cover
Contact Name
Nurfitriany Fakhri
Contact Email
nurfitriany.fakhri@unm.ac.id
Phone
+6282190788118
Journal Mail Official
jurnal.talenta@unm.ac.id
Editorial Address
Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar Gedung BM Lantai 2 Kampus Gunungsari Baru, Jalan A.P. Pettarani, Makassar 90222.
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Psikologi Talenta
ISSN : 24608750     EISSN : 26151731     DOI : https://doi.org/10.26858/talenta
Core Subject : Humanities,
urnal Psikologi Talenta (Talenta Psychology Journal) is an open journal system that uses a peer-reviewed system in the journals, with e-ISSN: 2615-1731 and p-ISSN: 2460-8750 published by the Faculty of Psychology, Makassar State University. Jurnal Psikologi Talenta is an Open-Access journal and published twice a year every March and September. Articles/Journals published with aims and scope around: (1) psychology of organizational behavior; (2) entrepreneurship; (3) positive psychology; (4) human developmental dynamics; (5) values and character education; (6) family and community resilience; (7) Indigenous Psychology; and (8) psychology of peace.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2020): Maret" : 8 Documents clear
Parenting in Digital Era: Issues and Challenges in Educating Digital Natives mahardika supartiwi; Laelatus Syifa Sari Agustina; Afia Fitriani
Jurnal Psikologi TALENTA Vol 5, No 2 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.317 KB) | DOI: 10.26858/talenta.v5i2.12756

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini membawa perubahan yang besar bagi kehidupan manusia. Apalagi dengan munculnya internet dan media digital (smartphone, tablet, laptop, televisi), individu menjadi sangat mudah dalam mengakses berbagai macam informasi. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak, bahkan balita saat ini sudah terpapar media digital. Anak-anak dan remaja yang sejak lahir sudah mengenal media digital ini sering diistilahkan sebagai generasi digital natives (DNs). Generasi DNs ini mendapatkan kemudahan yang ditawarkan oleh perkembangan teknologi tersebut, tetapi ternyata tidak luput dari dampak negatif yang menyertai. Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak dapat menjadi pemicu munculnya kecanduan terhadap gadget, kerusakan mata, timbulnya stres, bahkan mengarah pada depresi. Melihat fenomena tersebut, maka diperlukan adanya pendampingan oleh orangtua pada saat anak mengakses media digital. Pengasuhan yang tepat dari orangtua dapat membentengi diri anak ketika mengakses media digital dan internet. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan pengasuhan orangtua pada era digital. Berdasarkan studi literatur, didapatkan kajian mengenai tahapan pengasuhan orangtua dalam penggunaan media digital berdasarkan model teori perkembangan dan beberapa strategi yang dapat digunakan orangtua untuk mendampingi anaknya dalam berselancar di dunia maya. Kata kunci: digital natives; pengasuhan; media digital; strategi
KESEJAHTERAAN DI SEKOLAH BAGI SISWA SMA: KONSEP DAN FAKTOR YANG BERPENGARUH Ahkam, M A; Suminar, Dewi Ratna; Nawangsari, Nurainy Fardana
Jurnal Psikologi TALENTA Vol 5, No 2 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.509 KB) | DOI: 10.26858/talenta.v5i2.13290

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna kesejahteraan di sekolah pada siswa, faktor yang berpengaruh dan dampak kesejahteraan di sekolah yang rendah. Subjek penelitian adalah siswa SMA di Surabaya sebanyak  202 siswa pada 4 (empat) sekolah. Hasil penelitian kesejahteraan di sekolah merupakan sebagai suasana yang nyaman selama  siswa di sekolah yang menagcu pada aspek kepuasan di sekolah dan afek di sekolah. Kesejehteraan di sekolah dapat dipengaruhi faktor dukungan guru, dukungan teman, rasa syukur, kebersamaan, rasa syukur dan harga diri. Dampak yang dapat terjadi ketika kesejahteraan di sekolah rendah adalah psikologis siswa, perilaku negatif dan hasil akademik.
RELATIONSHIP BETWEEN SOCIAL SUPPORT FAMILIES WITH MEANINGFULNESS OF LIFE IN THE ELDERLY IN RURAL KEBANDUNGAN Kokom, Kokom; Edwina, Triana Noor
Jurnal Psikologi TALENTA Vol 5, No 2 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.894 KB) | DOI: 10.26858/talenta.v5i2.9859

