cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia
ISSN : 14128152     EISSN : 25801007     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Administrasi Pendidikan (JAP) published on 2003 with the ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 and issued by Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. JAP is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research articles in the scope of Educational Administration including Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Facilities and Infrastructure, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and Organization.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013" : 14 Documents clear
PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU Indri Lastriyani; Endang Herawan
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.651 KB) | DOI: 10.17509/jap.v17i1.6436

Abstract

Supervisi akademik kepala sekolah merupakan aspek yang menunjang pada kinerja mengajar guru. Selain faktor supervisi, faktor kesejahteraan dalam hal ini kompensasi juga memberikan pengaruh terhadap kinerja mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara supervisi akademik kepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja mengajar guru pada SD Negeri  dan Swasta di Kota Sukabumi. Metode yang digunakan deskriptif analisis menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada unit lembaga sebanyak 31 sekolah negeri dan swasta di Kota Sukabumi. Tekhnik Analitis data menggunakan tekhnik analitis regresi (regression analysis). Temuan penelitian ini adalah  pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah, kompensasi dan kinerja mengajar guru telah terlaksana dengan baik; Supervisi akademik kepala sekolah memberikan pengaruh sedang terhadap kinerja mengajar guru  dan menunjukan adanya hubungan yang signifikan; kompensasi memberikan pengaruh sedang terhadap kinerja mengajar guru  dan menunjukan hubungan yang signifikan; Supervisi akademik kepala sekolah dan kompensasi secara simultan memberikan pengaruh terhadap terhadap kinerja mengajar guru, dan secara bersama-sama memberikan pengaruh yang kuat terhadap kinerja mengajar guru. Saran dari peneitian ini adalah  sebaiknya Guru SD perlu ditingkatkan semangat kerjanya melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan struktural dan pendekatan proses. Pendekatan struktural meliputi: otonomi, variasi tugas, signifikansi tugas, identitas tugas, dan feed back. Pendekatan proses adalah melakukan berbagai proses keorganisasian untuk menciptakan adanya saling percaya di antara guru, saling membantu, mengurangi munculnya kelemahan manusia, dan membantu memecahkan masalah yang dihadapi guru, di antaranya dapat dilakukan melalui: (1) meningkatkan suasana kerjasama yang baik antar guru-kepala sekolah-pegawai sekolah, (2) pemberian penghargaan, dan (3) mengadakan pengawasan  rutin dan berkala dan memberi bantuan kepada para pengawas agar terjadi peningkatan kinerja mengajar di SD Negeri dan Swasta di Kota Sukabumi melalui penataran-lokakarya-seminar. Academic supervision is the principal aspects that support the teaching performance of teachers. In addition to the supervision, welfare factor compensation in this case also gives effect to the teaching performance of teachers. This study aims to determine the effect of the principal academic supervision and compensation to the performance of teachers teaching in public and private elementary school in Sukabumi. The method used descriptive analysis using a quantitative approach. In as many as 31 units of institutions public and private schools in the city of Sukabumi. Analytical techniques of analytical data using regression techniques (regression analysis). The findings of this research is the implementation of the principal academic supervision, compensation and teachers' teaching performance has been carried out well ; Academic supervision was the principal influence on the performance of teachers to teach and demonstrate a significant relationship ; compensation effect was the teacher's teaching performance and showed a significant relationship ; Academic supervision and compensation principals simultaneously influence on the teaching performance of teachers, and together provide a strong influence on the performance of teachers to teach. This is the suggestion of fieldwork should be elementary school teachers need to be improved spirit works through two approaches , namely the structural approach and the process approach . Structural approach include : autonomy, task variation, task significance, task identity, and feedback. Process approach is to perform a variety of organizational processes to create mutual trust among teachers , helping each other, reducing the appearance of human weakness, and help solve problems faced by the teacher, which can be done through : (1) improve the atmosphere good cooperation between teacher- head schools, school personnel, (2) the award, and (3) conduct regular and periodic monitoring and provide assistance to the supervisor so that an increase in the performance of teaching in public and private elementary school in Sukabumi through courses- workshops-seminars .
PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD UNIVERSITY GOVERNANCE TERHADAP CITRA SERTA IMPLIKASINYA PADA KEUNGGULAN BERSAING PERGURUAN TINGGI NEGERI PASCA PERUBAHAN STATUS MENJADI BHMN Sudi Rahayu; Abdul Azis Wahab
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1236.468 KB) | DOI: 10.17509/jap.v17i1.6441

