cover
Contact Name
Syahbaniar Rofiah, S.Kom, M.Kom
Contact Email
-
Phone
+622182436886
Journal Mail Official
imbi@binainsani.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Siliwangi No. 6 Rawa Panjang Bekasi Timur Kota Bekasi - Jawa Barat
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Information Management For Educators And Professionals (IMBI)
ISSN : -     EISSN : 25483331     DOI : -
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika STMIK BINA INSANI. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, Sistem Komputer, Soft Computing, Web Programming, Data Mining, Multimedia Application dan Sistem Penunjang Keputusan. Media komunikasi ilmiah diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember).
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)" : 17 Documents clear
Animasi Interaktif Pengenalan Lambang Negara Indonesia Garuda Pancasila Hartono Darmawan; Verra Sofica
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management Vol 1 No 2 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.923 KB)

Abstract

Abstrak: Modernisasi memiliki dampak positif dan negatif. Salah satu contoh dampak negatif yang jelas terlihat adalah mulai pudarnya nilai-nilai pancasila di kalangan remaja. Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila kurang menjadi perhatian yang penting bagi kalangan remaja karena nilai-nilai pancasila dianggap kurang menarik untuk diterapkan, bahkan lebih parahnya lagi belakangan ini remaja semakin mengarah kepada paham barat yang identik dengan hidup bebas sebebas-bebasnya. dan mereka mereka seakan telah lupa memiliki dasar negara sendiri yaitu Pancasila. Pengenalan lambang negara Garuda Pancasila pada usia dini amat penting. Dengan menggunakan pembelajaran audio visual berupa animasi interaktif yang di dalamnya menyajikan sebuah interface yang menarik kepada masyarakat khususnya anak-anak sekolah dasar (kelas 4-6) sehingga dapat mengetahui kandungan, nilai-nilai serta sejarah dan ideologi pancasila dari Lambang Garuda Pancasila sejak dini. Kata kunci: Animasi Interaktif, Lambang Negara Indonesia Garuda Pancasila. Abstract: Modernization has positive and negative effects. One example of the negative impact is clearly visible is started fading values ​​of Pancasila among teenagers. The values ​​contained in Pancasila less a concern that is important for adolescents because the values ​​of Pancasila considered attractive enough to be applied, even worse these days more and more teens leads to understand western that is synonymous with free live freely. and they seemed to have forgotten their own basic state itself, namely Pancasila. The introduction of Garuda Pancasila symbol of the country at an early age is very important. By using audio-visual learning in the form of interactive animations in it presents an attractive interface to the public, especially the children of primary school (grades 4-6) so as to determine the content, values ​​and history and ideology of Pancasila Pancasila Garuda Emblem early. Keywords: Interactive animations, Introduction State Coat Indonesia Garuda Pancasila.
Algoritma Assosiasi K-Means dan FP-Growth untuk Analisis Keranjang Pasar pada Penjualan Produk Alumunium Ela Nurelasari
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management Vol 1 No 2 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.309 KB)