Abstract

This study aims to determine the relationship between family social support and meaningfulness of life in the elderly in Kebandungan Village. The hypothesis proposed in this study is that there is a positive relationship between family social support and meaningfulness of life in the elderly who live in Kebandungan Village. The subject of this study is the elderly aged >60 (sixty years and over) who have a family including a husband, wife, siblings, children and grandchildren, both living in one house or separately. The number of subjects in this study were 65 elderly. Data collection was carried out using meaningfulness of life Scale and Family Social Support Scale. The data analysis method used is the Pearson Product Moment Correlation analysis. Based on the results of the study, obtained a correlation coefficient (rxy) = 0.397 with p = 0.01 (p <0.05) which means there is a positive relationship between family social support and meaningfulness of life. The coefficient of determination (R Squared) is equal to (R2) = 0.158, which means that the effective contribution to family social support is 15.8%, so the remaining 84.2% is influenced by other factors, namely personal understanding, acting positively, deepening tri values (creative value, appreciation value, attitude value), and worship.
Trisilas Local Wisdom Scale , Silih Asih, Silih Asah, Silih Asuh Nandlia fauzia; Sri Maslihah; Diah Zaleha Wyandini
Jurnal Psikologi TALENTA Vol 5, No 2 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.197 KB) | DOI: 10.26858/talenta.v5i2.12757

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat ukur nilai kearifan lokal trisilas yang berasal dari falsafah budaya suku Sunda. Responden pada penelitian ini adalah masyarakat suku Sunda sebanyak 310 orang. Jumlah butir skala nilai kearifan lokal trisilas sebelum diujikan adalah 45 butir, lalu setelah diujikan berjumlah 17 butir. Penelitian ini menggunakan analisis faktor yaitu dengan metode CFA (Confirmatory Factor Analysis) untuk dapat menganalisis validitas konstruk. CFA ini digunakan untuk menguji model faktor alat ukur nilai kearifan lokal Trisilas berdasarkan pada indeks kecocokan parameter model fit. CFA menunjukkan kecocokan model yang baik diantaranya nilai RMSEA sebesar 0.066, nilai GFI sebesar 0.904 serta nilai CFI sebesar 0.890 yang mana seluruh parameter yang digunakan peneliti untuk menganalisis faktor alat ukur nilai kearifan lokal Trisilas telah sesuai dengan kriteria minimum nilai indeks kecocokan suatu model. Kata kunci: Confirmatory Factor Analysis, masyarakat suku Sunda, nilai kearifan lokal trisilas
STUDI DESKRIPTIF PENDIDIKAN KARAKTER SD TARUNA BAKTI BANDUNG Eneng Nurlaili Wangi; Siti Mutya Lutfiani
Jurnal Psikologi TALENTA Vol 5, No 2 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.606 KB) | DOI: 10.26858/talenta.v5i2.12758

Abstract

Kasus kriminalitas yang dilakukan oleh anak semakin marak dan meningkat setiap tahunnya, hal ini menunjukan krisis moral pada anak-anak Indonesia. Sekolah mempunya peran yang besar dalam hal tersebut, tidak hanya memfokuskan pada pencapaian akademik melainkan pada pengembangan spiritual dan emosional, hal ini menunjukan bahwa Pendidikan Karakter pada tiap sekolah itu penting. SD Taruna Bakti sudah menerapkan pendidikan karakter sejak pertama kali dibangun dan programnya dikembangkan kembali sejak 2012. Beberapa guru menyatakan bahwa pendidikan karakter di sekolah ini sudah baik namun masih ada guru yang menyatakan bahwa masih terdapat program yang belum terlaksana dengan optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu menggambarkan penerapan pendidikan karakter di SD Taruna Bakti Bandung. Alat ukur yang digunakan dalam kecerdasan emosional adalah dengan menggunakan Twelve Component Assesment and Planning (TCAP) yang dirumuskan oleh Thomas Lickona. Subjek penelitan berjumlah 24 orang. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukan sebanyak 24 staf pengajar (100%) menyatakan bahwa pendidikan karakter di SD Taruna Bakti efektif.Kata Kunci : Pendidikan karakter, SD Taruna Bakti 
PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP INTENSI TURNOVER PADA KARYAWAN GENERASI MILENIAL irma suryaning dyastuti
Jurnal Psikologi TALENTA Vol 5, No 2 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.887 KB) | DOI: 10.26858/talenta.v5i2.12754

