Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia
Jurnal Administrasi Pendidikan (JAP) published on 2003 with the ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 and issued by Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. JAP is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research articles in the scope of Educational Administration including Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Facilities and Infrastructure, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and Organization.
Articles
14 Documents
Search results for
, issue
"Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010"
:
14 Documents
clear
HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN DAN ETOS KERJA ANGGOTA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DENGAN PROFESIONALITAS GURU
Budi Sutrisno
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (207.302 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v12i2.6378
Profesionalitas guru harus selalu ditingkatkan dengan cara mengoptimalkan kompetensi akademik, kompetensi pedagoglk, kompetensi professional, dan kompetensi ssosialnya. Profesionalitas guru ditentukan oleh banyak factor, diantaranya adalah efektivitas manajemen pembelajaran dan etos kerja yang tinggi. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui seberapa besar hubungan efektivitas manajemen pembelajaran dan etos keija dengan profesionalitas guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik negeri maupun swasta yang ada di kecamatan Ciampel, kabupaten Karawang
KONTRIBUSI PEMBERIAN INSENTIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA MENGAJAR GURU DI SMPN KECAMATAN CIBATU DAN CAMPAKA KABUPATEN PURWAKARTA
Imas Masitoh
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (228.747 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v12i2.6368
Produktivitas kerja menguar guru menjadi sangat penting untuk selalu ditingkatkan, hal ini dikarenakan guru adalah orang yang langsung bersinggungan dengan peserta didik, untuk memberikan bimbingan yang muaranya akan menghasilkan lulusan yang diharapkan. Produktivitas kerja mengajar guru ini lebih difokuskan pada pemberian insentif dan motivasi berprestasi guru dalam upaya peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama, pemberian insentif dan motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja mengajar guru di SMPN Kecamatan Cibatu dan Campaka Kabupaten Purwakarta sebesar 43% dan sisanya 57% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak «Steliti. Pemberian insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja mengajar guru di SMPN Kecamatan Cibatu dan Campaka Kabupaten Purwakarta, begitu juga dengan motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja mengajar guru di SMPN Kecamatan Cibatu dan Campaka Kabupaten Purwakarta.
PENGARUH PENDIDIKAN DALAM JABATAN DAN KESEJAHTERAAN TERHADAP KUALITAS KINERJA GURU SEKOLAH DASAR
Sugeng Sugeng
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (215.934 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v12i2.6374
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah sangat dibutuhkan adanya tenaga guru yang professional ditugaskan secara penuh untuk melaksanakan pendidikan di sekolah. Lebih jauh Brandit dalam Jalai dan Supriadi (2001: 262) menyatakan: ‘Guru merupakan kunci dalam peningkatan mutu pendidikan dan mereka berada d titik sentral dari setiap usaha reformasi pendidikan yang diarahkan pada perubahan-perubahan kualitatif.' Fenomena di lapangan, meningkatkan kualitas kinerja guru ternyata sangat sulit untuk segera dapat diwujudkan, karena hal tersebut sangat berkaitan dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya
STRATEGI PENDAMPINGAN DAUM PENINGKATAN KEMANDIRIAN BEUJAR MASYARAKAT
Mulyati Purwasasmita
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (152.981 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v12i2.6379
Untuk dapat meningkatkan kemandirian belajar bagi warga belajar pada komunitas belajar Nusa Madani Desa Cibogo Lembang diperlukan strategi pendampingan yang tepat dari para psilitator dengan membekali warga belajar dengan berbagai keterampilan hidup (life skill) dan kompetensi lain yang memberikan nilai tambah secara ekonomi, sosial, dan budaya. Kualitas warga Negara yang diharapkan dalam pendidikan luar sekolah sebagai pengejawantahan dari pendidikan non-formal diantaranya harus memiliki kepekaan terhadap (1) jatidlri dan potensi untuk membangun identitas etnik; (2) kemampuan untuk toleran dan bekerjasama dengan orang lain yang berbeda; (3) keinginan untuk berpartisipasi dalam meningkatkan akuntabilitas pemerintahan; (4) keinginan untuk mengendalikan dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan ekonomi dan pilihan pribadi; (5) keadilan dan komitmen terhadap pemerataan kesejahteraan masyarakat. (Hufad: 2009).
KAPASITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN SEKOLAH EFEKTIF
Karmu Karmu
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (228.839 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v12i2.6369
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran dan pengaruh kapasitas kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah dalam mengimplementasikan sekolah efektif. Tujuannya untuk mengetahui dan menganalisis gambaran pengaruh antar variable kapasitas kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, dan implementasi sekolah efektif. Penelitian ini menggunak metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil secar random 72 guru dari populasi sejumlah 172 orang. Wilayah penelitian dilakukan pada Sekolah Dasar se-Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan. Teknik yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial.
PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP ETOS KERJA GURU DI SMPN KECAMATAN CIBATU KABUPATEN PURWAKARTA
Vitha Prima Dewi
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (204.693 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v12i2.6375
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh kepemimpinan Situasional kepala sekolah dan Disiplin Kerja Terhadap Etos Keija Guru di SMPN Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMPN Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta yakni 46 orang. Dari populasi guru akan diambil secara keseluruhan sebagai sampel sebagaimana yang dikemukakan Arikunto (1998:107) “Untuk sekedar ancer-ancer maka apabila subyeknya kurang dari 100, maka lebih baik diambil semua, sehingga penelitian merupakan penelitian populasi”. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian mengindikasikan: (1) terdapat pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap etos kerja guru di SMPN Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta, (2) terdapk pengaruh disiplin kerja guru terhadap etos keija guru di SMPN Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta, (3) terdapat pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di SMPN Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta
KONTRIBUSI PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA KOMITE SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) (Pada SMK Negeri di Kabupaten Tasikmalaya)
Asep Mahmud
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (206.557 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v12i2.6365
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja komite sekolah terhadap efektivitas implementasi MBS pada SMK Negeri di Kabupaten Tasikmalaya. Sampel diambil secara random sebanyak 62 orang guru dari populasi sebanyak 165 guru. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian mengindikasikan: (1) terdapat kontribusi yang signifikan dari perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas implementasi MBS, (2) terdapat kontribusi yang signifikan dari kinerja komite sekolah terhadap efektivitas implementasi MBS, (3) terdapat kontribusi yang signifikan dari perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja komite sekolah secara simultan terhadap efektivitas implementasi MBS pada SMK Negeri di Kabupaten Tasikmalaya
PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN ETOS KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BABAKAN CIKAO KABUPATEN PURWAKARTA
Ina Nurlina
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (169.189 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v12i2.6380
Guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Di kelaslah segala aspek pendidikan pengajaran bertemu dan berproses. Guru dengan segala kemampuannya, siswa dengan segala latar belakang dan sifat-sifat individualnya, kurikulum dengan segala komponennya, dan materi serta sumber pelajaran dengan segala pokok bahasannya bertemu dan berpadu dan berinteraksi di kelas. Bahkan hasil dari pendidikan dan pengajaran sangat ditentukan oleh apa yang terjadi di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket dengan jumlah sample penelitian sebanyak 108 responden dari total jumlah guru SD sebanyak 242 orang.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas guru SD di Kecamatan Babakandkao adalah 3,928 yang artinya berada dalam katagori baik. Etos kerja guru SD di Kecamatan Babakandkao adalah 4,330 yang artinya berada dalam katagori sangat baik. Efektivitas proses belajar mengajar guru SD di Kecamatan Babakandkao adalah 4,292 yang artinya berada dalam kategori sangat baik. Pengaruh manajemen kelas terhadap efektivitas proses belajar mengajar sebesar 47.87%. Pengaruh etos kerja terhadap efektivitas proses belajar mengajar sebesar 16.93%, dan pengaruh manajemen kelas dan etos kerja secara bersama-sama terhadap efektivitas proses belajar mengajar sebesar 48.30%.
KONTRIBUSI PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA MUTU TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU PADA SMK NEGERI DI KOTA TASIKMALAYA
Didah Sa’adah Sukanda
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (230.079 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v12i2.6366
Masalah penelitian ini adalah bagaimana gambaran perilaku kepemimpinan kepala sekolah , dan budaya mutu terhadap kinerja mengajar guru. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah terdapat kontribusi positif dan signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan budaya mutu terhadap kinerja mengajar guru. Hasil penelitian ditemukan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan budaya mutu terhadap kinerja mengajar guru terdapat kontribusi yang positif dan siginifikan. Berdasarkan penelitian direkomendasikan, untuk meningkatkan kinerja mengajar guru dilakukan dengan membenkan pelatihan, kebebasan melakukan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki, melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, karena pada akhirnya kinerja mengajar guru akan bergerak seirama dengan perkembangan budaya mutu.
PRODUKTIVITAS SEKOLAH (Studi Analisis tentang Pengaruh Tindakan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru terhadap Produktivitas Sekolah pada SMK di Wilayah Soreang I Kabupaten Bandung)
Rostini Rostini
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (243.995 KB)
|
DOI: 10.17509/jap.v12i2.6371
Masalah pokok penelitian ini adalah produktivitas sekolah. Inti kajian difokuskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas sekolah, meliputi tindakan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja mengajar guru. Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh tindakan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja mengajar guru terhadap produktivitas sekolah pada SMK di wilayah UPTD Soreang I Kabupaten Bandung bak secara parsial muapun bersama. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif yang didukung oleh metode penelitian survey.