Abstract

Abstrak: Alumunium banyak digunakan di berbagai bidang, sehingga bermunculan perusahaan-perusahaan untuk mengolah aluminium. Semakin banyak usaha-usaha dalam bidang yang sama menimbulkan persaingan usaha. Untuk mengatasinya diperlukan strategi pemasaran yang baik. Salah satu penelitian yang banyak dilakukan yaitu menganalisis keranjang belanja untuk menentukan rekomendasi produk kepada pelanggan. Banyak peneliti menggunakan aturan asosiasi dengan apriori atau fp-growth dalam menganalisis keranjang belanja. Tetapi untuk dataset yang besar, hasil dari penerapan asosiasi menjadi kurang akurat. Oleh karena itu dataset yang besar akan disegmentasi dengan k-means agar dataset yang besar dibagi menjadi beberapa segmen yang lebih kecil. Hasil yang didapat dalam menganalisis keranjang belanja dengan menerapkan algoritma k-means dan algoritma fp-growth terbukti dapat meningkatkan akurasi dari 70% menjadi 90 %,80% dan 90%. Rekomendasi produk yang tepat dapat membantu dalam strategi pemasaran, khususnya dalam bidang promosi produk dan untuk membantu perencanaan produksi produk. Kata kunci: algoritma k-means, algoritma fp-growth, keranjang belanja, rekomendasi produk. Abstract: Aluminum is widely used in a variety of things, so that the emerging companies to process aluminum. More and more businesses in the same pose competition. To overcome this need a good marketing strategy. One study done analyzing Market Basket to determine product recommendations to customers. Many researchers associate a priori approach or fp-growth in analyzing market basket. But for a large dataset, the results of the application of the association becomes less accurate. Therefore, a large dataset to be segmented k-means that large datasets are divided into several smaller segments. Analyzing the results obtained in the market basket by applying k-means algorithm and fp-growth algorithm is shown to improve the accuracy of 70% to 90%, 80% and 90%. Appropriate product recommendations to assist in the marketing strategy,especially in the field of promotional products and to assist production planning. Keywords: k-means algorithm, fp-growth algorithm, market basket, product recommendation.
Algoritma Assosiasi K-Means dan FP-Growth untuk Analisis Keranjang Pasar pada Penjualan Produk Alumunium
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management Vol 1 No 2 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.309 KB)

Abstract

Abstrak: Alumunium banyak digunakan di berbagai bidang, sehingga bermunculan perusahaan-perusahaan untuk mengolah aluminium. Semakin banyak usaha-usaha dalam bidang yang sama menimbulkan persaingan usaha. Untuk mengatasinya diperlukan strategi pemasaran yang baik. Salah satu penelitian yang banyak dilakukan yaitu menganalisis keranjang belanja untuk menentukan rekomendasi produk kepada pelanggan. Banyak peneliti menggunakan aturan asosiasi dengan apriori atau fp-growth dalam menganalisis keranjang belanja. Tetapi untuk dataset yang besar, hasil dari penerapan asosiasi menjadi kurang akurat. Oleh karena itu dataset yang besar akan disegmentasi dengan k-means agar dataset yang besar dibagi menjadi beberapa segmen yang lebih kecil. Hasil yang didapat dalam menganalisis keranjang belanja dengan menerapkan algoritma k-means dan algoritma fp-growth terbukti dapat meningkatkan akurasi dari 70% menjadi 90 %,80% dan 90%. Rekomendasi produk yang tepat dapat membantu dalam strategi pemasaran, khususnya dalam bidang promosi produk dan untuk membantu perencanaan produksi produk. Kata kunci: algoritma k-means, algoritma fp-growth, keranjang belanja, rekomendasi produk. Abstract: Aluminum is widely used in a variety of things, so that the emerging companies to process aluminum. More and more businesses in the same pose competition. To overcome this need a good marketing strategy. One study done analyzing Market Basket to determine product recommendations to customers. Many researchers associate a priori approach or fp-growth in analyzing market basket. But for a large dataset, the results of the application of the association becomes less accurate. Therefore, a large dataset to be segmented k-means that large datasets are divided into several smaller segments. Analyzing the results obtained in the market basket by applying k-means algorithm and fp-growth algorithm is shown to improve the accuracy of 70% to 90%, 80% and 90%. Appropriate product recommendations to assist in the marketing strategy,especially in the field of promotional products and to assist production planning. Keywords: k-means algorithm, fp-growth algorithm, market basket, product recommendation.
Sistem Aplikasi Uji Kompetensi Penerimaan Karyawan Berbasis Web Maryanah Safitri
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management Vol 1 No 2 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.659 KB)