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena persaingan yang semakin tinggi antara perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta pasca perubahan status menjadi BHMN yang kemudian berubah menjadi BLU. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan prinsip-prinsip good university governance terhadap citra serta implikasinya pada peningkatan keunggulan bersaing perguruan tinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dengan metode explanatory survey. Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 400 responden yang diambil dengan menggunakan teknik sampling systematic random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaam, observasi, dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Structural Equation Model (SEM) dengan program Lisrel. Hasil penelitian dan temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan Good University Governance pada Perguruan Tinggi Negeri yang berstatus BHMN di Jawa Barat masih rendah, (2) Gambaran mengenai citra perguruan tinggi negeri berstatus BHMN di Jawa Barat yang terdiri dari reputation, personality, ethics/value dan corporate identity dinilai masih kurang baik, (3) Gambaran mengenai keunggulan bersaing Perguruan Tinggi negeri berstatus BHMN di Jawa Barat yang terdiri dari dimensi superior asset, superior capabilities dan superior control dinilai lebih rendah dibandingkan dengan Perguruan Tinggi lainnya, (4) Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Good University Governance yang diterapkan oleh masing-masing perguruan tinggi yang terdiri dari dimensi participation, rule of law, transparency, responsiveness, consensus oriented, equity inclusiveness, effectivenessefficiency serta accountability,berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra yang meliputi dimensi reputation, personality, ethics/value dan corporate identity, (5) Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Good university Governance yang diterapkan oleh masing-masing perguruan tinggi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, (6) Penelitian ini menunjukan bahwa Citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.  This research is motivated by the phenomenon of higher competition between public universities and private universities post-change status to BHMN which then turned into a BLU. This study aimed to analyze the effect of the application of the principles of good university governance and its implications on the image of the increase in the college 's competitive advantage. This research is descriptive and explanatory survey verification method. The sample size in this study were 400 respondents drawn using systematic random sampling technique sampling. Data was collected through kepustakaam study, observation , and questionnaires. While the data analysis techniques used to test the hypothesis is Structural Equation Model ( SEM ) with Lisrel program. The results of the research and findings of the study indicate that (1) Application of Good University Governance in the Public Universities in West Java BHMN status is low, (2) A description of the image of the state university status in West Java BHMN consisting of reputation , personality , ethics / values and corporate identity still unwell, (3) A description of the country 's competitive advantage status BHMN universities in West Java which consists of superior asset dimensions , superior capabilities and superior control was rated lower than other universities, (4) this study showed that the application of the Good University Governance implemented by each college consists of dimensions participation, rule of law, transparency, responsiveness, consensus oriented, equity and inclusiveness, effectiveness and efficiency and accountability , positive and significant effect on the image which includes the dimensions of reputation , personality, ethics/values and corporate identity, (5) this study shows that the implementation of good university governance applied by each college and a significant positive effect on competitive advantage, (6) this study shows that the positive and significant impact image to excellence compete.
KUALITAS LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU Komalia Komalia
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.505 KB) | DOI: 10.17509/jap.v17i1.6432

