cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalglobalcitizen@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sumpah Pemuda No.18, Kadipiro, Banjarsari, Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan
ISSN : 25410954     EISSN : 25481673     DOI : 10.33061
Core Subject : Education,
Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan is a peer-reviewed journal published by Civic Education Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Slamet Riyadi. It published twice times a year (July and December). Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan aims to provide a forum for lecturers and researchers to publish the original articles about Civic Education and Educational Science.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Volume 2 Nomor 2 Tahun 2016" : 8 Documents clear
HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL REMAJA DI KELURAHAN JERUK, KECAMATAN MIRI, KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2016 Hidayah Siswantini, Desy Nur
Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Volume 2 Nomor 2 Tahun 2016
Publisher : Prodi PPkn Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.864 KB) | DOI: 10.33061/glcz.v2i2.1561

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya hubungan pendidikan karakter dalam keluarga dengan pembentukan sikap sosial di Kelurahan Jeruk, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen tahun 2016.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, populasinya adalah remaj di Kelurahan Jeruk yang berjumlah 434 remaja. Sampel diambil dengan sampel random yang berjumlah 44 remaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk memperoleh data-data remaja di Kelurahan Jeruk, serta digunakan teknik angket untuk mengetahui hubungan pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dengan pembentukan sikap sosial remaja. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis hubungan dengan rumus product moment. Hasil analisis menunjukan bahwa rxy = 0,724 > r tabel 5% = 0,297 dan 1% = 0,384, dengan memiliki hipotesis yang menyatakan “Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dengan pembentukan sikap sosial remaja di Keluran Jeruk, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen tahun 2016”, terbukti kebenarannya.Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Lingkungan Keluarga, Sikap Sosial.
PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN CIVIC VIRCUE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn PADA KELAS X IPA BOARDING CLASS / ASRAMA DI MAN 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016 / 2017 Sari, Widi Rahmah
Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Volume 2 Nomor 2 Tahun 2016
Publisher : Prodi PPkn Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.925 KB) | DOI: 10.33061/glcz.v2i2.1568

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peran media sosial sebagai media pembelajaran dalam prestasi belajar PPKn di MAN 1 Surkarta tahun ajaran 2016/2017. 2) Untuk menanggulangi dampak yang terjadi terhadap perubahan prestasi belajar siswa dalam penggunaan media sosial di lingkungan MAN 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. 3) Untuk mengetahui dampak yang terjadi terhadap perubahan civic virtue dalam membentuk prestasi belajar PPKn di MAN 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang beralamat Jl. Sumpah Pemuda No. 25 kode pos 57136 Surakarta dalam waktu 3 bulan mulai Desember 2016 – Februari 2017.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif ini adalah Wakil Kepala Sekolah bgagian kesiswaan, Guru PPKn dan siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data primer dan skunder tentang efektifitas pengintegrasian pengaruh media sosial dan civic virtue terhadap prestasi belajar PPKn. Teknik pengumpulan data melalui cara Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan menetapkan seseorang informan kunci “Key Informant” yang merupakan informan yang berwibawa dan dipercaya mampu “membukakan Pintu” kepada peneliti dalam melakukan wawancara. Setelah itu, perhatian peneliti pada obyek penelitian dan memulai mengajukan pertanyaan deskritif. Jadi proses penelitian ini berangkat dari luas kemudian memfokuskan, dan meluas lagi dan di ambil sehinga dapat diambil kesimpulan kemudian disajikan dalam bentuk narasi. Sebelum melakukan penelitian terhadap narasumber, peneliti melakukan penelitian terhadap siswa kelas X IPA 1, X IPA 2 dan X IPA 3 dengan jumlah siswa 74 orang.Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Media Sosial dapat digunakan sebagai media dalam proses belajar mengajar dan membawa dampak yang dominan terhadap perubahan prestasi belajar siswa. 2) pengaruh Media Sosial terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn dengan menggabungkan civic virtue di sekolah, masyarakat, berbangsa dan bernegara dalam upaya menjadikan siswa yang berprestasi yang bisa membanggakan orang tua dan sebagai penerus bangsa saat ini.Kata Kunci : Media Sosial, Civic Vircue, Mata Pelajaran PPKn. 
HUBUNGAN PERAN PEMERINTAH DESA DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DENGAN PENGELOLAAN ADD DI DESA KLODRAN COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2016/2017 Adi Pamungkas, Dicky Dimas
Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Volume 2 Nomor 2 Tahun 2016
Publisher : Prodi PPkn Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.466 KB) | DOI: 10.33061/glcz.v2i2.1564