Abstract

Abstrak: Berdasarkan UU RI No. 13 Tahun 2003 Pasal 1 No. 10 tentang Tenaga Kerja di Indonesia menyatakan bahwa kompetensi kerja adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Oleh karena itu uji kompetensi dibutuhkan sebagai dasar tindak lanjut pembinaan dan untuk memetakan kompetensi yang dimiliki oleh karyawan. Pelaksanaan uji kompetensi penerimaan karyawan masih banyak yang dilakukan secara manual, mulai dari proses pengerjaan soal, penilaian sampai dengan pembuatan laporan hasil uji kompetensi. Hal tersebut memungkinkan terjadi kesalahan dalam penilaian, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Untuk itu diperlukan aplikasi yang dapat meminimalisir kekurangan yang ada pada sistem manual yaitu dengan membangun sebuah aplikasi uji kompetensi berbasis web. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi dan studi pustaka, sedangkan perancanan sistem aplikasi berbasis web ini menggunakan prototype model, yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MYSQL sebagai database. Dengan adanya aplikasi ini, pelaksanaan uji kompetensi penerimaan karyawan diharapkan dapat menjadi lebih efisien dan efektif mulai dari proses pengerjaan soal uji kompetensi, penilaian uji kompetensi sampai pembuatan laporan hasil uji kompetensi. Kata kunci: aplikasi sistem, web, uji kompetensi Abstract: Based on UU RI No.13 Tahun 2003 Pasal 1 No 10 about Manpower in Indonesia states that work competence is the ability of work every individual that includes aspects of knowledge, skills, and work attitude in accordance with established standards. Therefore, competency test is needed as a basis for follow-up coaching and to map competency owned by employees. Implementation of competency test employee acceptance is still a lot of done manually, ranging from the process of making the question, the assessment up to the preparation of reports of competency test results. This allows for errors in the assessment, the inaccuracy of reports made and delays in the search for necessary data. For that needed an application that can minimize the deficiencies that exist in the manual system is to build a web based competency test applications. The method used in data collection is observation and literature study, While the design of this web-based application system using prototype model, developed using PHP as programming language and MYSQL as a database. With this application, the implementation of employee acceptance competency test is expected to be more efficient and effective starting from the process of competency test, competency test and reporting of competency test result. Keywords: aplication system, competency test, web
Sistem Aplikasi Uji Kompetensi Penerimaan Karyawan Berbasis Web
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management Vol 1 No 2 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.659 KB)

Abstract

Abstrak: Berdasarkan UU RI No. 13 Tahun 2003 Pasal 1 No. 10 tentang Tenaga Kerja di Indonesia menyatakan bahwa kompetensi kerja adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Oleh karena itu uji kompetensi dibutuhkan sebagai dasar tindak lanjut pembinaan dan untuk memetakan kompetensi yang dimiliki oleh karyawan. Pelaksanaan uji kompetensi penerimaan karyawan masih banyak yang dilakukan secara manual, mulai dari proses pengerjaan soal, penilaian sampai dengan pembuatan laporan hasil uji kompetensi. Hal tersebut memungkinkan terjadi kesalahan dalam penilaian, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Untuk itu diperlukan aplikasi yang dapat meminimalisir kekurangan yang ada pada sistem manual yaitu dengan membangun sebuah aplikasi uji kompetensi berbasis web. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi dan studi pustaka, sedangkan perancanan sistem aplikasi berbasis web ini menggunakan prototype model, yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MYSQL sebagai database. Dengan adanya aplikasi ini, pelaksanaan uji kompetensi penerimaan karyawan diharapkan dapat menjadi lebih efisien dan efektif mulai dari proses pengerjaan soal uji kompetensi, penilaian uji kompetensi sampai pembuatan laporan hasil uji kompetensi. Kata kunci: aplikasi sistem, web, uji kompetensi Abstract: Based on UU RI No.13 Tahun 2003 Pasal 1 No 10 about Manpower in Indonesia states that work competence is the ability of work every individual that includes aspects of knowledge, skills, and work attitude in accordance with established standards. Therefore, competency test is needed as a basis for follow-up coaching and to map competency owned by employees. Implementation of competency test employee acceptance is still a lot of done manually, ranging from the process of making the question, the assessment up to the preparation of reports of competency test results. This allows for errors in the assessment, the inaccuracy of reports made and delays in the search for necessary data. For that needed an application that can minimize the deficiencies that exist in the manual system is to build a web based competency test applications. The method used in data collection is observation and literature study, While the design of this web-based application system using prototype model, developed using PHP as programming language and MYSQL as a database. With this application, the implementation of employee acceptance competency test is expected to be more efficient and effective starting from the process of competency test, competency test and reporting of competency test result. Keywords: aplication system, competency test, web
Metode Mc Call Pada Pengujian Correctness Dan Usability Sistem Informasi Pembelian Obat Klinik Graha Medika Bekasi Sari Hartini
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management Vol 1 No 2 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.478 KB)

