cover
Contact Name
Bakir
Contact Email
jppp@uhamka.ac.id
Phone
+628112334445
Journal Mail Official
jppp@uhamka.ac.id
Editorial Address
Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jl. Buncit Raya No. 17, Pancoran, Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan
ISSN : 25280945     EISSN : 25797654     DOI : https://10.22236/jppp.v3i1
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan E-ISSN:2579-7654, ISSN: 2528-0945, DOI Prefix 10.22236/jppp is a is a showcase of original, rigorously conducted educational measurement, assessment, and evaluation. The journal particularly covers manuscripts within the following areas: instrument and assessment development, classroom assessment, and policy and program evaluation in educational settings. Given that the journal prioritizes research reports in evaluation and assessment education, viewpoint articles in the same field will be considered for publication. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan welcomes research articles, literature reviews, book reviews from various countries in the world that have high-quality on all topics related to current trends issue in evaluation education research to publish in this journal. The article submitted to Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan will be reviewed by two reviewers. Each article published in Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan passes the process of double-blind review. The decision made for the article is the result of the Editorial Board’s agreement based on the suggestions proposed by the reviewers. Plagiarism scanning will be conducted with the help of Turnitin Anti-Plagiarism Software.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2017)" : 10 Documents clear
Kontribusi Bentuk Tes Formatif dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Krisnaldi Rangga Wijaya
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (746.628 KB) | DOI: 10.22236/jppp.v2i2.1274

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh evaluasi formatif dan gaya belajar terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang menggunakan evaluasi formatif uraian dan pilihan ganda. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan desain faktorial 2x2. Populasi terjangkau meliputi kelas VIII (7 kelas yang masing-masingnya terdiri dari 36 siswa). Sedangkan sampel sebanyak 44 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang berbeda hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara kelompok siswa yang diberikan bentuk tes formatif uraian dan kelompok siswa yang diberikan bentuk tes formatif pilihan ganda; (2) terdapat perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa antara kelompok siswa yang memiliki gaya belajar field independent dan kelompok siswa yang memiliki gaya belajar field dependent; (3) terdapat interaksi antara pemberian bentuk tes formatif dan gaya belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.   This study aims to analyze and determine the effect of formative test and learning styles on the Social Sciences learning achievement using formative tests with essay and multiple choice types. The research uses an experimental method with 2x2 factorial design. The affordable populations include the eighth grade that has seven classes consisting of 36 students each. Meanwhile the samples amount 44 students. The results show that: (1) there are different influences of Social Science learning achievement between the group of students given type of essay and the group of students given type of multiple choice; (2) there is a difference of Social Science learning achievement of the students between group of students having independent field learning style and group of students having field dependent learning style; (3) there is an interaction between types of formative test and learning styles on the social science learning achievement.
Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Praktik Kewirausahaan ditintaju dari Tingkat Kognitif Siswa Endah Triswanti
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.384 KB) | DOI: 10.22236/jppp.v2i2.1275

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar praktik kewirausahaan ditinjau dari tingkat kognitif siswa. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain factorial dua arah 2 x 2, dengan teknik analisis varians (ANOVA) dua jalur. Populasi terjangkau sebanyak 323 siswa. Sampel berjumlah 44 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Hasil belajar praktik kewirausahaan siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. 2. Hasil belajar praktik kewirausahaan antara siswa yang mempunyai tingkat kognitif tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mempunyai tingkat kognitif rendah. 3. Hasil belajar praktik kewirausahaan antara siswa yang mempunyai tingkat kognitif rendah yang diajar menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar praktik kewirausahaan yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. 4. Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan tingkat kognitif siswa terhadap hasil belajar praktik kewirausahaan.   The research aims to determine the effect of learning methods on the learning achievement of entrepreneurship practices viewed from the cognitive level of students. This experimental study uses a 2x2 factorial design with two-way analysis of variance (ANOVA). The affordable population amounts to 323 students. The sample numbers 44 students. The results show that: 1) the students' entrepreneurship learning achievement taught by using inquiry method is higher than those taught by conventional learning methods, 2) Entrepreneurship learning achievement between the students with high cognitive level is higher than the students with low cognitive level, 3) Entrepreneurship learning achievement between the students with low cognitive level taught by using inquiry method is higher than those taught by using conventional learning methods, and 4) there is an interaction effect between the learning method and the cognitive level of the students on the learning achievement of entrepreneurship practices.
Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Endang Wahyuningsih
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.201 KB) | DOI: 10.22236/jppp.v2i2.1276