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengungkap pengaruh kualitas lingkungan sekolah dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja guru pada guru-guru SMP Negeri sekota Badung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif pada guru di 52  SMP Negeri sekota Bandung, sebanyak 976 guru, dengan sampel penelitian sebanyak 99 orang. Tehnik analisis data menggunakan teknik analitis regresi (regression analysis). Temuan penelitian ini adalah kualitas lingkungan sekolah adalah baik,gambaran dari motivasi kerja adalah sangat baik dan untuk produktivitas kerja guru sangat baik. Terdapat pengaruh positif dan signifikan yang diberikan oleh kualitas lingkungan sekolah terhadap produktivitas kerja guru, terdapat pengaruh positif dan signifikan yang diberikan  motivasi kerja terhadap produktivitas kerja guru, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan yang diberikan oleh kualitas lingkungan sekolah dan motivasi kerja guru terhadap produktivitas kerja guru. Saran dari penelitian ini adalah Pemerintah dan atau lembaga penyelenggara dan pengelola sekolah perlu memperhatikan dan menindaklanjuti upaya pemenuhan kebutuhan akan sarana dan prasarana fisik pembelajaran di sekolah yang bersangkutan. Dalam aspek kompetisi, perlu adanya dorongan dari para pimpinan sekolah agar guru membiasakan diri untuk mau berkompetisi. Kontribusi guru terhadap lingkungan, khususnya sekolah tempat dia bertugas, harus dipacu dari sikap dan budaya yang dibiasakan oleh lingkungan sekolah, yang didukung oleh manajemen sekolah yang baik. This study intends to reveal the influence of the quality of the school environment and motivation to work productivity of teachers at the Junior High School teachers derby Badung . The research method uses a quantitative approach to teacher at Junior High School 52 London derby , as many as 976 teachers , the study sample as many as 99 people . Technical analysis of the data using regression analytical techniques ( regression analysis ) . The findings of this study is the quality of the school environment is good , an overview of the motivation of the work is very good and for labor productivity is very good teacher . There is a positive and significant effect given by the quality of the school environment on the productivity of teachers , there is a positive and significant impact given motivation to work on the productivity of teachers , and there is a positive and significant effect given by the quality of the school environment and work motivation of teachers to work productivity of teachers . Suggestions from this study is the Government and or the providers and school administrators need to pay attention and follow up efforts to meet the need for physical infrastructure of learning at the school . In the aspect of competition , the need for encouragement of the leaders of the school for teachers to familiarize themselves to want to compete . Contribution of teachers to the environment , especially the school where he was in charge , must be driven from the attitude and culture that is the habit of the school environment , which is supported by a good school management .
PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS SEKOLAH (Studi Deskriptif Analitik di SMP Negeri Kota Bandung) Nur Ahmad Ruyani
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.715 KB) | DOI: 10.17509/jap.v17i1.6437

Abstract

Peningkatan efektivitas di sekolah ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Dengan kata lain, kepemimpinan kepala sekolah yang tidak mampu mewujudkan suasana nyaman bagi terciptanya iklim sekolah yang kondusif bagi para guru pada gilirannya akan berimbas pada menurunnya tingkat efektivitas sebuah sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan penelitian ini berfokus pada bagaimana gambaran/deskripsi perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi dan efektivitas sekolah? serta apakah perilaku kepemimpinan dan iklim organisasi berpengaruh terhadap efektivitas sekolah di SMP N Kota Bandung?. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru SMP N Kota Bandung yang berjumlah 1675 orang. Sedangkan sampel yang diambil dari penelitian ini berdasarkan perhitungan berjumlah 132 orang guru dari 33 sekolah. Berdasarkan analisis data diperoleh gambaran bahwa di SMP N Kota Bandung: (1) perilaku kepemimpinan kepala sekolahnya lebih berorientasi terhadap tugas (inisiasi struktur); (2) iklim organisasinya secara keseluruhan bersifat kondusif bagi proses belajar mengajar; (3) sekolahnya termasuk kategori sekolah efektif; serta (4) variabel perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel efektivitas sekolah. Increased effectiveness in school determined by school leadership. In other words, the principal leadership is not able to realize a comfortable atmosphere for the creation of a school climate that is conducive for teachers in turn will impact on the decrease in effectiveness of a school. Based on this background, this study focuses on the problem of how a picture/description of the behavior of school leadership, organizational climate and school effectiveness ? and whether leadership behavior and organizational climate affect the effectiveness of junior high school in Bandung ?. This study used a descriptive analytic methods with quantitative approaches. The population in this study is teacher of SMP N Bandung, which amounted to 1675 people. While the samples were taken from this study is based on the calculation of amounts to 132 teachers from 33 schools. Based on the analysis of the data indicated that in SMP N Bandung : (1) its principal leadership behavior is more oriented towards the task (initiation of structure  ; (2) overall organizational climate is conducive to the learning process ; (3) effective school including school category ; and (4) variable principal leadership behavior and organizational climate jointly or individually significant and positive effect on school effectiveness variables.
KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA TK DAN KEPUASAN KERJA GURU TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) GURU TK SE-KABUPATEN KUDUS Adim Dwi Putranti; Dedy Achmad Kurniady
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (661.61 KB) | DOI: 10.17509/jap.v17i1.6423