Abstract

Abstrak: Kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat merupakan syarat mutlak perkembangan suatu usaha. Namun pada kenyataannya, untuk menjadikan informasi yang sesuai dengan syarat diatas bukanlah suatu hal yang mudah. Ini dikarenakan banyaknya masalah dan data yang diolah serta variasi pengolahan yang bermacam-macam. Hal ini juga terjadi pada Klinik Graha Medika Bekasi yang saat ini sedang merubah proses pembelian obatnya yang awalnya manual kemudian beralih ke komputerisasi, untuk mempermudah proses transaksi yang terjadi pada klinik graha untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat. Guna mengatasi berbagai permasalahan dalam pengolahan data terutama dalam hal pembelian obat,maka dibuatkanlah sistem informasi pembelian obat pada klinik Graha Medika Bekasi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa optimalnya Sistem Informasi pembelian obat pada klinik graha medika. Permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah apakah sistem informasi pembelian obat pada Klinik Graha Medika Bekasi dapat membantu dalam masalah yang dihadapi oleh Klinik Graha medika dan memberikan informasi up to date, dengan pengujian menggunakan metode Mc Call Kata kunci: sistem informasi pembelian, metode Mc Call Abstract: The need for rapid and accurate information is absolutely necessary development of a business. But in fact, to make the information in accordance with the above requirements is not an easy thing. This is because of the many problems and the processed data and processing variations are manifold. It also occurs in Graha Medika Clinic Bekasi are currently changing the process of purchasing the medicine that initially manually and then switch to computerization, to simplify the transaction process that occurs in the clinic housekeeping to get the information quickly and accurately. In order to solve various problems in data processing, especially in the case of the purchase of medicines, information systems dibuatkanlah purchase of drugs at the clinic Graha Medika Bekasi, this study aims to determine how optimal drug purchases at the Information Systems graha medika clinic. Issues to be raised in this study is whether the information system drug purchases at Graha Medika Clinic Bekasi can help in the problems faced by Graha Medika Clinic and provide information up to date, by testing using the method Mc Call. Keywords: Mc Call method, purchasing information system
Metode Mc Call Pada Pengujian Correctness Dan Usability Sistem Informasi Pembelian Obat Klinik Graha Medika Bekasi
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management Vol 1 No 2 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.478 KB)

Abstract

Abstrak: Kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat merupakan syarat mutlak perkembangan suatu usaha. Namun pada kenyataannya, untuk menjadikan informasi yang sesuai dengan syarat diatas bukanlah suatu hal yang mudah. Ini dikarenakan banyaknya masalah dan data yang diolah serta variasi pengolahan yang bermacam-macam. Hal ini juga terjadi pada Klinik Graha Medika Bekasi yang saat ini sedang merubah proses pembelian obatnya yang awalnya manual kemudian beralih ke komputerisasi, untuk mempermudah proses transaksi yang terjadi pada klinik graha untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat. Guna mengatasi berbagai permasalahan dalam pengolahan data terutama dalam hal pembelian obat,maka dibuatkanlah sistem informasi pembelian obat pada klinik Graha Medika Bekasi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa optimalnya Sistem Informasi pembelian obat pada klinik graha medika. Permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah apakah sistem informasi pembelian obat pada Klinik Graha Medika Bekasi dapat membantu dalam masalah yang dihadapi oleh Klinik Graha medika dan memberikan informasi up to date, dengan pengujian menggunakan metode Mc Call Kata kunci: sistem informasi pembelian, metode Mc Call Abstract: The need for rapid and accurate information is absolutely necessary development of a business. But in fact, to make the information in accordance with the above requirements is not an easy thing. This is because of the many problems and the processed data and processing variations are manifold. It also occurs in Graha Medika Clinic Bekasi are currently changing the process of purchasing the medicine that initially manually and then switch to computerization, to simplify the transaction process that occurs in the clinic housekeeping to get the information quickly and accurately. In order to solve various problems in data processing, especially in the case of the purchase of medicines, information systems dibuatkanlah purchase of drugs at the clinic Graha Medika Bekasi, this study aims to determine how optimal drug purchases at the Information Systems graha medika clinic. Issues to be raised in this study is whether the information system drug purchases at Graha Medika Clinic Bekasi can help in the problems faced by Graha Medika Clinic and provide information up to date, by testing using the method Mc Call. Keywords: Mc Call method, purchasing information system
Sistem Penilaian Kinerja Frontliner dengan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE) Pada Bank Bukopin Capem Kelapa Gading Siti Aisah Sahlan; Didik Setiyadi
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management Vol 1 No 2 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.766 KB)