Abstract

 Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, dengan sampel 72 siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan teknik Anava dua arah. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan angket. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Mind mapping lebih tinggi dibanding metode pembelajaran reciprocal, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan perlakuan metode Mind mapping lebih tinggi dibanding dengan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan perlakuan metode Reciprocal, (4) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode Mind Mapping lebih rendah dibanding dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perlakuan metode reciprocal. Secara umum, kesimpulan penelitian adalah metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.   The research aims to analyze the influence of learning method and student's learning motivation toward mathematics learning result, with sample of 72 students. The research uses experimental method, with two way Anova technique. Data were collected by test and questionnaire techniques. The results revealed that: (1) Students' mathematics learning outcomes which is taught by the method of learning Mind mapping is higher than the method learning reciprocal, (2) there is   interaction   effect   between   learning   model   and student learning motivation on student learning result of mathematics, (3) result of learning mathematics students who have high learning motivation with Mind method treatment mapping is higher than students who have high learning motivation with treatment of Reciprocal method, (4) Result of learning mathematics student having low learning motivation with lower Mind Mapping method treatment compared with students who have low learning motivation with treatment reciprocal method. In general, the conclusion of the study is the method of learning and motivation student learning influence on student learning result of mathematics.
Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Edi Kusyanto
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.609 KB) | DOI: 10.22236/jppp.v2i2.1277

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh model inkuiri dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan rancangan faktorial (2 x 2). Sampel sebanyk 40 siswa. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam siswa pada kelompok siswa yang diajarkan menggunakan Model Inkuiri lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ceramah. 2) Terdapat interaksi antara model dengan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep Ilmu. 3) Untuk siswa yang motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan model inkuiri dibandingkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ceramah. 4) Untuk siswa yang motivasi belajar rendah, terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan model inkuiri dibandingkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ceramah.
Evaluasi Program Paket C di PKBM Delima Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas Eli Sulistya Ningsih
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.056 KB) | DOI: 10.22236/jppp.v2i2.1278

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi pelakanaan program paket C. Penelitian menggunakan Stake's countenance. Subyek penelitian meliputi Dinas Pendidikan Bidang Pendidikan Luar Sekolah, Penyelenggara PKBM, Tutor, Warga Belajar dan Lulusan. Evaluasi komponen antecedent meliputi aspek kebijakan, warga belajar, tutor, kurikulum, sarana-prasarana, dan pembiayaan. Hasilnya: kebijakan, warga belajar, dan pembiayaan telah memenuhi kriteria evaluasi. Perlu perbaikan diantaranya penyediaan tutor yang berkualifikasi pendidikan minimal S1 dan kesesuaian antara ijazah dengan mata ajar yang diampu. Hambatannya, keterbatasan media pembelajaran, perpustakaan dan sarana pendukung dalam meningkatkan keterampilan. Evaluasi komponen transaction meliputi aspek perencanaan, proses dan evaluasi pembelajaran. Hasilnya, semua indikator telah sesuai dengan standar proses namun perlu perbaikan pada proses pembelajaran agar mampu mencapai tujuan program paket C dalam menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan. Evaluasi komponen outcomes meliputi aspek kelulusan dan dampaknya setelah mengikuti program. Hasilnya, tingkat kelulusan hampir 100%. Manfaatnya bagi warga belajar antara lain dapat melanjutkan pendidikan, menggunakan ijazah untuk memperoleh pekerjaan, dan untuk kenaikan pangkat. Penyelenggara belum memberikan manfaat langsung program sebagai bekal bagi warga belajar yang telah lulus. Rekomendasi, penyediaan sarana perpustakaan, media pembelajaran dan sarana untuk keterampilan sehingga warga belajar dapat merasakan manfaat langsung program paket C.   The study aims to evaluate the implementation of the C package program. The study uses a Stake’s countenance. The subjects of the study include the Education Office of Non-formal Education, PKBM Organizer, Tutor, Learning Community, and Graduates. Evaluation of antecedent components includes aspects of policy, learners, tutors, curriculum, facilities, and financing. The results show that: policies, learning community, and financing meet the evaluation criteria. Need improvements include the provision of tutors who are qualified minimally undergraduate education or Bachelor degree and the suitability between the diploma with the subject taught. Some obstacles could be the limitations of instructional media, libraries and supporting facilities in improving skills. The evaluation of component outcomes includes graduation aspect and its impact after the program. As a result, the graduation rate is almost 100%. The benefits for residents to learn include continuing education, using diplomas to obtain employment, and for promotion. The organizers have not provided the direct benefit of the program as a provision for the people who have graduated from their studies. As recommendations, provision of library facilities, learning media and means for skills can experience the direct benefits of the C package program.
Sikap, Kecerdasan Emosional, Dan Motivasi Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris Isti Nurrohmah
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.676 KB) | DOI: 10.22236/jppp.v2i2.1279