Abstract

TK adalah organisasi pendidikan yang memberikan pelayanan pendidikan anak usia dini.Salah satu kunci keberhasilan lembaga pendidikan TK adalah sejauh mana guru-guru memunculkan dan mengimplementasikan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dalam  pekerjaannya sehari-hari sehingga tujuan lembaga  tercapai. Untuk memunculkan dan mengimplementasikan OCB guru TK diperlukan adanya kepemimpinan transformasional kepala TK dan kepuasan kerja guru. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kepemimpinan transformasional kepala TK dan kepuasan kerja guru terhadap OCB guru TK se-Kabupaten Kudus. Hasil penelitian ditemukan  kecenderungan  variabel  Kepuasan Kerja Guru adalah sangat tinggi sedangkan variabel Kepemimpinan Transformasional Kepala TK dan OCB guru TK pada kategori tinggi. Kepemimpinan transformasional kepala TK memberikan kontribusi cukup tinggi terhadap variabel OCB guru TK , kepuasan kerja guru juga memberikan kontribusi cukup tinggi terhadap OCB  guru TK , dan keduanya memberikan kontribusi tinggi terhadap OCB  guru TK . Berdasarkan penemuan penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala TK dan kepuasan kerja guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap OCB guru TK. Rekomendasi untuk meningkatkan OCB guru TK adalah:  Kepala TK di Kabupaten Kudus untuk mempertahankan kepemimpinan tranformasional dan meningkatkan motivasi inspirasional kepada para guru TK dengan cara mengkomunikasikan dengan baik dan memberikan kepercayaan kepada para guru untuk meningkatan dan mengembangkan kemampuan diri agar tercapai tujuan di lembaga TK tempat mereka bekerja.Kindergarten is an educational institutions  that provides early childhood education services. One of the keys to the success of educational institutions such as Kindergartens is the extent to which kindergarten teachers demonstrate and implement Organizational Citizenship Behavior (OCB) in their daily work so that the institution's goals can be achieved. For kindergarten teachers to demonstrate and implement OCB, what is required is transformational leadership among Kindergarten principal, as well as teacher job satisfaction. The purpose of this study was to determine the contribution of transformational leadership of Kindergarten principal and teacher’s job satisfaction towards the OCB of kindergarten teachers in Kudus. The research found that data trends on  variable of  Teacher Job Satisfaction, is very high, while the data trends on both variables,  Transformational Leadership of Kindergarten principals and the kindergarten teachers’ OCB variable are  high. The contribution of Transformational leadership of kindergarten principal to the OCB of kindergarten teachers variable was fairly high, the contribution of teachers’job satisfaction to kindergarten teachers’ OCB was also fairly high, and both variables to the kindergarten teachers’ OCB was high. Based on the research findings, it can be concluded that the transformational leadership of kindergarten principal and teachers’ job satisfaction both have a significant influence on kindergarten teachers’ OCB. Recommendations to improve the OCB of kindergarten teachers include Principals in kindergartens in Kudus maintaining transformational leadership and inspirational motivation to improve kindergarten teachers’communication skills, as well as building teacher confidence to improve and develop their ability to achieve goals in the kindergartens where they work.
KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA TK DAN PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS SEKOLAH Gustria Sari
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.611 KB) | DOI: 10.17509/jap.v17i1.6442

