cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia
ISSN : 14128152     EISSN : 25801007     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Administrasi Pendidikan (JAP) published on 2003 with the ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 and issued by Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. JAP is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research articles in the scope of Educational Administration including Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Facilities and Infrastructure, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and Organization.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010" : 14 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN DAN ETOS KERJA ANGGOTA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DENGAN PROFESIONALITAS GURU Budi Sutrisno
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.302 KB) | DOI: 10.17509/jap.v12i2.6378

Abstract

Profesionalitas guru harus selalu ditingkatkan dengan cara mengoptimalkan kompetensi akademik, kompetensi pedagoglk, kompetensi professional, dan kompetensi ssosialnya. Profesionalitas guru ditentukan oleh banyak factor, diantaranya adalah efektivitas manajemen pembelajaran dan etos kerja yang tinggi. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui seberapa besar hubungan efektivitas manajemen pembelajaran dan etos keija dengan profesionalitas guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik negeri maupun swasta yang ada di kecamatan Ciampel, kabupaten Karawang
KONTRIBUSI PEMBERIAN INSENTIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA MENGAJAR GURU DI SMPN KECAMATAN CIBATU DAN CAMPAKA KABUPATEN PURWAKARTA Imas Masitoh
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.747 KB) | DOI: 10.17509/jap.v12i2.6368

Abstract

Produktivitas kerja menguar guru menjadi sangat penting untuk selalu ditingkatkan, hal ini dikarenakan guru adalah orang yang langsung bersinggungan dengan peserta didik, untuk memberikan bimbingan yang muaranya akan menghasilkan lulusan yang diharapkan. Produktivitas kerja mengajar guru ini lebih difokuskan pada pemberian insentif dan motivasi berprestasi guru dalam upaya peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama, pemberian insentif dan motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja mengajar guru di SMPN Kecamatan Cibatu dan Campaka Kabupaten Purwakarta sebesar 43% dan sisanya 57% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak «Steliti. Pemberian insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja mengajar guru di SMPN Kecamatan Cibatu dan Campaka Kabupaten Purwakarta, begitu juga dengan motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja mengajar guru di SMPN Kecamatan Cibatu dan Campaka Kabupaten Purwakarta.
PENGARUH PENDIDIKAN DALAM JABATAN DAN KESEJAHTERAAN TERHADAP KUALITAS KINERJA GURU SEKOLAH DASAR Sugeng Sugeng
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.934 KB) | DOI: 10.17509/jap.v12i2.6374

Abstract

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah sangat dibutuhkan adanya tenaga guru yang professional ditugaskan secara penuh untuk melaksanakan pendidikan di sekolah. Lebih jauh Brandit dalam Jalai dan Supriadi (2001: 262) menyatakan: ‘Guru merupakan kunci dalam peningkatan mutu pendidikan dan mereka berada d titik sentral dari setiap usaha reformasi pendidikan yang diarahkan pada perubahan-perubahan kualitatif.' Fenomena di lapangan, meningkatkan kualitas kinerja guru ternyata sangat sulit untuk segera dapat diwujudkan, karena hal tersebut sangat berkaitan dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya
STRATEGI PENDAMPINGAN DAUM PENINGKATAN KEMANDIRIAN BEUJAR MASYARAKAT Mulyati Purwasasmita
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.981 KB) | DOI: 10.17509/jap.v12i2.6379

Abstract

Untuk dapat meningkatkan kemandirian belajar bagi warga belajar pada komunitas belajar Nusa Madani Desa Cibogo Lembang diperlukan strategi pendampingan yang tepat dari para psilitator dengan membekali warga belajar dengan berbagai keterampilan hidup (life skill) dan kompetensi lain yang memberikan nilai tambah secara ekonomi, sosial, dan budaya. Kualitas warga Negara yang diharapkan dalam pendidikan luar sekolah sebagai pengejawantahan dari pendidikan non-formal diantaranya harus memiliki kepekaan terhadap (1) jatidlri dan potensi untuk membangun identitas etnik; (2) kemampuan untuk toleran dan bekerjasama dengan orang lain yang berbeda; (3) keinginan untuk berpartisipasi dalam meningkatkan akuntabilitas pemerintahan; (4) keinginan untuk mengendalikan dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan ekonomi dan pilihan pribadi; (5) keadilan dan komitmen terhadap pemerataan kesejahteraan masyarakat. (Hufad: 2009).
KAPASITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN SEKOLAH EFEKTIF Karmu Karmu
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.839 KB) | DOI: 10.17509/jap.v12i2.6369

