cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
Empowerment
ISSN : 22524738     EISSN : 25807692     DOI : -
Core Subject : Education,
Empowerment Journal publishes original research or theoretical papers about : 1. non formal education 2. community education 3. community development 4. training and course 5. informal education 6. social communication to support community learning process
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2014): Volume 3, No 1, Februari 2014" : 2 Documents clear
MANAJEMEN PELATIHAN BERBASIS LIFE SKILL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C Ernawati, Iim
Empowerment Vol 3, No 1 (2014): Volume 3, No 1, Februari 2014
Publisher : IKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.584 KB) | DOI: 10.22460/empowerment.v3i1p78-91.575

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan antusiasme dan respons masyarakat untuk melanjutkan program pendidikan kesetaraan Paket C yang berbasis life skill.Program ini dipilih karena pertimbangan banyaknya lulusan kesetaraan Paket C yang tidak mempunyai keahlian, angka Droup Out yang tinggi bagi karyawan pabrik.Apabila tidak segera ditangani, dikhawatirkan SDM tidak mampu bersaing dengan sumber daya dari luar daerah. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk menjawab; Data Perencanaan, Data Pelaksanaan dan Hasil  Pelatihan Life Skilldalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan pada program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Amanah. Landasan teoritis dalam penelitian ini merujuk beberapa teori yaitu: 1)Teori Pelatihan Berbasis Life Skill merupakan Bagian dari PLS; 2) TeoriPelatihan  Life Skill; 3) Teori Pembelajaran yang Efektif; 4) Teori Kompetensi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Adapun  teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi literatur dengan harapan dapat menggali lebih banyak informasi mengenai bagaimana perencanaan, pelaksanaan  dan implikasinya terhadap peningkatan kompetensi life skill lulusan kesetaraan Paket C PKBM Amanah. Kendala yang ditemui dilapangan faktor-faktor yang berpengaruh dalam perencanaan pelatihan diantaranya, faktor internal dan faktor external. Dukungan faktor external seperti perusahaan, keluarga dan lingkungan masyarakat sebagai pendorong, penggerak atau motive belajar bagi warga belajar. Sedangkan dukungan internal sebagai salah satu faktor yang berpengaruh dalam membangkitkan kesadaran untuk mengikuti pelatihan masih kurang. Relative masih rendahnya kemampuan tutor menatap rencanaan dalam pembelajaran berbasis life skill, kurangnya  atau belum ada program peningkatan kompetensi bagi para tutor yang diprogramkan oleh pengelola dan juga belum memenuhi harapan karena fasilitas yang kurang memadai.Perlu diadakan pelatihan yang kontinu terencana serta dukungan dan partisifasi pemerintah untuk meningkatkan kompetensi lulusan pendidikan kesetaraan paket C yang terampil dan berkualitas sehingga peserta didik mampu menjadi lulusanyang memiliki kompetensi di berbagaibidangkeahlian. Hal inisebagaibekalhidup di masa yang akan datang, agar para lulusanpaket C benar-benar menjadi manusia unggulan yang dapat menciptakan lapangan kerja.
PEMBINAAN POLA ASUH ANAK DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MELALUI PELATIHAN WIRAUSAHA Purnomo, Purnomo
Empowerment Vol 3, No 1 (2014): Volume 3, No 1, Februari 2014
Publisher : IKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.568 KB) | DOI: 10.22460/empowerment.v3i1p25-36.570

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara sistematis dan menyeluruh tentang penyelenggaraan Pembinaan Pola Asuh Anak Dalam Meningkatkan Kemandirian Melalui Pelatihan Wirausaha Studi kasus di Panti Asuhan Al-Ihsan Sarijadi Kota Bandung. Pendekatan penelitian  menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi atau pengamatan, wawancara dan studi dokumentasi. Sampel penelitian diambil secara purposif, yaitu anak asuh Panti Asuhan Al-Ihsan Sarijadi sebagai peserta sebanyak 10 orang, pengurus panti asuhan sebanyak 2 orang, tutor sebanyak 2 orang, warga masyarakat sekitar panti sebanyak 2 orang. Hasil penelitian didapatkan adanya pembinaan pola asuh anak  yang dilakukan oleh pengurus Panti Asuhan Al-Ihsan Sarijadi dalam upaya meningkatkan kemandirian anak asuh melalui pelatihan wirausaha yaitu dengan melakukan perencanaan dan penyamaan persepsi antara pengurus panti asuhan tentang pembinaan pola asuh melalui pelatihan wirausaha, pengorganisasian, penerapan pelatihan, dan efektifitas penggunaan metoda pelatihan wirausaha kepada anak asuh.

Page 1 of 1 | Total Record : 2


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 14 No 1 (2025): February 2025 Vol 13 No 2 (2024): September 2024 Vol 13 No 1 (2024): February 2024 Vol 12, No 1 (2023): February 2023 Vol 11, No 2 (2022): September 2022 Vol 11, No 1 (2022): February 2022 Vol 10, No 2 (2021): Volume 10 Nomor 2 Vol 10, No 1 (2021): Volume 10 Nomor 1 Vol 9, No 2 (2020): Volume 9 Nomor 2 September 2020 Vol 9, No 1 (2020): Volume 9 Nomor 1, February 2020 Vol 8, No 2 (2019): Vol 8 No. 2 September 2019 Vol 8, No 1 (2019): Volume 8, No 1, Februari 2019 Vol 7, No 2 (2018): Volume 7, No 2, September 2018 Vol 7, No 1 (2018): Volume 7, No 1, Februari 2018 Vol 6, No 2 (2017): Volume 6, No 2, September 2017 Vol 6, No 1 (2017): Volume 6, No 1, Februari 2017 Vol 6, No 1 (2017): Vol 6 No 1, Edisi Februari 2017 Vol 6, No 1 (2017): Volume 6, No 1, Februari 2017 Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, No 2, September 2016 Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, No 2, September 2016 Vol 5, No 1 (2016): Volume 5, No 1, Februari 2016 Vol 4, No 2 (2015): Volume 4, No 2, September 2015 Vol 4, No 2 (2015): Volume 4, No 2, September 2015 Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015 Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, No 1, Februari 2015 Vol 3, No 2 (2014): Volume 3, No 2, September 2014 Vol 3, No 1 (2014): Volume 3, No 1, Februari 2014 Vol 3, No 1 (2014): Volume 3, No 1, Februari 2014 Vol 2, No 2 (2013): Volume 2, No 2, September 2013 Vol 2, No 2 (2013): Volume 2, No 2, September 2013 Vol 2, No 1 (2013): Volume 2, No 1, Februari 2013 Vol 2, No 1 (2013): Volume 2, No 1, Februari 2013 Vol 1, No 2 (2012): Volume 1, No 2, September 2012 Vol 1, No 2 (2012): Volume 1, No 2, September 2012 Vol 1, No 1 (2012): Volume 1, No 1, Februari 2012 Vol 1, No 1 (2012): Volume 1, No 1, Februari 2012 More Issue