Abstract

Pengelolaan efektivitas sekolah merupakan hal  urgen terutama di SDN. Penelitian ini tujuannya mengetahui gambaran kepemimpinan instruksional kepala sekolah, iklim sekolah dan efektivitas sekolah serta menganalisis pengaruh secara parsial maupun simultan terhadap efektivitas sekolah di SDN. Metode penelitian yang digunakan  menggunakan pendekatan   kuantitatif, dengan  metode survey dan angket sebagai instrumennya, populasi 30 SDN, sampel 95 guru di SDN Kecamatan Katapang. Hasil penelitian menunjukan bahwa  gambaran kepemimpinan instruksional kepala sekolah, iklim sekolah, dan efektivitas sekolah pada  kategori sangat tinggi, Kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan iklim sekolah berpengaruh dan signifikan terhadap efektivitas sekolah. Temuan penelitian, peran kepala sekolah  sebagai pemrakarsa  inovatif dan kreatif perubahan/kemajuan pendidikan, minat profesional guru, dukungan orang tua, motivasi siswa, dan prestasi siswa masih rendah. Rekomendasi, meningkatkan kompetensi dan ketrampilan kepala sekolah, memfungsikan wadah MKKS, tumbuhkan komitmen dan dedikasi tinggi sebagai guru profesional bagi guru, orang tua menjadi mitra sekolah , dan pelaksanaan program Diklat dan PKB bagi kepala sekolah dan guru oleh Dinas Pendidikan Kecamatan, Kabupaten, dan Propinsi.   This is what underlies the important of school effectiveness especially in elementary public school. This research purpose is to find out the description of school effectiveness with the factors which influence it such as the Head master instructional leadership and school climate. And also analyze the major influence of those two factors toward school effectiveness in the Katapang  Subdistrict Elementary Public School. The methodology used is quantitative approach,survey, The population number is 30 elementary school and the sample number is 95 teachers.  The conclusion of this research is the general description about headmaster instructional leadership, school climate and school effectiveness is also in very high category. Head master instructional leadership and school climate give positive and quite significant influence toward school effectiveness. In this research is also found indicator of they are the role of head master as the person who is innovative and creative in developing and enhancing education, teacher professionalism interest, parent’s support, student motivation and student’s achievement is low level. Based on the findings, writer recommends the headmasters to improve the competence and skill as headmaster and the function MKKS organization for teacher to increase high commitment and dedication as a professional teacher, for parents to be a great school partner, and to the education institutions which are responsible in subdistrict/city/district to arrange training for headmaster and PKB program for teacher .
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI SEKOLAH DASAR Didik Agus Triwiyono; Danny Meirawan
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.106 KB) | DOI: 10.17509/jap.v17i1.6433

Abstract

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Fithrah Insani harus memberikan layanan jasa pendidikan yang berkualitas. Untuk itu perlu didukung dengan kualitas informasi akademik yang akurat, tepat, dan cepat menggunakan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Akademik yang baik. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis implementasi SIM Akademik berbasis teknologi informasi di SDIT Fithrah Insani dan efektivitasnya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang menganalisis kebutuhan dan perencanaan strategis implementasi SIM akademik serta evaluasi efektivitas implementasinya. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi kemudian diolah dan dianalisis menggunakan metode analisis value chain dan analisis SWOT, analisis efektivitas implementasi SIM dilakukan dengan menggunakan model kesuksesan sistem informasi DeLone McLean yang terdiri atas tiga dimensi kualitas yaitu kualitas informasi, sistem, dan pelayanan. Kesimpulan penelitian ini adalah SDIT Fithrah Insani memiliki kekuatan internal dan peluang yang tinggi untuk mengimplementasikan SIM Akademik berbasis teknologi informasi. SIM yang dipilih adalah Sistem Informasi Sekolah berbasis web yang dibuat oleh Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah (JIBAS). Dan hasil analisis menunjukkan bahwa sistem informasi tersebut efektif dengan tingkat efektivitas sebesar 83.21% dari kriteria yang diharapkan. Rekomendasi penelitian ini adalah agar melakukan implementasi sepenuhnya SIM Akademik yang ada, dan perlu dilakukan penelitian lanjutan yang menguji dampak implementasi SIM Akademik ini. Islamic Integrated Primary School (SDIT) Fithrah Insani must provide quality education services. For it must be supported by the quality of academic information that is accurate, precise, and quick. It can use an Academic Management Information System (MIS). This study aimed to analyze the implementation of information technology based Academic MIS in SDIT Fithrah Insani and its effectiveness. The method used is a qualitative method of analyzing requirements and strategic planning implementation and evaluation of the effectiveness of Academic MIS implementation. Data were collected through interviews, observation, and study documentation was processed and analyzed using the method of value chain analysis and SWOT analysis, analysis of the effectiveness of MIS implementation is done using information systems success model of DeLone McLean of three-dimensional quality of the quality of information, systems, and services. Conclusions of this study is SDIT Fithrah Insani has internal forces and high chance to implement information technology based Academic MIS. Selected MIS is a web-based School of Information Systems made by the Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah (JIBAS). And analytical results show that an effective information system to rate the effectiveness of 83.21% of the expected criteria. Recommendations of this study is to fully implement the existing Academic MIS, and further studies will be needed to test the impact of the implementation of this academic MIS.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, PELATIHAN, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE) SE-KOTA BANDUNG Rahmat Gumilar; Eka Prihatin
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.386 KB) | DOI: 10.17509/jap.v17i1.6438