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan Peran Pemerintah Desa dengan Pengelolaan ADD Di Desa Klodran Colomadu Karanganyar Tahun 2016/2017; 2) Untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan Menumbuhkan Partisipasi Masyarakat Dengan Pengelolaan ADD Di Desa Klodran Colomadu Karanganyar Tahun 2016/2017; 3) Untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan Peran Pemerintah Desa Dan Partisipasi Masyarakat Dengan Pengelolaan ADD Di Desa Klodran Colomadu Karanganyar Tahun 2016/2017.Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Desa Klodran Colomadu Surakarta yang berjumlah 440 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 44 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Kuota. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang peran pemerintah desa, partisipasi masyarakat serta pengelolaan ADD. Dalam penelitian ini validitas yang dicari adalah validitas eksternal dan reliabilitas yang dicari adalah reliabilitas internal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi ganda.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Fhitung sebesar 13,162. Kemudiandikonsultasikan dengan Ftabel taraf signifikan 5% sebesar 3,23. Dengan demikian hipotesisyang menyatakan “Ada hubungan yang positif dan signifikan Peran Pemerintah Desa danPartisipasi Masyarakat dengan Pengelolaan ADD di Desa Klodran Colomadu KaranganyarTahun 2016/2017”, terbukti kebenarannya.Kata kunci : Peran Pemerintah Desa, Partisipasi Masyarakat, ADD
HUBUNGAN PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL DAN BOARDING SCHOOL DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS XI MAN 1 SURAKARTA TAHUN 2016/2017 Ningsih, Sulandari
Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Volume 2 Nomor 2 Tahun 2016
Publisher : Prodi PPkn Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.727 KB) | DOI: 10.33061/glcz.v2i2.1565

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pelaksanaan full day school dengan pembentukan karakter pada siswa kelas XI MAN 1 Surakarta Tahun 2016/ 2017; 2) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pelaksanaan boarding school dengan pembentukan karakter pada siswa kelas XI MAN 1 Surakarta Tahun 2016 / 2017; 3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pelaksanaan full day school dan boarding school dengan pembentukan karakter pada siswa kelas XI MAN 1 surakarta tahun 2016/2017.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Surakarta yang berjumlah 200 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang full day school, boarding school serta pembentukan karakter. Dalam penelitian ini validitas yang dicari adalah validitas eksternal dan reliabilitas yang dicari adalah reliabilitas internal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Fhitung sebesar 8,96. Kemudiandikonsultasikan dengan Ftabel taraf signifikan 5% sebesar 3,33. Dengan demikian hipotesisyang menyatakan “ada Hubungan Pelaksanaan Full Day School Dan Boarding School denganPembentukan Karakter pada Siswa Kelas XI MAN 1 Surakarta Tahun 2016/2017”, terbuktikebenarannya.Kata kunci : Full Day School, Boarding School, Pembentukan Karakter
KORELASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PPKn DAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII DI SMA KRISTEN 1 SURAKARTA Hati Puspitasri, Ajeng Sukma
Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Volume 2 Nomor 2 Tahun 2016
Publisher : Prodi PPkn Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.615 KB) | DOI: 10.33061/glcz.v2i2.1559

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya korelasi kompetensi profesional guru PPKn dalam mengembangkan bahan ajar dengan prestasi belajar siswa kelas XII di SMA Kristen 1 Surakarta tahun 2015/2016.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, populasinya adalah siswa kelas XII di SMA Kristen 1 Surakarta yang berjumlah 79 siswa. Sampel diambil dengan sampel jenuh yang berjumlah 79 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah menggunakan metode angket dan dokumentasi untuk memperoleh data-data siswa kelas XII SMA Kristen 1 Surakarta. Menggunakan teknik angket untuk mengetahui korelasi kompetensi profesional guru PPKn dan kemampuan mengembangkan bahan ajar dengan prestasi belajar siswa kelas XII di SMA Kristen 1 Suarakarta. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis hubungan dengan rumus product moment.Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi ganda. Hasil analisis menunjukan bahwa rxy = 0,467 > r tabel 5% = 0,220 dan 1% = 0,286, dengan memiliki hipotesis yang menyatakan “Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru PPKn dengan prestasi belajar siswa kelas XII SMA Kristen 1 Surakarta”, terbukti kebenarannya. Sedangkan hipotesis yang menyatakan “Ada hubungan yang positif dan signifikan antara bahan ajar dengan prestasi belajar siswa kelas XII SMA Krsiten 1 Surakarta” menunjukan hasil analisis bahwa rxy = 0,5056 > r tabel 5% = 0,220 dan 1% = 0,286.Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Bahan Ajar, Prestasi Belajar Siswa.
PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI GUDEP MADRASAH ALIYAH NEGERI BABAKAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL TAHUN 2016/ 2017 Handoko, Krisno
Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Volume 2 Nomor 2 Tahun 2016
Publisher : Prodi PPkn Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.973 KB) | DOI: 10.33061/glcz.v2i2.1566