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran dan pengaruh kapasitas kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah dalam mengimplementasikan sekolah efektif. Tujuannya untuk mengetahui dan menganalisis gambaran pengaruh antar variable kapasitas kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, dan implementasi sekolah efektif. Penelitian ini menggunak metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil secar random 72 guru dari populasi sejumlah 172 orang. Wilayah penelitian dilakukan pada Sekolah Dasar se-Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan. Teknik yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial.
PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP ETOS KERJA GURU DI SMPN KECAMATAN CIBATU KABUPATEN PURWAKARTA Vitha Prima Dewi
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.693 KB) | DOI: 10.17509/jap.v12i2.6375

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh kepemimpinan Situasional kepala sekolah dan Disiplin Kerja Terhadap Etos Keija Guru di SMPN Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMPN Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta yakni 46 orang. Dari populasi guru akan diambil secara keseluruhan sebagai sampel sebagaimana yang dikemukakan Arikunto (1998:107) “Untuk sekedar ancer-ancer maka apabila subyeknya kurang dari 100, maka lebih baik diambil semua, sehingga penelitian merupakan penelitian populasi”. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian mengindikasikan: (1) terdapat pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap etos kerja guru di SMPN Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta, (2) terdapk pengaruh disiplin kerja guru terhadap etos keija guru di SMPN Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta, (3) terdapat pengaruh kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di SMPN Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta
KONTRIBUSI PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA KOMITE SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) (Pada SMK Negeri di Kabupaten Tasikmalaya) Asep Mahmud
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.557 KB) | DOI: 10.17509/jap.v12i2.6365

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja komite sekolah terhadap efektivitas implementasi MBS pada SMK Negeri di Kabupaten Tasikmalaya. Sampel diambil secara random sebanyak 62 orang guru dari populasi sebanyak 165 guru. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian mengindikasikan: (1) terdapat kontribusi yang signifikan dari perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas implementasi MBS, (2) terdapat kontribusi yang signifikan dari kinerja komite sekolah terhadap efektivitas implementasi MBS, (3) terdapat kontribusi yang signifikan dari perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja komite sekolah secara simultan terhadap efektivitas implementasi MBS pada SMK Negeri di Kabupaten Tasikmalaya
PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN ETOS KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BABAKAN CIKAO KABUPATEN PURWAKARTA Ina Nurlina
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.189 KB) | DOI: 10.17509/jap.v12i2.6380

Abstract

Guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Di kelaslah segala aspek pendidikan pengajaran bertemu dan berproses. Guru dengan segala kemampuannya, siswa dengan segala latar belakang dan sifat-sifat individualnya, kurikulum dengan segala komponennya, dan materi serta sumber pelajaran dengan segala pokok bahasannya bertemu dan berpadu dan berinteraksi di kelas. Bahkan hasil dari pendidikan dan pengajaran sangat ditentukan oleh apa yang terjadi di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket dengan jumlah sample penelitian sebanyak 108 responden dari total jumlah guru SD sebanyak 242 orang.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas guru SD di Kecamatan Babakandkao adalah 3,928 yang artinya berada dalam katagori baik. Etos kerja guru SD di Kecamatan Babakandkao adalah 4,330 yang artinya berada dalam katagori sangat baik. Efektivitas proses belajar mengajar guru SD di Kecamatan Babakandkao adalah 4,292 yang artinya berada dalam kategori sangat baik. Pengaruh manajemen kelas terhadap efektivitas proses belajar mengajar sebesar 47.87%. Pengaruh etos kerja terhadap efektivitas proses belajar mengajar sebesar 16.93%, dan pengaruh manajemen kelas dan etos kerja secara bersama-sama terhadap efektivitas proses belajar mengajar sebesar 48.30%.
KONTRIBUSI PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA MUTU TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU PADA SMK NEGERI DI KOTA TASIKMALAYA Didah Sa’adah Sukanda
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.079 KB) | DOI: 10.17509/jap.v12i2.6366

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bagaimana gambaran perilaku kepemimpinan kepala sekolah , dan budaya mutu terhadap kinerja mengajar guru. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah terdapat kontribusi positif dan signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan budaya mutu terhadap kinerja mengajar guru. Hasil penelitian ditemukan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan budaya mutu terhadap kinerja mengajar guru terdapat kontribusi yang positif dan siginifikan. Berdasarkan penelitian direkomendasikan, untuk meningkatkan kinerja mengajar guru dilakukan dengan membenkan pelatihan, kebebasan melakukan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki, melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, karena pada akhirnya kinerja mengajar guru akan bergerak seirama dengan perkembangan budaya mutu.
PRODUKTIVITAS SEKOLAH (Studi Analisis tentang Pengaruh Tindakan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru terhadap Produktivitas Sekolah pada SMK di Wilayah Soreang I Kabupaten Bandung) Rostini Rostini
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.995 KB) | DOI: 10.17509/jap.v12i2.6371

Abstract

Masalah pokok penelitian ini adalah produktivitas sekolah. Inti kajian difokuskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas sekolah, meliputi tindakan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja mengajar guru. Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh tindakan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja mengajar guru terhadap produktivitas sekolah pada SMK di wilayah UPTD Soreang I Kabupaten Bandung bak secara parsial muapun bersama. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif yang didukung oleh metode penelitian survey.