Abstract

Pelayanan Administrasi akademik merupakan salah satu pelayanan yang diberikan oleh pihak Perguruan Tinggi untuk mahasiswa. Kualitas layanan (service quality) yang baik akan meningkatkan kepuasan dan mempengaruhi tingkat competitive advantage perguruan tinggi untuk dapat memenangkan persaingan. Dalam upaya meningkatkan layanan administrasi akademik maka diperlukan peningkatan kinerja dari karyawan administrasi akademik tersebut berupa kepemimpinan yang transformasional, pemberian pelatihan-pelatihan, dan peningkatan motivasi melalui pemenuhan kebutuhan-kebutuhan karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu karyawan administrasi akademik yang berjumlah 41 responden yang tersebar di 12 STIE di Kota Bandung. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah 1) Perhitungan rata-rata variabel, 2) Uji Normalitas, 3) Analisis Korelasi, 4) Analisis Regresi Sederhana dan Ganda untuk menentukan hubungan kausalitas. Kesimpulan penelitian yaitu hasil kecenderunagn umum, kepemimpinan, pelatihan dan motivasi berkategori baik. Sedangkan kinerja karyawan berkategori sangat baik. Hasil analisis regresi sederhana menyatakan bahwa kepemimpinan transformasional tidak memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan, pelatihan memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 16%, dan motivasi memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 17,8%. Hasil analisis regresi ganda menyatakan bahwa kepemimpinan transformasional, pelatihan, dan motivasi secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 25,4% dan sisanya 74,6% dipengaruhi faktor lain. Academic Administrative Services is one of the services provided by the College for students. Quality of service (service quality) will both increase the satisfaction level of competitive advantage and influence the college to be able to win the competition. In an effort to improve the administrative services it is necessary to increase the academic performance of academic administrative personnel in the form of transformational leadership, training services, and increased motivation through the fulfillment of employee needs. The method used in this research is descriptive method with quantitative approach. The sample used is academic administrative employees, which amounted to 41 respondents spread across 12 STIE in Bandung. The data processing techniques used are: 1) Calculation of average variable. 2) Normality Test. 3) Correlation Analysis. 4) Simple and Multiple Regression Analysis to determine causality.Conclusion of a study that is generally, leadership, training, and motivation in good categorized, While the employee's performance is very good category. The results of simple regression analysis states that transformational leadership does not give effect to the performance of employees, training impact the performance of employees by 16%, and motivation gives effect to the performance of employees at 17.8%. The results of multiple regression analysis states that transformational leadership, training, and motivation together give effect to the performance of employees by 25.4% and the remaining 74.6% influenced by other factors.
STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA PROGRAM STUDI LANGKA PEMINAT DI PTAIN Improving the quality, study program with low registries, PTAIN. Fety Ernawati; Djam'an Satori
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (872.9 KB) | DOI: 10.17509/jap.v17i1.6428