Abstract

Abstrak: Persaingan dunia perbankan semakin kompetitif memicu Bank Bukopin untuk lebih memberikan pelayanan yang memuaskan untuk nasabah dalam upaya untuk meningkatkan kualitas perusahaan. Salah satu teknik yang digunakan manajemen perusahaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah dengan melakukan penilaian kinerja kayawan. Untuk itu penulis membuat suatu sistem penilaian kinerja karyawan dengan menggunakan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE). Tujuan dari metode penilaian ini adalah untuk meminimalisir penilaian yang kurang objektif dan dapat mengetahui perkembangan kinerja karyawan selama beberapa periode.Hasil dari penilaian kinerja karyawan adalah perusahaan dapat memberikan umpan balik kepada karyawan sehinga dapat memutuskan langkah yang dapat diambil dalam pengambilan keputusan seperti: promosi, kenaikan jabatan, maupun pelatihan terhadap karyawan yang membutuhkan.Pengembangan sistem ini penulis mengunakan metode SDLC RAD (Raid Application Development) mulai dari analisis sampai dengan pengujian aplikasi. Analisa dan desain sistem penulis menggunakan Unified Modelling Language (UML). Pembuatan aplikasi penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL, dan menggunakan metode Black Boxtesting untuk pengujiannya. Kata kunci:Penilaian Kinerja, Karyawan, Metode Perbandingan Eksponensial (MPE), SDLC RAD (Rapid Application Development), Unified Modelling Language, PHP, MySQL, Black Box. Abstract: Competition increasingly competitive world of banking trigger Bukopin to better provide satisfactory service to customers in an effort to improve the quality of the company. One technique used by management companies in improving the quality of human resources is by assessing the performance of employees are encouraged. To the authors make a system of performance appraisal using Exponential Comparative Method (MPE). The purpose of this valuation method is to minimize the less objective assessment and can determine employee performance development for several periode.Hasil of the performance appraisal company can provide feedback to employees so that it can decide the steps that can be taken in making decisions such as: promotion, increment occupation, or training for employees in need.Development of this system SDLC RAD (Rapid Application Development) author uses methods ranging from analysis up to application testing. Analysis and design of systems using the author of the Unified Modelling Language (UML). Making an application writer using the programming language PHP with MySQL database, and using the Black Box testing method for testing. Keywords: Performance Appraisal, Employee, Exponential Comparative Method (MPE), SDLC RAD (Rapid Application Development) , Unified Modeling Language, PHP, MySQL, Black Box.
Sistem Penilaian Kinerja Frontliner dengan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE) Pada Bank Bukopin Capem Kelapa Gading
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management Vol 1 No 2 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.766 KB)