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan antara (1) Sikap dengan hasil belajar bahasa Inggris (2) Kecerdasan emosi dengan hasil belajar bahasa Inggris (2) Motivasi membaca dengan hasil belajar bahasa Inggris (3) Sikap, kecerdasan emosi, dan motivasi dengan hasil belajar bahasa Inggris. Penelitian menggunakan metode survei, dengan analisa regresi dan korelasi (sederhana dan ganda). Populasi terjangkau berjumlah 416 siswa, sampel sebanyak 81 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan (positif) antara sikap terhadap bahasa Inggris dengan hasil belajar bahasa Inggris. 2) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan hasil belajar bahasa Inggris. 3) terdapat hubungan positif antara motivasi membaca dengan hasil belajar bahasa Inggris. 4) terdapat hubungan positif antara sikap, kecerdasan dan motivasi membaca secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Inggris dengan. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi mengenai hubungan antara sikap, kecerdasan emosi, dan motivasi membaca dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa SMA Muhammadiyah se-Kota Administrasi Jakarta Selatan.   The study aimed to obtain information about the relationship between (1) Attitudes and English learning achievement, (2) Emotional intelligence and English learning achievement, (3) reading motivation and English learning achievement, and (4) Attitudes, emotional intelligence, and reading motivation with English learning achievement. The research uses a survey method, with regression and correlation analysis (simple and double). The affordable population amounts to 416 students, and the samples have 81 students. The results of the research are as follows: 1) there is a positive relationship between attitudes toward English and students’ English learning achievement, 2) there is a positive relationship between emotional intelligence and English learning achievement, 3) there is a positive relationship between reading motivation and students’ English learning achievement, and 4) the are positive relationships among attitudes toward English, emotional intelligence, and reading motivation with the English learning achievement student. The result study is hoped to give information about the relationship among attitudes toward English, emotional question, and reading motivation with students English achievement at Muhammadiyah Senior High School in City of South Jakarta.
Kontribusi Profesionalisme Guru dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab M. Apid Kurniawan
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.878 KB) | DOI: 10.22236/jppp.v2i2.1280

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar bahasa Arab, 2) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab, dan 3) Pengaruh profesionalisme guru dan minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab. Penelitian menggunakan metode survei kausal, dengan teknik analisis jalur. Populasi berjumlah 137, sampel sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif profesionalisme guru terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa, dengan persamaan regresi Ŷ = dari -2,367 + 0,184X1, koefisien korelasi 0,689 dengan koefisien path 0,483 pada taraf α = 0,05, (2) Terdapat pengaruh langsung positif minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa dengan persamaan regresi Ŷ = dari -2,367 + 0,136X2, koefisien korelasi 0,672 dengan koefisien path 0,451 pada taraf α = 0,05, (3) Terdapat pengaruh langsung positif  profesionalisme guru terhadap minat belajar siswa, dengan persamaan regresi Ŷ dari 51,720 + 0,579X1, koefisien korelasi path 0,459 pada taraf α = 0,05. Nilai Fhitung sebesar 27,94 > nilai Ftabel sebesar 3,295 menunjukkan bahwa variabel profesionalisme guru dan minat belajar secara simultan mampu menjelaskan perubahan pada variabel hasil belajar bahasa Arab. Dengan kata lain, model dinyatakan cocok atau fit.   The study aims to analyze: 1) the effect of teachers’ professionalism on the learning achievement of Arabic Language, 2) the effect of learning interest on the Arabic Language Learning Achievement, and 3) the effects of teachers’ professionalism and learning interest on the Arabic Language Learning Achievement. The study uses a causal survey method, with path analysis technique. The population of the study amounts to 137, and the sample numbers 35 students. The study uses a path analysis technique. The results show that: (1) There is a direct positive effect of teachers’ professionalism on the Arabic language learning achievement of the students with a regression equation of Ŷ = -2.367 + 0.184X1, the correlation coefficient of 0.689 with 0.483, and path coefficients at the level of α = 0.05; (2) There is a direct positive effect of learning interest on the Arabic language learning achievement of the students with a regression equation of Ŷ = -2.367 + 0.136X2, the correlation coefficient of 0.672 with 0.451, and path coefficients at the level of α = 0.05; and (3) There is a direct positive influence of the teachers’ professionalism on the students’ learning interest with the regression equation Ŷ from 51.720 + 0.579X1, the correlation coefficient 0.459, and path coefficients at the level of α = 0.05. The value of Fobserved 27.94 > Ftable 3.295 which indicates that the variables of teachers’ professionalism and learning interest simultaneously are able to explain changes in the achievement of Arabic language learning.
Pengaruh Efikasi Diri dan Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis M. Gazali
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.911 KB) | DOI: 10.22236/jppp.v2i2.1281