Abstract

Problem utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi peningkatan mutu pendidikan pada program studi langka peminat di PTAIN. Atas dasar masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pemahaman terhadap realitas program studi langka peminat di PTAIN dan factor-faktor yang mempengaruhinya, 2) Mutu program studi langka peminat di PTAIN dan factor-faktor yang mempengaruhinya, 3) Strategi peningkatan mutu pendidikan pada program studi langka peminat di PTAIN. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan latar penelitian adalah prodi Aqidah Filsafat di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Walisongo Semarang dan STAIN Surakarta. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa:1) Pemahaman stakeholders terhadap realitas kelangkaan peminat pada program studi langka peminat di PTAIN adalah prodi ini krisis input, ada pemahaman yang salah dari masyarakat tentang prodi AF, ketidakjeasan lapangan pekerjaan bagi lulusan AF; 2) Mutu proses pendidikan relatif memenuhi kepuasan pelanggan. Permasalahan mutu prodi AF terletak pada mutu input dan mutu outputnya; 3) Strategi peningkatan mutu pendidikan dititikberatkan pada peningkatan Relevancy dan Sustainability yang selama ini menjadi problem pokok pada prodi Aqidah Filsafat. Rekomendasi bagi Pengelola PTAIN, Diktis atau Kemenag,peneliti selanjutnya perlu melakukan ujicoba strategi hipotetik ini bagi prodi langka peminat di lingkungan PTAIN (UIN, IAIN, STAIN) yang lain. The main problem of this research is how the strategy of improving the quality of education in study program with low registries in PTAIN. This research studies the strategy of improving the quality of education in study program with low registries to know: 1) the understanding toward the reality of study program with low registries in PTAIN and factors influencing it, 2) the quality of study program with low registries in PTAIN and factors influencing it, 3) The strategy of improving the quality of education in study program with low registries in PTAIN.The approach used is qualitative and the setting of research is Aqidah Filsafat study program in UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Walisongo Semarang, and STAIN Surakarta.The result of the research can be concluded as follows: 1) the understanding of stakeholders toward the reality of study program with low registries in PTAIN and factors influencing it as follows: the crisis of input, false understanding of society about AF study program, unclear opportunities of employment for the graduates; 2)the quality of education process relatively fulfils customer satisfaction. The problem of the quality of AF study program is the quality of its input and output. 3) The strategy focuses on the improvement of Relevancy and Sustainability which becomes the main problem in AF study program.The recommendation for the managers of PTAIN, Diktis or Kemenag, and the next researchers is conducting try-out of the finding of this strategy in study program with low registries in other PTAIN (UIN, IAIN, STAIN).
MODEL PENGEMBANGAN KAPASITAS MANAJEMEN SEKOLAH (SCHOOL CAPACITYBUILDING) UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Djam’an Satori; Danny Meirawan; Aan Komariah
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.125 KB) | DOI: 10.17509/jap.v17i1.6443

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan yang ditandai dengan rendahnya profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan; kurangnya ketersediaan dan pemanfaatan sarana-prasarana; lemahnya penggalian, manajemen dan akuntabilitas keuangan; dan kurangnya prakarsa/inisiatif berinovasi dalam pengembangan kurikulum merupakan akar masalah perlunya peningkatan kapasitas manajemen sekolah dalam merespons kebutuhan stakeholders dan kemajuan ilmu pengetahuan. Tiga segitiga sama sisi kapasitas yaitu kapasitas individu, kapasitas organisasi, kapasitas kepemimpinan menjadi fokus kajian pengembangan kapasitas manajemen sekolah. Penelitian yang melibatkan mahasiswa ini secara intensif menggunakan metode RD dalam rekabangun model yang paling feasibel untuk membangun kapasitas manajemen sekolah yang efektif dan efisien pada SMA di Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan kapasitas manajemen sekolah dimulai dari peningkatan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan profesional yang dilandasai pengembangan diri secara individual dan kelompok, dilakukan secara kontinu dan dengan penilaian kinerja yang valid. Alat untuk meningkatkan keberlanjutan bagi pengembangan kapasitas manajemen adalah kolegialitas dan prinsip pelaksanaannya adalah berkelanjutan melalui suatu action plan yang terukur. Model yang dikembangkan adalah 4CeeS untuk kepemimpinan bintang 5. 4CS (Casing, Communicating, Competencies, Contribution, Sample), Bintang lima 2 dimensi (Dimensi 1 : spirit-self dicipline, relationship-heart, purpose; Dimensi 2: Constructivistic Leadership-Valuebased leadership-servant leadership; transformationalleadership;visionary leadership)The low quality of education in Indonesia has been indicated by several phenomena, such as the low quality of teachers’ and educational staffs professionalism; the lack of facility, deficiency of educational financing in terms of absorption, budgeting, and accountability; the lack of educational innovations in developing curriculum. Those fundamental problems indicate the need of improvement in terms of capacity development for school management that will be able to response to stakeholder’s needs and scientific development. Importantly, there are three important aspects that should be kept in mind to develop the capacity of school management. Those important aspects are individual, organizational, and leadership capacity. To construct a feasible model that will be able to build an efficient and effective senior high school management in West Java-Indonesia, this study employed a research and development (RD) methodology. The findings revealed that the development of school management was started from the improvements done by teachers and administrators underlined. The improvements made were laid on the foundation of individual and organizational development through managerial tools. One of the tools that could be used was collegiality. It was recommended therefore that the collegiality should be based on measurable action plans that lead to a 4CS model — Casing, Communicating, Competencies, Contribution, and Sample. 4CS model is adopted from five-star leadership that has two dimensions. When the first dimension consists of self-discipline spirit, affective relationship, and purpose, the second dimension consists of constructive, value-based, servant, transformational, and visionary leadership.