Abstract

Dibalik potensi sumber daya manusia yang dimiliki, perusahaan di indonesia memiliki tantangan dalam mengelola sumber daya manusia khususnya generasi Y atau milenial. Semakin meningkatnya pertumbuhan dan perkembangan perusahaan di Indonesia berdampak positif bagi masyarakat dengan semakin melebarnya peluang kerja sehingga akan mengurangi tingkat pengangguran. Namun hal ini akan berakibat semakin tinggi persaingan antar perusahaan. Hal tersebut menyebabkan perusahaan yang ingin bertahan dalam persaingan menuntut karyawannya untuk dapat memberikan kontribusi maksimal bagi perusahaan tempatnya bekerja. Tantangan terbesar Perusahaan-perusahaan masa kini adalah bagaimana cara menjaga, mempertahankan serta menekan intensi turnover. Salah satu upaya mempertahankan karyawan yaitu perusahaan harus memperhatikan pengembangan karir bagi setiap karyawannya, terutama untuk karyawan generasi milenial yang memiliki kinerja yang baik. Terdapat beberapa persoalan dalam proses pengembangan karir di perusahaan yang menjadi objek penelitian, karyawan yang tidak dapat mengembangkan karirnya di perusahaan tempat dia bekerja, padahal karyawan merasa sudah melakukan pekerjaannya dengan baik (sumber karyawan TEY). Metode Penelitian : metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara serta memberikan kuisioner kepada subjek penelitian, subjek penelitian dalam penelitian ini adalah karyawan generasi milenial di PT TEY . penelitian dilakukan 29 juni 2019 – 1 juli 2019Hasil penelitian : hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan karir berperan penting bagi karyawan Kata kunci : karyawan, pengembangan karir
Relaxation in Children: Method to Reduce the Negative Effects of Using Gadgets on the Alpha Generation laelatus syifa sari agustina; afia fitriani; Mahardika Supratiwi
Jurnal Psikologi TALENTA Vol 5, No 2 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.727 KB) | DOI: 10.26858/talenta.v5i2.12755

Abstract

Generasi Alpha adalah generasi yang memiliki tingkat keakraban yang tinggi dengan teknologi, bahkan sudah dialami sejak bayi. Mereka sangat akrab dengan penggunaan leptop, komputer, HP, tab dan perangkat gadget yang sangat dipenuhi stimulus audia dan visual dalam sekali tempo. Anak generasi Alpha biasa menghabiskan waktu dengan gadget secara berlebih tanpa menyadarinya. Pemakaian gadget pada generasi alpha bukan tidak membawa resiko, anak yang bermain video game menunjukkan fungsi visual yang lebih aktif menghasilkan gejala yang mirip dengan hiperaktivitas dan menurunkan daya konsentrasi. Pemakaian gadget bahkan dapat menurunkan prestasi anak didunia akademik. Untuk meningkatkan daya konsentrasi, bisa dilakukan dengan mengaktifkan sensasi dalam tubuh, sehingga tubuh berada dalam keadaan yang rileks dan suasana yang menyenangkan, karena dalam keadaan tegang seseorang tidak akan dapat menggunakan otaknya dengan maksimal. Relaksasi merupakan sebuah teknik untuk me-relaks-kan fisik maupun batin. Relaksasi dipandang efektif mengurangi dampak negatif sebagai akibat dari pengaruh penggunaan gadget. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan literatur review. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh relaksasi dan menyusun instrumen relaksasi yang tepat dilakukan kepada anak. Hasil menunjukkan bahwa relaksasi dapat meningkatkan kesadaran dan menurunkan ketegangan pada individu. Dan dalam prosesnya, relaksasi meliputi 3 fase yaitu loosening up, letting go dan going to close.  Keyword : relaksasi, gadget, generasi alpha, anak
CHALLENGE BOARD SEBAGAI MEDIA UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BUANG AIR BESAR DI CELANA (SOILING) PADA ANAK Ulin Nuri Mauludiyah
Jurnal Psikologi TALENTA Vol 5, No 2 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.581 KB) | DOI: 10.26858/talenta.v5i2.11738

Abstract

The study aims to lower bowel behavior in the pants (soiling) of children. The subject is 9 year old boy. Researchers intervene using the challenge board as a medium to lower the behavior. The Challenge board is a medium that is developed by the rules of the response cost technique. This therapy is preceded by providing explanation to the subject about how to defecate well and correctly. Then proceed by making a deal that the behavior of defecation in the pants (soiling) must be changed, before enters in the stage of completing the given challenges. The method used in research is qualitative with a case study approach. The results of this study show that the use of the Challenge Board is effective to lower bowel behavior in the pants (soiling) on the subject.

Page 1 of 1 | Total Record : 8