Abstract

Penelitian bertujuan untuk membuktikan pengaruh efikasi diri dan kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian menggunakan metode survei kausal, dengan teknik analisis jalur. Populasi berjumlah 238 siswa, sedangkan sampel 148 siswa. Data dihimpun melalui angket, skala Likert. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Efikasi Diri siswa berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa; 2) Kecemasan Matematika berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa; 3) Efikasi Diri siswa berpengaruh signifikan terhadap Kecemasan Matematika siswa. Implikasi, peningkatan efikasi-diri dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan menurunkan kecemasan matematika siswa.
Implementasi Pembelajaran Aktif dengan Model Sentra untuk Mengembangkan Akhlak dan Kecerdasan Interpersonal pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun Nurul Afifah Habie
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.091 KB) | DOI: 10.22236/jppp.v2i2.1282

Abstract

 Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran aktif dengan model sentra bagi pengembangan akhlak dan kecerdasan interpersonal anak usia dini. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus. Data dihimpun melalui observasi, studi dokumen, dan wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas/sentra, siswa dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan: Petama, penerapan model sentra sebagai kurikulum dipersiapkan pada awal kegiatan belajar-mengajar dengan program-program yang sesuai prinsip pendidikan anak usia dini, yaitu pendidikan berorientasi pada kebutuhan, dirancang dalam kegiatan bermain untuk membangun sistematika kerja, pembelajaran berorientasi pada kecakapan hidup, dan dilaksanakan secara bertahap dan berulang. Kedua, dalam kegiatan belajar, guru berperan membuat pijakanpijakan main, sebagai inti kegiatan pembelajaran yang dapat diserap anak secara sempurna. Sebagai fasilatator, pengamat dan sumber, guru bebas mengamati, mencatat dan mendokumentasikan tahap perkembangan anak yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk pembuatan recana pembelajaran masing-masing anak dan kelompok, merupakan media yang paling tepat untuk memperkuat nilia-nilai akhlak dan moral, sehingga dapat menciptakan kecerdasan interpersonal anak sesuai nilai-nilai kehidupan. Kreativitas guru dalam pengembangan ide pada sentra sangat dibutuhkan dan guru adalah model yang benar bagi anak. Ketiga, orang tua berperan sebagai pengguna jasa pendidikan dan terutama dalam pendidikan di rumah sebagai fondasi pendidikan dan kehidupan anak di masa datang.   The research aims to know the implementation of active learning with the center model for the development of morality and early child interpersonal intelligence. The research uses a qualitative approach, with a case study method. The data are collected through observation and interviews with principals, classroom teachers, students and parents. The results show: Firstly, the application of the center model as a curriculum is prepared in the beginning of teaching and learning activities with programs appropriate to the principles of early childhood education, needs-oriented education, designed in play activities to build work systems, life-oriented learning, gradually and repetitively. Second, in the learning activities, the teacher plays a role to make a foothold as the core of learning activities that can be absorbed by children perfectly.
Strategi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sri Sugiyanti
Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka bekerjasama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI).

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.668 KB) | DOI: 10.22236/jppp.v2i2.1283

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran kompetitif pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi atau rendah, serta pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian menggunakan metode eksperimen, denga desain faktorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kompetitif, (2) adanya pengaruh interaksi penggunaan metode pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar Matematika siswa, (3) hasil belajar Matematika siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif, dan (4) hasil belajar Matematika siswa yang lebih rendah bagi yang siswa memiliki kreativitas rendah dan diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif dibandingkan dengan siswa yang lebih rendah bagi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kompetitif.   The research aims to reveal and analyze the differences of Mathematics learning achievement of the students taught by cooperative learning strategies and competitive learning strategies for the students who have high or low creativity as well as the influence of interaction between learning strategies and students’ creativity on the Mathematics learning achievement. The research uses an experimental method, with 2x2 factorial design. The results of the research show that: (1) the Mathematics learning achievement of the students taught by cooperative learning strategy is higher than the students taught with competitive learning strategy, (2) there is an interaction of the use of learning strategies and creativity to the student's learning achievement, (3) Mathematics learning achievement of the students with high creativity is higher than the students taught by cooperative learning strategies, and (4) the students’ Mathematics learning achievement that is lower for the students who have low creativity and are taught with cooperative learning strategies compared with lower students for the students taught with competitive learning strategies.

Page 1 of 1 | Total Record : 10