaian, Keterampilan Teknik, Bolavoli, Atlit tingkat advance
EFEKTIVITAS GERAK DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET MENGGUNAKAN SATU RING PADA SISWA KELAS XI IPA 1 MADRASAH ALIYAH BAITULMAL PANCASILA (MA.BMP) NANGA PINOH Feri Handika; Kurnia Dyah Anggorowati; Indria Susilawati
Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Vol 6, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpjkr.v6i2.260

Abstract

Abstract: The movement of the students of class XI IPA 1 in the basketball game is still passive and rigid. Responding to this, then implemented learning with the model of basketball game using a ring, with team type on team. The purpose of this research is to know the difference of effectiveness of student's motion before and after applying basketball game model using one ring on the subjects of penjaskes. The model used in this study is to use Pre-experiment research design one-shot case study, researchers only held a one-time treatment is estimated to have an influence. The population in this study there are two classes that is class XI IPA 1 with the number of students 26 people, and class XI IPA 2 with the number of students 28 people. The sample in this research is class XI IPA 1 which amounted to 26 people consisting of 10 men and 16 women as experiment class.Based on the results of the research note that the average treatmant is 9.84 and the average posttest is 13.73. So it can be known the difference of the average is 3.89 Test normality shows that the value of sig 0.05 is treatmant 0.116 0.05 and posttest 0.064 0.05 can be concluded normal distributed data. The result of hypothesis test is tcount ttable (5.051.71) then H0 is rejected and H1 accepted.Keywords: Motion Effectiveness, One Ring Learning Model, Team Type On Teams, Penjaskes.                                                    Abstrak: Pergerakan siswa kelas XI IPA 1 dalam permainan bola basket  masih pasif dan kaku. Menanggapi hal tersebut, maka dilaksanakan pembelajaran dengan model permainan bola basket menggunakan satu ring, dengan tipe tim on tim. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil efektivitas gerak siswa sebelum dan sesudah menerapkan model permainan bola basket menggunakan satu ring pada mata pelajaran penjaskes.Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian Pre-eksperimen desain one-shot case study, peneliti hanya mengadakan treatment satu kali yang diperkirakan sudah mempunyai pengaruh. Populasi pada penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 26 orang, dan kelas XI IPA 2 dengan jumlah siswa 28 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 yang berjumlah 26 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 16 orang perempuan sebagai kelas eksperimen.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata treatmant yaitu 9.84 dan rata-rata posttest yaitu 13.73. Sehingga dapat diketahui selisih rata-ratanya yaitu 3.89 Uji normalitas menunjukkan bahwa nilai sig0.05 yaitu treatmant 0.1160.05 dan posttest 0.0640.05 dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis diperoleh thitungttabel(5.051.71)maka H0 ditolak dan H1 diterima.Kata Kunci: Efektivitas Gerak, Model Pembelajaran Satu Ring, Tipe Tim On Tim, Penjaskes. 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SONDAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS GERAK LOMPAT JANGKIT Rikki Hidayat; Eko Rudiansyah; suyatmin suyatmin
Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Vol 6, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpjkr.v6i2.258