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Menganalisis pengaruh kegiatan pramuka di Gudep Madrasah Aaliyah Negeri Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun 2016 terhadap peningkatan karakter disiplin dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila an Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, Dalam penelitian ini, populasinya adalah siswa kelas XI MAN Babakan Lebaksiu yang berjumlah 319 siswa. Sampel diambil dengan teknik random dengan cara Quota random sampling dengan mengambil sampel sebanyak 15-20 % dari populasi, dengan hasil perhitungan yang berjumlah 67 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Metode angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai pengaruh kegiatan pramuka terhadap karakter disiplin.. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama triangulasi sumber dengan membandingkan apa yang dikatakan siswa dan guru. Triangulasi metode yaitu pembuktian dengan observasi mengenai pelaksanaan kegiatan Pramuka. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kritis komparatif. Pelaksanaan ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1). Kegiatan kepramukaan dapat meningkatkan Karakter Disiplin sebesar 82,30%, yaitu berhubungan dengan pembentukan dan ketercapaian kompetensi warga Negara melalui civic responsibility dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 2). Integrasi nilai- nilai karakter, dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan tidak hanya melekat dalam kurikulum, tetapi dapat juga diintegrasikan dalam kegiatan ekstra kurikuler, seperti Kegiatan pramuka. 3). Karakter dimaknai sebagai cara berpikir dan berperilaku yang khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Individu yang berkarakter baik adalah individu yang dapat membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan setiap akibat dari keputusannya. Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur.Kata Kunci : Karakter, Disiplin, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pramuka
ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK TERHADAP PARTISIPASI POLITIK PPEMENANGAN RUDI DAN PURNOMO DALAM PILKADA 2015 KOTA SURAKARTA Valiana, Anna
Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Volume 2 Nomor 2 Tahun 2016
Publisher : Prodi PPkn Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.3 KB) | DOI: 10.33061/glcz.v2i2.1560

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui peran serta strategi Komunikasi Politik pasangan FX. Hady Rudyatmo sebagai Walikota danWakilWalikota dalam PILKADA di Surakarta 2) Untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi pemenangan pasangan FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo pada PILKADA 2015 di Kota SurakartaPenelitin menggunakan pendekatan kualitatif sumber data menggunakan data primer dan data sekunder, subjek penelitian ini adalah masyarakat pada Kecamatan Pasar Kliwon objek penelitian ini adalah strategi Komunikasi Politik terhadap Partisipasi Politik pemenangan Rudi danPurnomo di Kota Surakarta. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data mengunakan metode analis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ ferifikasiBerdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Peran serta komunkasi politik terhadap partisipasi politik adalah sangat penting dimana komunikasi politik sangaat berperan penting dalam sukses atau tidaknya pesta Demokrasi selain untuk mencari partisipasi mmasyarakat hal tersebut juga berkaitan dengan penyampaian infomasi atau sosialisasi politik terhadap partisipasi 2) faktor- faktor yang berpengruh terhadap partisipasi politik selain komuniksi politik adalah dikarenakan pada masa kepemimpinananya pasangan tersebut tidak punya cacat, 4) hambatan hambatan yang menjadi kendala adalah banyaknya organisasi islam yang tidak sepaham dengan pasangan tersebut.Kata kunci : Komunikasi Poitik, Partisipasi Politik, Pilkada
HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DAN MASYARAKAT DENGAN SIKAP KEMANDIRIAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 23 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Noi Bouk, Natalia Devira
Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Volume 2 Nomor 2 Tahun 2016
Publisher : Prodi PPkn Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.838 KB) | DOI: 10.33061/glcz.v2i2.1567

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Hubungan pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dengan sikap kemandirian pada siswa kelas VIII SMP N 23 Surakarta tahun 2016/2017; 2). Hubungan pendidikan karakter di lingkungan masyarakat dengan sikap kemandirian pada siswa kelas VIII SMP N 23 Surakarta tahun 2016/2017; 3). Hubungan pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga dan masyarakat dengan sikap kemandirian pada siswa kelas VIII SMP N 23 Surakarta tahun 2016/2017.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Surakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang pendidikan karakter lingkungan keluarga, pendidikan karakter lingkungan masyarakat serta sikap kemandirian. Dalam penelitian ini validitas yang dicari adalah validitas eksternal dan reliabilitas yang dicari adalah reliabilitas internal. Teknik analisisdata yang digunakan adalah teknik korelasi ganda.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Fhitung sebesar 6,01. Kemudiandikonsultasikan dengan Ftabel taraf signifikan 5% sebesar 3,33. Berarti nilai Fhitung = 6,01> Ftabel = 3,33. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan “Ada hubungan yangpositif dan signifikan antara pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga danmasyarakat dengan sikap kemandirian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 23 SurakartaTahun Ajaran 2016/2017”, terbukti kebenarannya.Kata kunci: Pendidikan Karakter, Lingkungan Keluarga, Masyarakat, SikapKemandirian.

Page 1 of 1 | Total Record : 8