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2010 2010


Filter By Issues
All Issue Vol 21, No 2 (2024): OCTOBER 2024 Vol 21, No 1 (2024): APRIL 2024 Vol 20, No 2 (2023): OCTOBER 2023 Vol 20, No 1 (2023): APRIL 2023 Vol 19, No 2 (2022): OCTOBER 2022 Vol 19, No 1 (2022): APRIL 2022 Vol 18, No 2 (2021): OCTOBER 2021 Vol 18, No 1 (2021): APRIL 2021 Vol 28, No 3 (2021): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN: Volume 28 Special Issue: Forum ASN Internasiona Vol 27, No 2 (2020): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVII NO.2 OKTOBER 2020 Vol 27, No 1 (2020): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVII NO.1 APRIL 2020 Vol 17, No 2 (2020): OCTOBER 2020 Vol 17, No 1 (2020): APRIL 2020 Vol 26, No 2 (2019): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVI NO.2 OKTOBER 2019 Vol 26, No 1 (2019): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXVI NO.1 APRIL 2019 Vol 16, No 2 (2019): OCTOBER 2019 Vol 16, No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018 Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018 Vol 25, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.1 APRIL 2018 Vol 25, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.1 APRIL 2018 Vol 15, No 2 (2018): OCTOBER 2018 Vol 15, No 1 (2018): APRIL 2018 Vol 24, No 2 (2017): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXIV NO.2 OKTOBER 2017 Vol 21, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.2 Oktober 2014 Vol 12, No 1 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.1 April 2010 Vol 24, No 1 (2017): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.I April 2017 Vol 24, No 1 (2017): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.I April 2017 Vol 14, No 2 (2017): OCTOBER 2017 Vol 14, No 1 (2017): APRIL 2017 Vol 23, No 2 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.2 Oktober 2016 Vol 23, No 2 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.2 Oktober 2016 Vol 23, No 1 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.1 April 2016 Vol 13, No 2 (2016): OCTOBER 2016 Vol 13, No 1 (2016): APRIL 2016 Vol 22, No 2 (2015): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.2 Oktober 2015 Vol 22, No 1 (2015): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.1 April 2015 Vol 12, No 2 (2015): OCTOBER 2015 Vol 12, No 1 (2015): APRIL 2015 Vol 21, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.2 Oktober 2014 Vol 21, No 1 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.I April 2014 Vol 21, No 1 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.I April 2014 Vol 11, No 2 (2014): OCTOBER 2014 Vol 11, No 1 (2014): APRIL 2014 Vol 17, No 1 (2013): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XVII No.1 April 2013 Vol 10, No 1 (2013): APRIL 2013 Vol 14, No 1 (2012): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIV No.I April 2012 Vol 9, No 1 (2012): APRIL 2012 Vol 14, No 2 (2011): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIV No.2 Oktober 2011 Vol 13, No 1 (2011): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIII No.1 April 2011 Vol 8, No 2 (2011): OCTOBER 2011 Vol 8, No 1 (2011): APRIL 2011 Vol 12, No 2 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.2 Oktober 2010 Vol 12, No 2 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.2 Oktober 2010 Vol 7, No 2 (2010): OCTOBER 2010 Vol 7, No 1 (2010): APRIL 2010 Vol 9, No 1 (2009): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.IX No.1 April 2009 Vol 6, No 2 (2009): OCTOBER 2009 Vol 6, No 1 (2009): APRIL 2009 Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol VIII No 2 Oktober 2008 Vol 7, No 1 (2008): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.VII No.1 April 2008 Vol 5, No 2 (2008): OCTOBER 2008 Vol 5, No 1 (2008): APRIL 2008 Vol 5, No 1 (2007): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.V No.1 April 2007 Vol 4, No 1 (2007): APRIL 2007 Vol 3, No 1 (2005): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.III No.1 April 2005 Vol 3, No 2 (2005): OCTOBER 2005 Vol 3, No 1 (2005): APRIL 2005 Vol 2, No 1 (2004): OCTOBER 2004 Vol 1, No 1 (2003): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.I No.1 April 2003 Vol 1, No 1 (2003): APRIL 2003 More Issue