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas gerak siswa dalam pembelajaran penjas siswa kelas VII SMPN 3 Ella Hillir, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam bentuk siklus yang akan menjadi rangkaian kegiatan pembelajaran dalam melaksanakan penelitian. Penggunaan siklus tersebut untuk melihat aktivas siswa. Adapun hasil siklus I sebanyak 64,70% (14 siswa) dari 22 siswa kelas VII SMPN 3 Ella Hillir. Berdasarkan hasil siklus I menunjukan bahwa hal tersebut belum memenuhi kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 70% siswa memperoleh nilai aktivitas gerak dengan batas minimal mendapatkan nilai sebesar 70 di setiap siklusnya. Siklus ke II Pada siklus II, aktivitas gerak siswa meningkat sebesar 9,82% menjadi 74,53% (20 siswa) kelas VII SMPN 3 Ella Hillir memiliki nilai aktivitas gerak ≥70. Hal tersebut menunjukan bahwa pada siklus II ini kiteria keberhasilan penelitian sudah tercapai. Kesimpulan penelitian ini adalah  bahwa permainan tradisional sondah dapat meningkatkan aktivitas gerak siswa dalam pembelajaran lompat jangkit pada siswa kelas VII SMPN 3 Ella Hillir .Kata Kunci: Permainan Sondah , Aktivitas Gerak Siswa Abstract:The purpose of this study was to increase the activity of students in physical education learning in class VII SMPN 3 Ella Hillir, the method used in this study was classroom action research (PTK) carried out in the form of a cycle which would be a series of learning activities in carrying out research. Use the cycle to see student activities. The results of the first cycle were 64.70% (14 students) of 22 students of class VII SMPN 3 Ella Hillir. Based on the results of the first cycle showed that this did not meet the success criteria in this study, namely 70% of students obtained a motion activity value with a minimum score of motion activity 70 in each cycle. Second cycle In cycle II, student motion activity increased by 9.82% to 74,53% (20 students) VII SMPN 3 Ella Hillir class had a motion activity value of ≥70. This shows that in the second cycle, the success of the research was achieved. The conclusion of this study is that the traditional sondah game can improve the movement activities of student in infectious jump learning in class VII SMPN 3 Ella Hillir.Keywords: Motion Activity, Student Activities
PENERAPAN MEDIA TALI KARET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI GAYA GUNTING SISWA SMA NEGERI 1 MENUKUNG Supandi Supandi; Eko Rudiansyah; Indria Susilawati
Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Vol 6, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpjkr.v6i2.259

Abstract

Absrtact: This study aims to improve the athletic ability of high-scissors branches through the application of rubber strap media to increase interest and learning outcomes of class XI students of SMA 1 Menukung, In this study the research was classroom action research (CAR) and carried out in two cycles. The subjects of this study were class XI students of SMA 1 Menukung. The data obtained are then analyzed through the stages of data collection and conclusion, where the techniques used for data collection are obtained through the stages of observation and test implementation of activities in the form of photos of learning activities, Based on the results that have been analyzed, a significant increase in precycle, cycle I and cycle II is obtained. In the pre-cycle the percentage of student learning only reached 18% and in the first cycle the percentage of completeness of learning the high-scissor style jumping technique was 35% with the number of students entering the complete category as many as 9 students, while in the second cycle the percentage of completeness was 88% with the number of students categorized as complete as many as 26 students from the total number of students namely 34 students, from the percentage there is an increase from pre-cycle to cycle I of 17% and cycle I to cycle II is 50% then from pre-cycle to cycle II of 70%., The conclusion in this study is that through the application of rubber strap media in improving understanding of the scissor high jump technique in class XI of SMA 1 Menukung increased.Keywords: Rubber Strap, Athletics, Scissors High Jump. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atletik cabang lompat tinggi gaya gunting melalui penerapan media tali karet untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Menukung. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 1 Menukung. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tahapan pengumpulan data dan penarikan kesimpulan, dimana teknik yang digunakan untuk pengumpulan data diperoleh melalui tahapan observasi dan tes pelaksanaan kegiatan yang berupa foto hasil kegiatan pembelajaraan, Berdasarkan dari hasil yang telah dianalisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada prasiklus persentase pembelajaran siswa hanya mencapai 18% dan pada siklus I persentase ketuntasan pembelajaran teknik lompat tinggi gaya gunting sebesar 35% dengan jumlah siswa yang masuk kategori tuntas adalah sebanyak 9 siswa, sementara itu pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan sebesar 88% dengan jumlah siswa yang dikategorikan tuntas sebanyak 26 siswa dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 34 siswa, dari persentase yang ada maka terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 17% dan siklus I ke siklus II adalah 50% kemudian dari prasiklus ke siklus II sebesar 70%, Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa melalui penerapan media tali karet dalam meningkatkan pemahaman teknik lompat tinggi gaya gunting pada siswa kelas XI SMA Negeri 1Menukung meningkat.Kata Kunci : Media Tali Karet, Atletik, Lompat Tinggi Gaya Gunting. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7