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 21, No 2 (2024): OCTOBER 2024 Vol 21, No 1 (2024): APRIL 2024 Vol 20, No 2 (2023): OCTOBER 2023 Vol 20, No 1 (2023): APRIL 2023 Vol 19, No 2 (2022): OCTOBER 2022 Vol 19, No 1 (2022): APRIL 2022 Vol 18, No 2 (2021): OCTOBER 2021 Vol 18, No 1 (2021): APRIL 2021 Vol 28, No 3 (2021): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN: Volume 28 Special Issue: Forum ASN Internasiona Vol 27, No 2 (2020): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVII NO.2 OKTOBER 2020 Vol 27, No 1 (2020): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVII NO.1 APRIL 2020 Vol 17, No 2 (2020): OCTOBER 2020 Vol 17, No 1 (2020): APRIL 2020 Vol 26, No 2 (2019): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVI NO.2 OKTOBER 2019 Vol 26, No 1 (2019): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVI NO.1 APRIL 2019 Vol 16, No 2 (2019): OCTOBER 2019 Vol 16, No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018 Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018 Vol 25, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.1 APRIL 2018 Vol 25, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.1 APRIL 2018 Vol 15, No 2 (2018): OCTOBER 2018 Vol 15, No 1 (2018): APRIL 2018 Vol 24, No 2 (2017): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXIV NO.2 OKTOBER 2017 Vol 21, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.2 Oktober 2014 Vol 12, No 1 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.1 April 2010 Vol 24, No 1 (2017): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.I April 2017 Vol 24, No 1 (2017): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.I April 2017 Vol 14, No 2 (2017): OCTOBER 2017 Vol 14, No 1 (2017): APRIL 2017 Vol 23, No 2 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.2 Oktober 2016 Vol 23, No 2 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.2 Oktober 2016 Vol 23, No 1 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.1 April 2016 Vol 13, No 2 (2016): OCTOBER 2016 Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016 Vol 22, No 2 (2015): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.2 Oktober 2015 Vol 22, No 1 (2015): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.1 April 2015 Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015 Vol 12, No 1 (2015): APRIL 2015 Vol 21, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.2 Oktober 2014 Vol 21, No 1 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.I April 2014 Vol 21, No 1 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.I April 2014 Vol 11, No 2 (2014): OCTOBER 2014 Vol 11, No 1 (2014): APRIL 2014 Vol 17, No 1 (2013): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XVII No.1 April 2013 Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013 Vol 14, No 1 (2012): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIV No.I April 2012 Vol 9, No 1 (2012): APRIL 2012 Vol 14, No 2 (2011): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIV No.2 Oktober 2011 Vol 13, No 1 (2011): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIII No.1 April 2011 Vol 8, No 2 (2011): OCTOBER 2011 Vol 8, No 1 (2011): APRIL 2011 Vol 12, No 2 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.2 Oktober 2010 Vol 12, No 2 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.2 Oktober 2010 Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010 Vol 7, No 1 (2010): APRIL 2010 Vol 9, No 1 (2009): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.IX No.1 April 2009 Vol 6, No 2 (2009): OCTOBER 2009 Vol 6, No 1 (2009): APRIL 2009 Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol VIII No 2 Oktober 2008 Vol 7, No 1 (2008): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.VII No.1 April 2008 Vol 5, No 2 (2008): OCTOBER 2008 Vol 5, No 1 (2008): APRIL 2008 Vol 5, No 1 (2007): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.V No.1 April 2007 Vol 4, No 1 (2007): APRIL 2007 Vol 3, No 1 (2005): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.III No.1 April 2005 Vol 3, No 2 (2005): OCTOBER 2005 Vol 3, No 1 (2005): APRIL 2005 Vol 2, No 1 (2004): OCTOBER 2004 Vol 1, No 1 (2003): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.I No.1 April 2003 Vol 1, No 1 (2003): APRIL 2003 More Issue