Abstract

Abstrak: Persaingan dunia perbankan semakin kompetitif memicu Bank Bukopin untuk lebih memberikan pelayanan yang memuaskan untuk nasabah dalam upaya untuk meningkatkan kualitas perusahaan. Salah satu teknik yang digunakan manajemen perusahaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah dengan melakukan penilaian kinerja kayawan. Untuk itu penulis membuat suatu sistem penilaian kinerja karyawan dengan menggunakan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE). Tujuan dari metode penilaian ini adalah untuk meminimalisir penilaian yang kurang objektif dan dapat mengetahui perkembangan kinerja karyawan selama beberapa periode.Hasil dari penilaian kinerja karyawan adalah perusahaan dapat memberikan umpan balik kepada karyawan sehinga dapat memutuskan langkah yang dapat diambil dalam pengambilan keputusan seperti: promosi, kenaikan jabatan, maupun pelatihan terhadap karyawan yang membutuhkan.Pengembangan sistem ini penulis mengunakan metode SDLC RAD (Raid Application Development) mulai dari analisis sampai dengan pengujian aplikasi. Analisa dan desain sistem penulis menggunakan Unified Modelling Language (UML). Pembuatan aplikasi penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL, dan menggunakan metode Black Boxtesting untuk pengujiannya. Kata kunci:Penilaian Kinerja, Karyawan, Metode Perbandingan Eksponensial (MPE), SDLC RAD (Rapid Application Development), Unified Modelling Language, PHP, MySQL, Black Box. Abstract: Competition increasingly competitive world of banking trigger Bukopin to better provide satisfactory service to customers in an effort to improve the quality of the company. One technique used by management companies in improving the quality of human resources is by assessing the performance of employees are encouraged. To the authors make a system of performance appraisal using Exponential Comparative Method (MPE). The purpose of this valuation method is to minimize the less objective assessment and can determine employee performance development for several periode.Hasil of the performance appraisal company can provide feedback to employees so that it can decide the steps that can be taken in making decisions such as: promotion, increment occupation, or training for employees in need.Development of this system SDLC RAD (Rapid Application Development) author uses methods ranging from analysis up to application testing. Analysis and design of systems using the author of the Unified Modelling Language (UML). Making an application writer using the programming language PHP with MySQL database, and using the Black Box testing method for testing. Keywords: Performance Appraisal, Employee, Exponential Comparative Method (MPE), SDLC RAD (Rapid Application Development) , Unified Modeling Language, PHP, MySQL, Black Box.
Pengolahan Data Keuangan Menggunakan Zahir Accounting 5.1 Pada Yayasan Pendidikan Islam An – Nuur Bogor Emma Febriarti; Sri Muryani; Syahbaniar Rofiah
INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management Vol 1 No 2 (2017): INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.565 KB)

Abstract

Abstrak: Yayasan Pendidikan Islam An-Nuur mendirikan lembaga pendidikan anak-anak yangdiberi nama TKA-TPA Plus An-Nuur. Sistem input Pendapatan SPP, Pendapatan PenjualanSeragam, Kas Keluar dan Biaya Operasional pada TKA-TPA Plus An-Nuur Bogor masih manual,dalam penginputan di laporan keuangan dilakukan satu per satu dari transaksi-transaksi. Laporankeuangan dalam tiap bulan, ataupun setiap tahunnya di buat berdasarkan catatan harian sehinggamemungkinkan pada saat proses operasional berlangsung terjadi kesalahan yang berakibatkurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pengolahan laporan keuanganyang terjadi. Penggunaan aplikasi komputer akuntansi laporan keuangan pada TKA-TPA Plus AnNuurBogor merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan yang ada, dengansistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu pekerjaan yang bisa menunjang operasional.Kata kunci:Pengolahan Data Keuangan, Zahir Accounting.Abstract: Yayasan Pendidikan Islam An-Nuur established the children’s educational institutionsnamed TKA-TPA Plus An-Nuur. Input system revenue SPP, Uniform sales revenue, Cash Out andOperational costs in the TKA-TPA Plus An-Nuur Bogor still manual, in inputting in the financialstatements carried one by one from transactions. Financial statements every month, or every yearare made based diary thus enabling operational processes accurred when an error occurs thatresult in less accurate reports that are made and the delay in the processing of financial statementsoccurred. The use of computer applications accounting financial statements on TKA-TPA Plus AnNuurBogor is the best solution to solve the existing problems, the system can be achievedcomputerized a job that could support the operations.Keywords: Financial Data Processing, Accounting Zahir

Page 1 of 2 | Total Record : 17